BerandaKeamananTingkatkan Keamanan Perangkat dengan 4 Hal yang Harus Anda Cek di Antivirus!

Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan 4 Hal yang Harus Anda Cek di Antivirus!

Semakin populer sebuah sistem operasi, maka malware jahat semakin banyak yang mengintai. Nah, salah satu pertahanan yang harus anda pasang di komputer maupun di smartphone anda adalah menggunakan Antivirus. Jika anda sudah selesai memasang Antivirus, bukan berarti anda dapat tenang dengan serangan malware jahat.

Di artikel ini, kita akan sama-sama bahas apa saja yang perlu anda perhatikan ketika anda sudah selesai memasang antivirus untuk tingkatkan keamanan perangkat. Beberapa hal yang ada di artikel ini membuat anda harus mengecek rutin antivirus anda dan ada juga yang hanya sekali pengecekan. Dengan melakukan tips dibawah ini, maka perangkat anda lebih aman dari sebelumnya. Mari kita bahas bersama.

1. Pastikan Antivirus dan Virus Database selalu Up To Date! (Wajib)

Antivirus sepopuler dan sekuat apapun, jika tidak up to date atau tidak berada pada versi terkininya, maka bisa saja malware jahat masuk ke komputer anda. Yang perlu anda perhatikan adalah apakah aplikasi antivirus itu sendiri dan juga virus database/malware database.

Aplikasi Antivirus sendiri juga memiliki update. Update ini biasanya berisi peningkatan dan penambahan fitur untuk antivirus. Misalnya adalah jika antivirus anda sebelumnya tidak memiliki Firewall dan jika anda mengunduh versi terbarunya, mungkin saja antivirusnya sudah memiliki Firewall sendiri.

Sedangkat Virus Database atau Malware Database adalah basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi malware jahat yang tersebar. Jadinya, antivirus dapat menggunakan basis data ini untuk mencocokkan apakah file tersebut mirip atau tidak dengan data malware jahat yang ada di basis data/database.

Lalu, Bagaimana mengeceknya? SIlahkan anda buka antivirus anda. Karena setiap antivirus memiliki menu yang berbeda-beda, silahkan anda merujuk ke panduan manual dari antivirus anda. Namun untuk kali ini, saya akan menggunakan Avast.

Avast Uptodate

Jika anda adalah pengguna Avast, anda dapat melihat statusnya di beranda utama Avast. Jika tulisannya “Everything up-to-date” maka bisa dipastikan bahwa Avast anda sudah berada pada versi terkininya.

Melihat Versi Aplikasi Dan Virus Database Di Avast

Anda juga dapat melihat informasi lengkapnya di menu Pengaturan dan klik “About Avast”. Disana sudah ada nomor versi aplikasi dan juga virus database version.

2. Mempelajari fitur-fitur yang dimiliki Antivirus

Walaupun jenis aplikasinya adalah Antivirus, sebenarnya aplikasi-aplikasi seperti ini dapat juga membasmi spyware, trojan, dan malware jahat lainnya. Untuk itu, sangat penting untuk anda mengetahui apa saja yang dapat dilakukan antivirus anda.

Jika anda menggunakan antivirus free atau yang tidak berbayar, memang fitur-fitur yang dimiliki tidak selengkap yang berbayar. Namun menurut saya sudah cukup jika anda dapat menggunakan perangkat anda untuk hal yang biasa-biasa saja.

Fitur Yang Ditawarkan Avast

Jika anda menggunakan antivirus berbayar, maka anda akan menikmati berbagai fitur tambahan. Biasanya fitur tambahannya seperti Firewall, Phising Protection, pengaman berbelanja online, dan masih banyak lagi. Anda dapat merujuk ke situs resmi antivirus anda untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan. Sebagai contohnya, anda dapat melihat fitur-fitur yang ditawarkan Avast di website resminya seperti pada gambar diatas.

3. Melihat skor dan melihat tes seberapa baik antivirus yang anda miliki

Dengan semakin banyaknya solusi antivirus yang ditawarkan berbagai perusahaan, anda juga sebagai konsumen harus pintar memilih antivirus. Karena aplikasi Antivirus ini adalah aplikasi yang terpasang sekali dan akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jika anda salah menggunakan antivirus, maka komputer anda akan terjerat resiko keamanan.

Av Test Homepage

Untuk menjawab keraguan anda, ada sebuah organisasi yang mendedikasikan layanannya untuk mengetes antivirus. Memang ada banyak organisasi yang melakukan hal tersebut, namun biasanya yang paling terkenal adalah AV-Test.

Hasil Tes Avast Dan Antivirus Lainnya

Anda bisa langsung melihat tes berdasarkan perangkat yang anda gunakan. Untuk artikel ini, saya akan melihat hasil tes dari antivirus untuk komputer rumah. Setelah anda memilih hasil tes antivirus untuk komputer rumah, anda dapat melihat beberapa antivirus. Di komputer saya sendiri, saya menggunakan Avast Free Antivirus 2016. Skornya hampir semua, kecuali untuk performa yang memiliki skor 4/5. Namun secara keseluruhan, Avast sudah sangat bagus melindungi komputer. Silahkan anda lihat skor untuk antivirus anda sendiri.

Jika antivirus yang anda miliki tidak atau kurang bagus, anda sebaiknya menggantinya ke antivirus lainnya. Dengan begitu, komputer anda menjadi lebih aman. Dari skor diatas, Bitdefender memiliki skor yang lengkap untuk 3 kategori tersebut.

4. Upgrade Antivirus Free Anda

Jika anda adalah seorang pebisnis, mengamankan data penting anda adalah prioritas utama. Solusi yang paling baik adalah menggunakan antivirus premium. Banyak sekali antivirus premium yang bisa anda gunakan. Sebaiknya, anda melihat skor antivirus tersebut terlebih dahulu seperti pada poin ke-3.

Avast Internet Security

Untuk Avast sendiri, ia sudah dilengkapi dengan 2 antivirus premium. Ada yang Avast Internet Security untuk mengamankan segala aktivitas internet anda. Ada juga Avast Premier untuk mengamankan segala aktivitas komputer anda.

Bagaimana menurut anda artikel Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan 4 Hal yang Harus Anda Cek di Antivirus?

Jika anda sudah memastikan hal diatas, maka anda mendapatkan antivirus yang kuat dan siap melindungi komputer anda kapan saja. Malware jahat semakin hari semakin berkembang, sehingga anda memerlukan tips diatas untuk siap menghadapinya.

Sekian artikel Tingkatkan Keamanan Perangkat dengan 4 Hal yang Harus Anda Cek di Antivirus, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mengetahui artikel menarik lainnya seperti artikel ini.

Jika anda ingin meningkatkan keamanan akun Google anda, silahkan baca artikel ini: Meningkatkan Keamanan Akun Google Dengan Verifikasi 2 Langkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.