BerandaMobileAndroidSony Xperia Z5: Smartphone Pertama Yang Menggunakan Layar 4K

Sony Xperia Z5: Smartphone Pertama Yang Menggunakan Layar 4K

Kalau anda baca dari judulnya, apa yang anda pikirkan? Layar 4K merupakan layar beresolusi tinggi yang seharusnya sangat cocok digunakan dengan layar monitor ataupun TV berukuran lebih dari 30 inch. Dengan layar seperti itu, anda tidak dapat melihat piksel-piksel yang ada di layar, karena kerapatannya tiap piksel sangatlah tinggi.

Sony pada awal September 2015 secara resmi mengumumkan kehadiran Sony Xperia Z5 yang menggunakan layar 4K untuk pertama kalinya di dunia. Bayangkan saja, kerapatan piksel yang ia miliki adalah 806 ppi untuk model Xperia Z5 Premium. Itu sangat jauh sekali dibandingkan Galaxy S6 Edge Plus yang hanya 516 ppi.

Keluarga Sony Xperia Z5

Sony meluncurkan 3 smartphone untuk keluarga Xperia Z5. Ada Xperia Z5 Compact, Xperia Z5, dan Xperia Z5 Premium. Untuk layar 4K tersebut hanya berada di premium saja.

Hardware

Untuk segi dapur pacu, Xperia Z5 dan Z5 Premium menggunakan SnapDragon 810 SoC, 3GB RAM, 32GB memori internal dengan tambahan slot MicroSD, dan kamera baru Sony dengan 23MP, anti-air, dan dengan tombol power yang dilengkapi dengan pembaca sidik jari.

Dengan resolusi layar seperti itu, apakah Z5 Premium boros baterai? Untung saja Sony membenamkan baterai sebesar 3.430mAh untuk Z5 Premium dan untuk versi biasa, Xperia Z5 menggunakan 2.900mAh. Kedua smartphone tersebut dijanjikan akan dapat melayani penggunanya hingga 2 hari tanpa cas.

Desain

Untuk masalah desain, desainnya masih sama dengan yang tahun lalu. Dengan menggunakan Gorilla Glass 4 di depan dan belakang smartphone. Walaupun tidak semua orang menyukai desain seperti itu, namun itu memberikan kesan premium bagi penggunanya.

Kamera

Sony terkenal dengan teknologi kameranya. Buktinya saja, sensor mereka digunakan oleh banyak perusahaan lain, dan bahkan di smartphone lain. LG G4, Galaxy S6, dan iPhones merupakan sekian dari smartphone yang menggunakan sensor dari Sony. Untuk Xperia Z5, tentu saja Sony menggunakan sensornya sendiri. Sensor Exmor RS dengan 23MP dan janji Sony menangkap fokus gambar hanya 0,03 detik saja. Xperia Z5 mampu menangkap video 4K dan berbagai kecanggihan lainnya.

Kecepatan fokus dari Xperia Z5 bukanlah omongan belaka. Anda bisa melihat dari video diatas.

Fingerprint Reader

Hal lain yang patut untuk dibahas yaitu adanya fingerprint reader pada tombol power. Sehingga, anda dapat menggunakan Xperia Z5 tanpa memasukkan password. Anda juga dapat membayar secara instan, karena Xperia Z5 mendukung FIDO Online Payments.

Android

Xperia Z5 semuanya akan menggunakan Android 5.1. Tentu saja, Xperia Z5 akan langsung di-upgrade ke Android M ketika Android M sudah hadir. Sony mengucapkan bahwa mereka memberikan pengalaman Android hampir murni ke smartphone-nya.

Rilis

Sony Xperia Z5 dan Z5 Compact akan melucur secara global pada bulan Oktober. Sedangkan Z5 Premium akan hadir pada bulan November. Untuk harga, Sony masih belum mengeluarkan informasinya. Untuk perbedaan harga dari Xperia Z5 ke Z5 Premium, mungkin saja hanya berbeda $100.

Kesimpulan

Dari spesifikasi Sony Xperia Z5 ini, apakah anda berniat membelinya? Kami memperkirakan harganya akan lebih dari Rp. 10 juta, karena spesifikasinya yang gahar, dan juga nilai tukar rupiah yang tidak seramah dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *