Tampilan Task Manager Dari Windows 3.0 Hingga Windows 10

Kemarin, saya memuat artikel tentang Perjalanan Panjang Windows: Dari Windows 1.0 Hingga Windows 8. Sekarang, saya akan memuat tampilan Task Manager dari Windows 3.0 hingga Windows 8. Mengapa dimulai dari Windows 3.0? Karena, Task Manager baru muncul di Windows 3.0. Langsung saja kita mulai dari gambar Task Manager Windows 3.0

Windows 3.0

Task Manager yang ada di Windows 3.0

Seperti dilihat dari gambar diatas, tampilan Task Manager-nya sangatlah simpel. Pada saat itu, Task Manager hanya berfungsi untuk membunuh program dan tidak memiliki fungsi lain yang terlalu berarti. Bahkan, jika anda perhatikan, namanya bukan Task Manager, namun bernama “Task List”.

Windows NT (Windows 95 – 2000)

Task Manager di Windows 95 hingga Windows 2000

Gambar diatas merupakan Task Manager di Windows 95 hingga 2000. Tampilannya pun lebih modern bila dibandingkan dengan Windows 3.0. Tidak hanya membunuh program, Task Manager ini dapat melihat performa komputer pada saat itu juga.

Windows XP

Task Manager di Windows XP

 

Gambar diatas merupakan Task Manager Windows XP. Terlihat, ada 2 tab baru yang dimasukkan, yaitu “Networking” dan “Users”. Networking berguna untuk melihat koneksi Internet yang berjalan. Sedangkan Users, berguna untuk melihat pengguna komputer yang aktif.

Windows Vista & 7

Task Manager di WIndows 7

Gambar diatas adalah tampilan Task Manager Windows Vista dan Windows 7. Terlihat, ada 1 tab baru lagi, yaitu “Service”. Berguna untuk melihat layanan apa saja yang berjalan.

Windows 8.1 dan Windows 10

Task Manager di Windows 8.1 dan Windows 10

Gambar diatas adalah tampilan Task Manager untuk Windows 8.1 dan Windows 10. Ada tab baru di Task Manager ini yang belum diperkenalkan di Windows 7 yaitu App History untuk melihat penggunaan Apps dan Startup untuk mengatur program yang berjalan pada saat Windows mulai untuk pertama kali.

Kesimpulan

Task Manager memiliki beberapa perubahan dari pertama kali rilis hingga sekarang. Apakah anda sering menggunakan Task Manager? Jika iya, hal apa saja yang anda lakukan di sana? Bagikan pengalaman anda di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.