11 Tips Cara Menggunakan Command Prompt di Windows 10

Tips Cara Menggunakan Command Prompt Windows 10 Header

Banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Command Prompt. Dan semakin hari semakin banyak orang yang ingin mencoba Command Prompt. Artikel ini hadir untuk membantu anda dengan tips-tips yang bisa anda terapkan sebagai cara menggunakan Command Prompt di Windows 10.

Jika anda memiliki tips selain yang ada di artikel ini, jangan lupa tulis di kotak komentar ya. Berikut tips cara menggunakan Command Prompt di Windows 10.

1. Membuka Command Prompt dengan 10 cara

Sebelumnya, penulis sudah sangat lengkap membahas bagaimana membuka Command Prompt. Cara yang paling sering penulis pakai adalah dengan membuka Start dan mengetik “cmd” dan tekan enter. Temukan cara lainnya di artikel Cara Membuka Command Prompt.

2. Selalu membuka Command Prompt dengan Level Administrator

Command Prompt bisa dijalankan dengan 2 mode yaitu mode standar dan mode administrator. Jika menggunakan mode standar, tidak semua perintah bisa anda eksekusi. Jika menggunakan mode administrator, seluruh perintah Command Prompt bisa anda eksekusi.

Secara bawaan, ketika anda membuka Command Prompt, mode standar yang akan anda gunakan. Jika anda ingin selalu membuka Command Prompt dalam mode administrator, anda harus membuat shortcut khusus terlebih dahulu yang kita taruh di desktop anda.

Open File Location Command Prompt

Caranya adalah buka Start (1) dan ketik “cmd” (2). Kemudian, klik kanan hasil pencariannya (3) dan klik “Open file location” (4).

Membuat Shortcut Di Desktop Command Prompt

Selanjutnya, klik kanan pada “Command Prompt” (1) > Send to (2) > klik “Desktop (create shortcut)” (3).

Mengakses Tombol Advanced Shortcut Command Prompt

Kemudian klik kanan pada shortcut yang anda buat dan klik “Properties” (1). Kemudian muncul jendela properties seperti gambar diatas. Klik tab “Shortcut” (2) dan klik “Advanced” (3).

Centang Run As Administrator Always

Beri tanda centang pada “Run as administrator” seperti gambar diatas dan klik OK.

Command Prompt Administrator

Setiap kali anda mengklik dobel shortcut yang barusan anda buat, maka Command Prompt akan terbuka sebagai Administrator.

3. Copy & Paste

Di update terbaru Windows 10, anda bisa copy & paste teks dengan mudah di Command Prompt. Karena sebelumnya, anda tidak bisa melakukan hal tersebut.

Paste Teks Command Prompt

Silahkan anda coba copy (CTRL + C di keyboard anda) teks apa saja dan paste (klik kanan di Command Prompt) seperti animasi diatas. Jika tidak bisa, lakukan cara dibawah ini.

Mengakses Properties Jendela Command Prompt

Klik kanan pada Title Bar (1) dan klik “Properties” (2).

Menghidupkan Perintah Tombol Ctrl Command Prompt

Beri tanda centang pada “Enable Ctrl key shortcuts” seperti gambar diatas. Klik OK jika sudah. Maka anda bisa copy & paste seperti layaknya anda menggunakan Microsoft Word.

4. Drag n’ Drop sebagai input Lokasi File/Folder

Drag Drop Lokasi File Folder Command Prompt

Jika anda ingin menjalankan perintah dimana anda diminta untuk memasukkan alamat tujuan eksekusinya, anda bisa drag & drop dari File Explorer ke jendela Command Prompt seperti animasi diatas.

5. Mendapatkan bantuan dari perintah apa saja

Jika anda baru mengenal perintah-perintah yang ada di Command Prompt, anda bisa mendapatkan bantuan mengenai perintah yang anda ketik.

Bantuan Perintah Command Prompt

Caranya adalah dengan mengetik “/?” setelah perintah dan tekan enter. Misalnya anda ingin mempelajari perintah “ping”, maka yang perlu anda ketik adalah “ping /?” dan tekan enter seperti gambar diatas.

6. Gunakan tombol Tab untuk Auto-Complete

Karena kita baru belajar, tidak mungkin kita bisa ingat seluruh perintah yang kita eksekusi. Untuk itu, anda bisa menekan tombol Tab di keyboard anda agar Command Prompt dapat memperkirakan perintah apa yang sebenarnya ingin anda eksekusi.

Command Prompt Auto Complete

Seperti animasi diatas, penulis hanya mengetik “ip” kemudian menekan tombol Tab untuk mengakses daftar perintah yang didahului oleh “ip”. Anda bisa menekan terus tombol Tab untuk mengakses perintah selanjutnya.

7. Menggunakan tombol panah keyboard untuk perintah sebelumnya

Jika anda sudah berulang kali mengeksekusi perintah, anda bisa mengakses lagi perintah sebelumnya dengan tombol panah di keyboard anda.

Mengakses Perintah Sebelumnya Command Prompt Per Perintah

Jika anda menggunakan tombol panah atas di keyboard anda, maka akan muncul perintah sebelumnya seperti animasi diatas. Tekan tombol panah bawah untuk mengakses perintah yang lebih baru.

Mengakses Perintah Sebelumnya Command Prompt Per Huruf

Jika anda menggunakan tombol panah kanan, anda akan mengakses perintah yang paling terakhir dan akan muncul per huruf seperti animasi diatas.

Mengakses Daftar Perintah Sebelumnya Command Prompt

Selain cara diatas, anda bisa menekan tombol F7 untuk menampilkan seluruh perintah yang pernah anda eksekusi. Tampilannya menjadi seperti diatas.

8. Mengeksekusi beberapa perintah sekaligus

Anda tidak perlu mengetik satu perintah dan eksekusi, kemudian mengetik dan eksekusi lagi. Anda bisa menulis beberapa perintah sekaligus dan anda hanya menekan tombol enter sekali.

Mengeksekusi Beberapa Perintah Command Prompt Sekaligus

Gunakan pemisah “&&” di antara perintah untuk melakukannya. Misalnya anda ingin mengeksekusi perintah ipconfig dan dir, maka cukup anda ketik “ipconfig && dir” dan tekan enter. Hal ini tidak terbatas hanya 2 perintah saja, anda bisa menggunakan 3 perintah bahkan lebih sekaligus.

9. Menyimpan output perintah ke file terpisah

Anda dapat dengan mudah menyimpan hasil output dari perintah yang anda eksekusi untuk keperluan perekaman misalnya. Caranya sangat mudah.

Menyimpan Output Perintah Di File Terpisah Command Prompt

Anda harus menambah karakter “>” setelah perintah, kemudian diikuti oleh lokasi dimana output akan ditaruh beserta nama file-nya. Sebagai contoh, anda ingin hasil output perintah “ipconfig” ditaruh di “C:\Users\Documents\cmd”
dengan nama file-nya “test.txt”. Maka perintah yang harus anda ketik adalah:

ipconfig > C:\Users\Documents\cmd\test.txt

Selain menyimpannya secara terpisah, anda juga bisa menaruh hasil output perintah ke clipboard yang siap anda Paste di Microsoft Word contohnya. Ganti karakter “>” dengan “| clip” untuk melakukan hal tersebut. Perintahnya menjadi seperti dibawah ini:

ipconfig | clip

10. Menghentikan eksekusi perintah

Tidak semua perintah akan selesai tereksekusi dengan cepat. Anda yang harus menunggu beberapa saat bahkan cukup lama jika perintah tersebut membutuhkan koneksi internet. Selama itu, anda tidak bisa melakukan apa-apa di jendela Command Prompt, kecuali menghentikannya.

Menghentikan Proses Eksekusi Perintah Command Prompt

Anda bisa menghentikannya dengan menekan tombol “CTRL + C” di keyboard anda. Perintah apapun yang anda eksekusi akan berhenti saat itu juga seperti animasi diatas. Perintah “ping windowsku.com -t” akan melakukan ping secara terus menerus tanpa henti. Saat penulis menekan tombol CTRL + C di keyboard, perintah tersebut langsung berhenti.

11. Mengubah penampilan Command Prompt

Bosan dengan warna Command Prompt yang hanya hitam dan putih? Di tips cara menggunakan Command Prompt terakhir ini, anda bisa juga mengganti warna tulisan dan juga tampilan latar belakangnya dengan mudah.

Mengubah Tampilan Command Prompt

Seperti gambar diatas, anda bisa mengubah tampilannya sesuka hati anda. Bahkan, anda bisa mengubah tata letak Command Prompt dengan mengklik tab “Layout”.

Bagaimana menurut anda artikel Tips Cara Menggunakan Command Prompt di Windows 10?

Dengan mengikuti tips-tips diatas, anda menjadi semakin mahir menggunakan Command Prompt dan menghemat waktu anda, termasuk juga anda bisa menjalankan program dengan super cepat hanya memakai Command Prompt. Lalu, apakah anda memiliki tips lain? Pernahkah anda melakukan tips yang diulas disini? Tulis semuanya di kotak komentar ya 🙂

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.