Lompat ke konten
BerandaLainnyaLucuSalah Kaprah: PC Desktop (Kejadian Yang Membuatku Malu) :D

Salah Kaprah: PC Desktop (Kejadian Yang Membuatku Malu) :D

Wah, Windowsku sekarang mengangkat tema yang baru lagi yang bernama “Salah Kaprah”. Disini, Windowsku akan mencoba mengulas berbagai kata-kata IT yang salah kaprah di orang Indonesia. Cerita dimulai pada saat saya belajar PTIK di kampus tercinta saya, di Institut Teknologi Nasional Malang, atau ITN. Saya mengambil jurusan Informatika. Saat itu, dosen PTIK saya, Pak Suryo mulai membahas bagian-bagian hardware dari sebuah PC.

Tentu saja, sebelum kita mulai membahas bagian-bagian PC, kita harus mengetahui apa saja jenis dari PC. Pak Suryo memulai dengan yang portable, komputer portable terdiri dari:

 

  1. Notebook
  2. Palmtop
  3. Netbook
  4. Tablet
  5. Hand Phone
  6. Kalkulator (ini juga komputer lho?)
  7. DLL
Tentu saja, semua teman-teman saya sekelas mengetahui hal tersebut. Lalu, Pak Suryo menuju ke komputer rumah, atau Personal Computer (PC). Pak Suryo mulai membuka bagian PC dengan membahas PC Desktop. Pak Suryo bertanya kepada kami (mahasiswa), “bagaimana bentuk dari sebuah PC Desktop?”. Tentu saja, banyak teman-teman saya yang angkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari Pak Suryo.
Kata temanku “PC Desktop berbentuk seperti kotak yang tinggi yang biasanya ada di Laboratorium Informatika dan memiliki monitor dan perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse.”. Dan masih banyak lagi jawaban yang lain, tapi semua jawaban merujuk ke komputer yang sedang digunakan di Laboratorium Informatika ITN. Lalu, Pak Suryo mulai menjelaskan kalau jawabannya semua salah. Tentu saja, kita terheran-heran, kok bisa jawaban kami salah?
Nah, inilah dimulai dari “kesalah kaprahan” dari kita, PC desktop itu bukanlah komputer yang memiliki box yang tinggi.
Diingat ya? Ini bukan PC Desktop.
Lalu, Pak Suryo mengatakan bahwa PC yang memiliki box yang tinggi itu dinamakan “PC Tower”. Kenapa dinamakan PC Tower? Karena komputer tersebut menjulang tinggi, sama seperti tower. Tentu saja, saya yang pada saat itu menganggap PC Desktop itu seperti yang dilaboratorium, malu bukan main, walaupun saya malu dalam hati. Saya berpikir sudah lama bergelut di bidang IT, masih belum bisa membedakan jenis-jenis PC. Ya ampun (ucapan dalam hati).
Lalu, bagaimanakah PC Desktop yang sebenarnya? Biar jelas, saya langsung berikan gambarnya saja.
Diingat ya? Inilah PC Desktop yang sebenarnya.
Nah, bagaimana menurut anda? Kenapa komputer ini dinamakan PC Desktop. Tentu saja, sesuai dengan namanya, “Desk” berarti meja dan “Top” berarti berada di atas. Desktop berarti komputer yang berada di atas meja. Berbeda dengan PC Tower, unit utama komputernya dapat ditaruh dimana saja, yang pasti tidak mungkin ditaruh di meja. Sedangkan PC Desktop, unit utama komputernya berada di atas meja.
Sekian artikel hari ini. Semoga dari artikel ini, salah kaprah kita bisa dikurangi. Terima kasih pembaca sudah berkunjung ke Windowsku. Salam Windowsku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version