Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word Header

8 Tips Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Yang Sempurna!

Membuat tabel di Microsoft Excel mungkin sudah biasa anda lakukan. Namun, bagaimana jika membuat tabel di Microsoft Word? Anda tepat datang ke artikel ini karena disini, anda akan menemukan cara membuat tabel di Microsoft Word yang sempurna dan cantik untuk laporan atau apapun dokumen yang anda buat.

1. Cara membuat tabel

Membuat Tabel Di Microsoft Word

Mari kita mulai dari dasarnya dulu. Cara tercepat dalam membuat tabel yaitu dimulai dari menu Insert (1) > Table (2) dan tentukan berapa banyak kolom & baris yang ingin anda buat dan klik (3) untuk membuatnya seperti gambar diatas.

Tombol Plus Untuk Menambah Baris Kolom Tabel Microsoft Word

Jika kolom atau baris dirasa masih kurang setelah anda membuat tabelnya, anda bisa menggunakan tombol “+” di antara baris maupun kolom seperti animasi diatas.

Menyeleksi Baris Kolom Tabel Microsoft Word

Tips selanjutnya yaitu melakukan seleksi baris maupun kolom dengan cepat. Yang perlu anda lakukan adalah arahkan kursor anda ke area luar dari tabel. Untuk menyeleksi satu kolom, pastikan kursor anda berubah menjadi kursor tanda panah kebawah berwarna hitam. Untuk menyeleksi baris, perhatikan kursor dengan arah kursor terbalik dari biasanya seperti animasi diatas.

Memberikan Warna Baris Tabel Microsoft Word

Setelah anda melakukan seleksi, tentu anda bisa melakukan pengubahan sesuka hati dengan banyak opsi yang diberikan Microsoft Word. Misalnya saja memberikan warna terhadap baris, dengan cara klik menu Design > Shading dan pilih warna yang anda inginkan.

Icon Seleksi Seluruh Tabel Microsoft Word

TIPS: Klik icon seperti gambar untuk menyeleksi seluruh isi satu tabel

2. Mengkonversi teks ke tabel dan sebaliknya

Pernahkah anda mendapatkan data dalam bentuk teks dalam bentuk struktur Tabular dan anda ingin mengubahnya menjadi tabel? Anda bisa melakukannya di Microsoft Word dan bisa dilakukan hanya dalam 3 detik saja.

Konversi Teks Ke Tabel Microsoft Word

Langkah pertama adalah seleksi dulu seluruh data tabular yang anda miliki (1). Klik menu Insert (2) > Table (3) > Convert text to Table… (4). Kemudian, anda bisa diberikan opsi untuk memformat tabelnya. Jika sudah puas, klik saja OK. Maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.

Hasil Teks Ke Tabel Microsoft Word

Terlihat pada gambar diatas bahwa data tabular anda telah berubah menjadi tabel dan siap untuk anda ubah jika dirasa kurang.

Menu Convert To Text

Untuk melakukan hal yang sebaliknya, seleksi seluruh tabel (1) dan klik menu Layout (2) dan klik Convert to Text (3).

Opsi Convert To Text Microsoft Word

Kemudian, silahkan pilih sesuai kemauan anda. Disini, saya menggunakan opsi “Commas” agar data dalam tabel di pisahkan dengan koma. Jika sudah, klik OK. Maka hasilnya kembali seperti semula.

3. Memberikan nomor secara otomatis

Di Excel, anda bisa memberikan nomor secara otomatis dengan cara yang mudah. Anda bisa melakukannya di Microsoft Word, namun dengan cara yang berbeda.

Memberikan Nomor Secara Otomatis Tabel Microsoft Word

Seleksi kolom atau baris yang ingin anda berikan nomor, kemudian pada menu Home, klik pada Bullets & Numbering dan klik opsi angka seperti animasi diatas.

4. Mengatur ukuran kolom dan baris

Memunculkan Ruler Microsoft Word

Dengan menggunakan Ruler, anda bisa mengatur ukuran kolom dan baris dengan mudah. Ruler secara bawaan disembunyikan oleh Microsoft Word sejak versi Office 2007. Untuk menampilkan Ruler di Microsoft Word, klik menu View dan klik “Ruler”.

Memperbesar Memperkecil Ukuran Kolom Baris Tabel Microsoft Word

Untuk mulai mengatur ukuran kolom dan baris, silahkan klik tabel anda. Kemudian, anda bisa menggeser ukuran kolom maupun baris dengan menggunakan Ruler seperti animasi diatas. Anda juga bisa menggunakan garis-garis pada tabel untuk memperbesar atau memperkecilnya.

5. Mengubah kolom menjadi baris atau sebaliknya

Di Microsoft Excel, perintah “Transpose” membuat posisi kolom menjadi baris maupun sebaliknya. Ada beberapa situasi dimana anda harus menukar posisi kolom dan baris, sehingga cara ini harus anda pelajari untuk melakukan hal tersebut.

Namun, opsi transpose hanya dimiliki oleh Microsoft Excel saja, sehingga anda harus memindahkan tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel untuk melakukannya.

Melakukan Transpose Excel

Untuk melakukannya, copy dulu tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel. Kemudian, anda copy atau cut tabel yang ada di Excel. Pada menu Home, klik Paste dan pilih opsi “Transpose”.

Setelah anda melakukan transpose, copy kembali dan paste ke Microsoft Word anda.

6. Menggunakan ulang tabel yang telah anda buat

Jika anda sering sekali membuat tabel yang sama di dokumen yang sama maupun di dokumen lainnya, anda bisa menggunakan fitur Quick Parts yang ada di Microsoft Word, sehingga anda tidak perlu repot-repot membuat ulang tabelnya.

Menyimpan Quick Parts Word

Untuk melakukannya, pilih tabel anda. Kemudian, klik menu Insert > Text > Quick Parts > “Save Selection to Quick Part Gallery…”. Kemudian, berikan informasi mengenai Quick Parts yang anda buat.

Menggunakan Quick Parts Yang Tersimpan Word

Jika ingin menggunakan Quick Parts, klik lagi menu Insert > Text > Quick Parts dan langsung pilih. Anda juga bisa mengklik “Building Blocks Organizer…” untuk melihat seluruh Quick Parts yang pernah anda buat.

7. Menambahkan caption pada tabel dan menggunakannya sebagai daftar isi tabel

Caption sangat berguna untuk memberikan judul terhadap tabel yang anda buat. Caranya sangat mudah menambahkan caption.

Memberikan Caption Tabel Word

Seleksi seluruh tabel, kemudian klik kanan pada tabel dan klik “Insert caption”. Berikan nama caption dan jika sudah, klik OK. Maka tampilannya akan seperti diatas. Tentu anda bisa mengatur format caption dengan mudah jika tampilannya dirasa tidak pas.

8. Copy dan Paste tabel untuk Email

Jika anda diminta untuk mengirimkan tabel yang telah anda buat di Microsoft Word melalui email, anda bisa Copy dan Paste selayaknya anda menggunakan aplikasi Office lainnya. Hal ini sangat efektif, apalagi jika tabel anda miliki sangat kompleks dan membuatnya langsung lewat aplikasi Email sangat merepotkan.

Copy Paste Tabel Ke Email

Seperti terlihat pada gambar diatas, saya menggunakan aplikasi Mail di Windows 10. Saya dapat dengan mudah Copy & Paste tabel yang saya buat di Microsoft Word ke aplikasi email. Bahkan, anda juga bisa melakukannya di Email lain seperti Gmail dan Yahoo seperti gambar dibawah ini.

Copy Paste Tabel Ke Gmail

Cara membuat tabel di Microsoft Word telah anda pelajari

Tips-tips yang anda pelajari di artikel ini sangat bermanfaat agar anda bisa membuat tabel lebih cepat dan lebih cantik lagi, walau anda tidak menggunakan Excel. Lalu, apakah anda memiliki tips lain dalam membuat tabel di Microsoft Word? Yuk bagikan pengalaman ada di kotak komentar dibawah.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “8 Tips Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Yang Sempurna!”