Prosesor AMD Ryzen: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Prosesor AMD Ryzen: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Prosesor apa yang dimiliki komputer anda saat ini? Kemungkinan besar adalah prosesor Intel. Ya, sudah lama Intel mendominasi pasar komputer desktop maupun laptop. Dan untuk menghadapinya, AMD sudah meluncurkan prosesor Ryzen. Dengan prosesor AMD Ryzen, AMD secara tegas melawan dominasi intel selagi menjawab tantangan para enthusiast komputer.

Di artikel kali ini, Windowsku akan coba membahas Prosesor AMD Ryzen: Semua Yang Perlu Anda Ketahui. Disini, anda akan mengetahui apa itu Ryzen, apa fitur-fitur yang ditawarkan, apa saja jenisnya, dan masih banyak lagi.

Zen Microarchitecture di AMD Ryzen

Zen Chip

Sudah sangat lama AMD ketinggalan dengan Intel dalam hal performa prosesor. Pasar Intel sangatlah luas dan mencakup lini desktop maupun perangkat bergerak seperti laptop. Bahkan Intel pun pernah mencoba peruntungannya di smartphone walaupun gagal dan hal itu yang tak pernah AMD coba.

Untuk menghadapi Intel yang terus mendominasi, AMD akhirnya merilis Zen Microarchitecture. Arsitektur ini merupakan desain yang benar-benar baru dan menggantikan arsitektur Bulldozer milik AMD sebelumnya. Jika anda memiliki laptop dengan prosesor AMD seperti A6, A8, A10, A12, atau seri FX, maka semua prosesor tersebut menggunakan arsitektur Bulldozer.

Apakah anda bingung dengan istilah microarchitecture? Mari kita coba bahas sedikit mengenai hal ini. Anda bisa membayangkan microarchitecture seperti cara memasak suatu makanan. Misal anda memasak sup ayam. Anda harus memotong bahan-bahannya terlebih dahulu. Tiap orang pun memiliki cara yang berbeda dalam memotong maupun memasaknya. Walaupun memiliki cara yang berbeda, hasil akhirnya memang tetap akan menjadi sup ayam.

Nah, begitu juga dengan microarchitecture. Jadi, Microarchitecture adalah instruksi atau cara yang ditanamkan dalam prosesor untuk mengelola informasi yang diberikan dan menghasilkan sesuatu dari informasi yang diproses. Informasi ini kalau dikaitkan dengan contoh diatas adalah cara memasak.

Zen Microarchitecture 1

Setiap microarchitecture yang dimiliki produsen prosesor memiliki cara yang berbeda pula. Intel sampai artikel ini turun memiliki microarchitecture Coffee Lake. Coffe Lake tentu berbeda dengan Zen milik AMD. Dan AMD optimis dengan performa yang diberikan oleh Zen dibandingkan milih Intel.

Jika anda ingin artikel mengenai microarchitecture lebih lanjut, silahkan komentar di artikel ini. Mudah-mudahan saya bisa menulisnya di kemudian hari.

Perkenalkan, AMD Ryzen

Jika Zen adalah sebuah instruksi untuk memproses informasi dan menghasilkan sesuatu, maka tentu harus ada yang menggunakan instruksi tersebut. Nah, prosesor pertama yang menggunakan microarchitecture ini adalah prosesor Ryzen (baca: rai-zen).

Ryzen merupakan jawaban AMD untuk menyaingi Intel dalam lini prosesor tingkat tinggi. Dalam hal ini, lini keluarga Intel Core yang menjadi saingannya. Banyak sekali fitur-fitur baru yang ditawarkan di AMD Ryzen ini. Berikut beberapa teknologi yang disematkan di Ryzen yang tergabung dalam AMD SenseMi Technology:

  1. Pure Power: Mengukur ratusan sensor dalam chip untuk optimasi temperatur dan penggunaan tenaga selagi mengatur performa prosesor.
  2. Precisiont Boost: Meningkatkan performa prosesor dengan cara menambah clock speed prosesor dengan kenaikan sebesar 25 MHz (versus 100MHz yang digunakan oleh Intel). Dengan kenaikan yang minim, AMD dapat meningkatkan performa tanpa menambah penggunaan daya terlalu banyak.
  3. Extended Frequency Range (XFR): Peningkatan performa secara otomatis bagi mereka yang memiliki sistem premium dengan solusi pendinginan yang lebih baik. Sistem pendingin ini bisa dari udara, air, atau LN2.
  4. Neural Net Prediction: Ryzen dapat mengenali aplikasi yang anda jalankan dan dapat mengantisipasi langkah selanjutnya yang dibutuhkan. Dengan prediksi dari kecerdasan buatan ini, Ryzen dapat meningkatkan performanya dengan cara mengetahui jalur tercepat di dalam prosesor, sehingga aplikasi dan game menjadi lebih cepat.
  5. Smart Prefetch: Bekerja sama dengan Neural Net Prediction, Smart Prefetch dapat menyediakan data secara prediktif, sehingga kinerja kecerdasan buatannya jadi lebih cepat.

Tentu masih banyak lagi teknologi yang disematkan di Ryzen dan diatas adalah teknologi yang paling besar. Dengan teknologi-teknologi ini, lini prosesor AMD Ryzen memang pantas untuk anda lihat.

Semua prosesor Ryzen dibuat berdasarkan teknologi 14 nm process. Dimana setiap transistor yang ada di Ryzen hanya memiliki jarak 14 nm (nano meter). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja prosesor, anda bisa membaca artikel Apa itu CPU (Central Processing Unit)?

Yang membuat AMD Ryzen semakin menarik adalah harganya yang terbilang terjangkau jika dibandingkan Intel yang sudah lama memonopoli pasar prosesor desktop dan notebook. Jadi, bisa disimpulkan bahwa harga per performa dari Ryzen akan lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor Intel.

Cara membaca nama prosesor AMD Ryzen

Sebelum kita membahas apa saja lini keluarga Prosesor AMD Ryzen, ada baiknya kita mempelajari cara membaca nama prosesor AMD Ryzen. Namun, nama prosesor AMD Ryzen tidak se-kompleks nama prosesor Intel.

Prosesor Amd Ryzen

Secara garis besar, nama prosesor Ryzen terdiri dari 4 angka dan 1 huruf. 1 huruf ini opsional, jadinya ada nama prosesor yang memiliki huruf, ada yang tidak. Sebagai contoh: AMD Ryzen 7 1700 dan AMD Ryzen 7 1700X. Ryzen 7 merupakan sub keluarga dari keluarga AMD Ryzen. Sedangkan 4 angka setelahnya menunjukkan nomor seri. Nomor seri tersebut juga menunjukkan performa dari prosesor tersebut. Ryzen 7 1700 lebih bertenaga jika dibandingkan Ryzen 7 1800X.

Lalu, 1 huruf dibelakangnya menunjukkan ciri khas prosesor tersebut. Sampai saat artikel turun, hanya ada 2 huruf yang dipakai oleh AMD. Ada huruf “X” dan huruf “U“. Huruf menunjukkan kalau prosesor tersebut dapat di overclock. Contoh prosesor tersebut adalah seperti contoh sebelumnya yaitu Ryzen 7 1800X.

Sedangkan huruf menunjukkan kalau prosesor tersebut merupakan prosesor hemat daya (kisaran 15 watt saja). Jika dibandingkan dengan prosesor Ryzen yang tidak memiliki huruf U, maka konsumsi dayanya adalah 65 watt yang paling rendah. Contoh prosesor hemat daya adalah Ryzen 5 2500U.

Setelah anda paham model penamaannya, tentu kita akan membahas 2 platform AMD Ryzen yang diluncurkan, yaitu di Desktop dan juga Mobile. Mari kita bahas yang desktop terlebih dahulu.

Lini Keluarga Prosesor AMD Ryzen: Desktop

Dalam peluncurannya pada bulan Maret 2017, AMD memperkenalkan prosesor untuk desktop terlebih dulu. Ada 3 lini keluarga prosesor yang diperkenalkan untuk Ryzen. Berikut 3 lini keluarga prosesor Ryzen untuk desktop:

  1. AMD Ryzen – untuk pengguna komersil
  2. AMD Ryzen Pro – untuk pengguna komersil dan bisnis
  3. AMD Ryzen Threadripper – untuk pengguna komersil dan bisnis tingkat tinggi

Mari kita mulai dari lini keluarga pertama terlebih dulu.

AMD Ryzen

AMD Ryzen 3

AMD Ryzen 3 diperuntukkan untuk konsumen entry-level. Walaupun entry-level, performa yang diberikan sebenarnya lebih jauh dari anda pikirkan. Jika anda adalah seorang gamer, Ryzen 3 sebenarnya sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karena sebagian besar game-game yang ada di pasaran belum dapat memaksimal performa prosesor lebih dari 4 Core.

Ini semua dikarenakan seluruh lini Ryzen 3 memiliki 4 Core dan 4 Thread serta TDP (Thermal Design Power) sebesar 65 watt. Jika anda sudah lama menggunakan prosesor Intel, maka anda langsung tercengang melihat informasi ini karena Intel Core i3 untuk desktop biasanya hanya memiliki 2 Core dan 4 Thread saja.

Berikut daftar lini AMD Ryzen 3:

Nama Jumlah Core/Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP Beli
Ryzen 3 1200 4/4 3.1 GHz 3.4 GHz 65 W disini
Ryzen 3 1300X 4/4 3.5 GHz 3.7 GHz 65 W disini

AMD Ryzen 5

AMD Ryzen 5

AMD Ryzen 5 diperuntukkan bagi anda yang sering mengedit video, membuat game, dan lain-lain yang membutuhkan performa lebih. Jika anda bekerja dalam lingkungan tersebut, maka Ryzen 5 sangat cocok bagi anda.

Ryzen 5 di desain untuk menyaingi Intel Core i5 bahkan Core i7. Ini semua dikarenakan secara garis besar, semua lini Ryzen 5 memiliki Core dimulai dari 4 – 6 Core serta 8 – 12 Thread dan semuanya memiliki TDP 65 watt, kecuali Ryzen 5 1600X yang memiliki TDP 95 watt.

Berikut daftar lini AMD Ryzen 5:

Nama Jumlah Core/Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP Beli
Ryzen 5 1400 4/8 3.2 GHz 3.4 GHz Precision Boost 65 W disini
Ryzen 5 1500X 4/8 3.5 GHz 3.7 GHz Precision Boost 65 W disini
Ryzen 5 1600  6/12 3.2 GHz 3.6 GHz Precision Boost 65 W disini
 Ryzen 5 1600X  6/12  3.6 GHz 4.0 GHz Precision Boost 95 W disini

AMD Ryzen 7

AMD Ryzen 7 hadir bagi anda bagi anda yang bekerja sebagai video editor, pengembang game, pembuatan film resolusi tinggi, dan berbagai tugas berat lainnya. Ryzen 7 bersaing ketat dengan Core i7 dengan menawarkan harga per performa lebih tinggi dibandingkan Core i7 milik Intel.

Secara garis besar, seluruh keluarga Ryzen 7 memiliki 8 Core / 16 Thread dengan TDP sebesar 95 watt. Pengecualian kepada Ryzen 7 1700 yang memiliki TDP 65 watt.

Berikut daftar lini Ryzen 7:

Nama Core / Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP Beli
Ryzen 7 1700 8 / 16 3.0 GHz 3.6 GHz Precision Boost 65 W disini
Ryzen 7 1700X 8 / 16 3.4 GHz 3.8 GHz Precision Boost 95 W disini
Ryzen 7 1800X 8 / 16 3.6 GHz 4.0 GHz Precision Boost 95 W disini

Setelah anda mengenali keluarga AMD Ryzen, sekarang kita akan lanjut ke keluarga selanjutnya yaitu AMD Ryzen Pro.

AMD Ryzen Pro

Amd Ryzen Pro

Ryzen Pro merupakan prosesor yang dilengkapi dengan performa tinggi dan fitur keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ryzen biasa. Ryzen sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki bisnis dan keamanan menjadi faktor yang sangat penting.

Seluruh Ryzen Pro dilengkapi fitur keamanan yang tertanam langsung dari chip, sehingga bisa dipastikan sangat cocok untuk menjaga data-data bisnis anda.

Berikut lini keluarga AMD Ryzen Pro:

Nama Core / Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP
Ryzen 3 PRO 1200 4 / 4 3.1 GHz 3.4 GHz 65 W
Ryzen 3 PRO 1300 4 / 4 3.5 GHz 3.7 GHz 65 W
Ryzen 5 PRO 1500 4 / 8 3.5 GHz 3.7 GHz 65 W
Ryzen 5 PRO 1600 6 / 12 3.2 GHz 3.6 GHz 65 W
Ryzen 7 PRO 1700 8 / 16 3 GHz 3.7 GHz 65 W
Ryzen 7 PRO 1700X 8 / 16 3.4 GHz 3.8 GHz 95 W

Setelah membahas, mari kita bahas lini keluarga terakhir untuk prosesor desktop Ryzen, yaitu Ryzen Threadripper.

AMD Ryzen Threadripper

Ryzen Threadripper merupakan lini keluarga prosesor yang memiliki jumlah Core dan Thread paling banyak jika dibandingkan dengan keluarga lainnya. Di seri tertingginya, anda bisa mendapatkan 16 Core dan 32 Thread.

Jika anda bertanya, untuk apa jumlah Core sebanyak itu. Jawabannya tergantung pekerjaan anda. Beberapa pekerjaan memang membutuhkan banyak Core, seperti rendering video, pemrosesan 3D modeling, pembuatan game kompleks, video editor untuk resolusi 4K, dan masih banyak lagi. Pekerjaan-pekerjaan tersebut memang sangat membutuhkan banyak core.

Jika anda adalah orang tersebut, maka Ryzen Threadripper adalah solusinya. Berikut daftar lini keluargan Ryzen Threadripper:

Nama Core / Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP
Ryzen Threadripper 1900X 8 / 16 3.8 GHz 4 GHz 180 W
Ryzen Threadripper 1920X 12 / 24 3.5 GHz 4 GHz 180 W
Ryzen Threadripper 1950X 16 / 32 3.4 GHz 4 GHz 180 W

Lini Keluarga AMD Ryzen: Mobile

AMD Ryzen untuk mobile baru saja diluncurkan pada bulan Oktober 2017 ini. Dalam kategori mobile ini, tentu saja yang dimaksud adalah prosesor untuk laptop. Ryzen Mobile ini pun menggunakan microarchitecture yang sama yaitu Zen.

Yang menarik dari Ryzen Mobile adalah AMD mengintegerasikan VGA terbarunya yaitu Vega Graphics. GPU terbaru dari AMD ini dijanjikan lebih bertenaga dibandingkan GPU sebelumnya dengan perbedaan yang cukup jauh. Hal inilah yang membuat Intel was-was, karena pasar laptop merupakan salah satu pasar terbesar dan kehadiran Ryzen Mobile sangat mengancam monopoli Intel karena harga yang ditawarkan sangat kompetitif dengan penawaran performa yang lebih tinggi dibandingkan prosesor Intel generasi ke-8.

Saat artikel ini turun, hanya 2 prosesor saja yang ditawarkan oleh AMD untuk Ryzen Mobile. Berikut daftarnya:

Nama Core / Thread Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo TDP GPU GPU Core
Ryzen 5 2500U 4 / 8 2 GHz 3.6 GHz 15 W Radeon Vega 8
Ryzen 7 2700U 4 / 8 2.2 GHz 3.8 GHz 15 W Radeon Vega 10

Sampai saat ini, ada 3 vendor yang menyediakan laptop dengan Ryzen Mobile. Dan semuanya pun belum masuk ke Indonesia pada saat artikel ini turun. Berikut spesifikasi laptopnya.

Kita berdoa saja semoga laptop-laptop ini dapat masuk ke Indonesia dengan cepat. Dan jika laptop ini benar-benar masuk Indonesia, harganya pun penulis yakin lebih murah dibandingkan dengan laptop lain dengan prosesor Intel.

Bagaimana menurut anda artikel Prosesor AMD Ryzen?

Nah, setelah anda membaca artikel ini, tentu saja anda sudah kenal penuh mengenai AMD Ryzen terbaru ini. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu anda dalam memilih prosesor yang tepat. Sekian artikel “Prosesor AMD Ryzen: Semua Yang Perlu Anda Ketahui”, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk berlangganan artikel Windowsku dengan cara Like Facebook atau berlangganan via email.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.