Sharing: Bahayanya Virus Win32/Virut

Kemarin, saya mendapatkan virus yang sangat hebat sekali. Itu bermula – mula ketika saya meminjam flashdisk teman saya. Saat saya mencolok flashdisk tersebut ke komputer saya, langsung saya scan dengan menggunakan MSE (Microsoft Security Essentials) dan terdapat 15 virus yang terdeteksi yaitu virus Win32/virut. Dan virus itu pun langsung saya bersihkan dari flashdisk tersebut. Sekitar 15 menit kemudian, MSE mendeteksi ada virus tersebut lagi di komputer saya, yaitu terdapat dalam folder windows saya. Saya pun kaget, karena saya padahal sudah membersihkannya sebelumnya. Akhirnya, saya bersihkan lagi menggunakan MSE.

Tidak lama kemudias, virus tersebut muncul lagi. Sekarang yang terdeteksi sekitar 50 virus. Saya pun sangat kaget sekali. Akhirnya, saya lakukan FULL SCAN terhadap komputer saya, agar virus tersebut benar – benar hilang. Setelah selesai melakukan FULL SCAN, saya restart komputer saya. Ehhh, ternyata virus itu masih ada juga. Saya pusing bagaimana caranya agar virus itu bisa minggir dari komputer saya.

Selama 2 hari saya berusaha membasmi virus ini. Saya mendapatkan kenyataan yang tak terduga dari virus ini. Dan saya pun melakukan penelitian terhadap virus ini. Rangkuman dari penelitian yang saya lakukan, dapat kamu baca dibawah ini:

  1. Virus ini hanya menginfeksi file yang berformat EXE dan SCR
  2. Saat virus ini masuk untuk pertama kali dan ketika kamu restart komputer kamu, maka EXPLORER.EXE akan terjangkit pada komputer anda. Sehingga, start menu, shortcut di desktop akan hilang.
  3. Setelah saya melakukan scanning pada satu file yang terinfeksi virus ini dan melakukan disinfect (filenya diperbaiki, bukan dihapus), saya dapat menarik kesimpulan bahwa virus ini tidak akan menyebar lagi pada file yang sama. Contohnya, jika virus tersebut menginfeksi “RUN.EXE”, maka setelah anda disinfect file tersebut, virus ini gak akan menginfeksi file ini lagi.
  4. Virus ini menyebar sangat cepat sekali. Hingga antivirus tidak mampu menahan laju penyebaran ini.
  5. Virus ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada file exe. Tapi ini sangat jarang sekali terjadi. Tapi kerusakan ini tidak akan terjadi pada file – file system Windows 7. Hanya aplikasi yang terinstall saya yang bisa terjadi kerusakan.
  6. Tapi jangan khawatir, setelah semua file EXE dan SCR sudah terinfeksi dan ketika anda disinfect semuanya menggunakan MSE, virus itu bakalan mati dan tidak akan menyebar lagi karena point yang ke 3 diatas.
  7. Agar virus tidak berjalan pada komputer kamu, kamu harus masuk ke SAFE MODE…

Naah, itu dia penelitian yang saya lakukan terhadap virus ini. Walau menyebalkan, karena tiap 1 menit pasti MSE mendeteksi virus ini. Tapi gak usah khawatir, lama – lama virus ini bakalan hilang dikomputer kamu. Oya, saya lupa, bahwa jika virus ini menyebar, maka dia akan menghasilkan virus baru, yaitu Win32/FakeXPA. Ini hanyalan file palsu yang dibuat oleh Win32/Virut yang berekstensi akhir TMP pada menu Temp. Virus Win32/XPA ini tidak akan menyebabkan kerusakan apa – apa kok.

Saat saya memposting artikel ini, komputer saya sudah bebas terjangkit dari virus ini. Sebenarnya, saya punya ide untuk mengupload virus ini agar bagi pembaca yang penasaran sekali dengan virus ini bisa mendownloadnya juga. Tapi, keburu komputer saya sudah bersih dengan memakai MSE, gak jadi deh,, He  He He. Tapi, jika ada virus ini, akan saya upload nanti untuk bisa didownload….

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “Sharing: Bahayanya Virus Win32/Virut”