Sinkronisasi Pengaturan, Bookmark, dan Password Di Semua Perangkat Menggunakan Chrome

Google Chrome

Apakah anda adalah pengguna Chrome di komputer? Lalu, apakah browser anda di smartphone? Jika anda suka menggunakan Chrome di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer, maka anda sangat terbantu dengan fitur sinkronisasi yang ada di Chrome.

Dengan adanya sinkronisasi, semua data-data browser anda seperti pengaturan, bookmark, password, history, dan lain sebagainya akan memiliki data yang sama di semua perangkat. Contohnya, jika anda baru saja membuat bookmark di Chrome pada komputer anda, maka bookmark tersebut akan hadir di perangkat anda lainnya.

Berikut cara sinkronisasi pengaturan, bookmark, dan password di semua perangkat menggunakan Chrome:

  • Buka menu Chrome dan klik Settings.
  • Kemudian, klik “Sign in to Chrome“.
Masuk ke Chrome
Masuk ke Chrome
  • Masukkan E-mail anda beserta password. Anda harus memiliki Google Account untuk melanjutkan. Jika anda tidak memilikinya, klik Create Account. Jika ada, langsung saja masukkan e-mail dan password,
  • Selesai.
Konfirmasi Masuk Ke Chrome
Konfirmasi Masuk Ke Chrome

Anda bisa mengatur apa saja yang akan tersinkronisasi di perangkat anda. Buka menu Chrome dan klik Settings. Klik Advanced Sync Settings.

Advanced Sync Settings
Advanced Sync Settings

Hilangkan tanda centang untuk menghentikan Chrome untuk melakukan sinkronisasi pada konten tersebut.

Sekarang, sinkronsasi sudah berjalan. Setiap kali anda menyimpan password, membuat bookmark, atau mengunjungi situs, semua akan tersinkronisasi dengan semua perangkat. Tentu saja, anda harus Sign-in lagi di perangkat lainnya. Sebagai contoh, kami akan tunjukkan bookmark yang sudah tersinkronisasi.

Bookmark di PC
Bookmark di PC

Gambar diatas adalah bookmark yang ada di komputer. Karena kita sudah melakukan sinkronisasi, maka bookmark itu akan muncul di perangkat lain.

Bookmark di Android
Bookmark di Android

Bookmark itu muncul di perangkat Android yang kami miliki.

Kesimpulan

Fitur ini sebenarnya sudah lama ada di Chrome. Dan sangat disayangkan jika anda tidak menggunakannya. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar di bawah ini.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.