Tips Membeli Mouse Header

6 Tips Membeli Mouse Yang Tepat Untuk Anda

Jangan beli mouse sebelum anda membaca artikel ini! Tips membeli mouse ini perlu anda ketahui agar anda bisa mendapatkan mouse sesuai kebutuhan maupun penggunaan. Mouse saat ini terdiri dari berbagai macam spesifikasi maupun bentuk. Karena mouse menjadi perangkat yang akan anda gunakan terus menerus, sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa mouse yang tepat.

Langsung saja kita simak tips membeli mouse untuk anda.

1. Mouse untuk penggunaan Normal atau Gaming

Para produsen mouse biasanya memproduksi 2 jenis mouse yaitu untuk penggunaan biasa atau penggunaan untuk gamer. Bagi sebagian besar pengguna komputer, mouse biasa merupakan pilihan standar yang bisa dipakai kapan saja. Namun bagi anda yang terobsesi dengan game dan ingin mengungguli lawan, mouse gaming menjadi pilihan yang wajib.

Mouse Gaming Vs Mouse Biasa

Perbedaannya mouse biasa dan gaming terletak pada kualitas produk. Bukan berarti mouse biasa memiliki kualitas buruk, namun mouse gaming biasanya ditunjang dengan ketahanan luar biasa. Misalnya dalam ketahanan jumlah klik di setiap tombolnya, mouse gaming mencapai ketahanan hingga puluhan juta klik pada tombolnya. Ini sangat penting karena bermain game mengharuskan anda mengklik berulang kali dalam satu waktu, sehingga ketahanan tombol menjadi faktor penting. Mouse gaming juga cenderung memiliki tombol-tombol ekstra yang bisa digunakan di dalam game, sehingga anda bisa mengurangi ketergantungan terhadap keyboard.

Untuk informasi lengkap mengenai perbedaan mouse biasa dan mouse gaming, sudah kami tulis sebelumnya di artikel ini.

2. Wired atau Wireless (Kabel atau Tanpa Kabel)

Di zaman yang semakin berkembang ini, perangkat tanpa kabel semakin lama semakin menjadi primadona. Termasuk untuk mouse, mouse tanpa kabel bisa dibilang solusi terbaik. Anda tidak perlu repot mengatur kabel mouse yang berantakan.

Di tahun-tahun sebelumnya, mouse dengan kabel menjadi pilihan karena waktu respon yang baik dan langsung bekerja ketika anda colok di port USB anda. Harganya yang lebih murah juga menjadi alasan banyak orang kenapa memilih mouse kabel. Selain itu, anda tidak perlu berurusan dengan baterai jika menggunakan mouse kabel.

Maksud dari waktu respon adalah seberapa lama komputer mendapat respon ketika anda mengklik tombol mouse. Waktu respon mouse biasanya diukur dengan satuan milidetik.

Namun untuk saat ini, banyak sekali mouse tanpa kabel yang murah atau dibawah 100 ribu. Masalah waktu respon saat ini juga tidak menjadi masalah dan perbedaannya semakin lama semakin sedikit dengan mouse kabel. Mouse tanpa kabel juga memiliki ketahanan baterai hingga 2 tahun dan pastinya akan ada pemberitahuan jika baterai akan habis, sehingga anda bisa bersiap-siap menggantinya.

Untuk penggunaan normal, mouse tanpa kabel adalah solusi yang tepat. Waktu responnya yang sudah sangat baik dan saat ini anda tidak bisa membandingkan waktu respon mouse kabel dan tanpa kabel, karena rasanya sama saja. Bahkan untuk penggunaan gaming, mouse tanpa kabel sudah bisa menjadi opsi utama bagi kebanyakan gamer.

Mouse Gaming Logitech

Namun jika anda adalah gamer profesional yang di setiap milidetiknya sangat berharga, mouse dengan kabel mungkin masih menjadi solusi. Produsen seperti Logitech masih banyak menawarkan mouse gaming dengan kabel karena saat ini masih menjadi favorit bagi para gamer. Seperti gambar diatas, mouse ini menawarkan waktu respon sebesar 1 militedik dengan ketahanan tombol sebesar 50 juta klik.

Steelseries Rival 650

Tapi jangan berpikir kalau mouse gaming tanpa kabel tidak bisa menawarkan hal tersebut. Seperti mouse SteelSeries Rival 650 diatas, mouse tersebut juga sanggup menawarkan waktu respon sebesar 1 milidetik. Selain itu, ketahanan tombolnya juga sudah mencapai 60 juta klik. Dalam hal spesifikasi, mouse tanpa kabel sebenarnya sudah menyamai mouse kabel. Mungkin dari segi harga saja yang membuat adaptasi mouse gaming tanpa kabel tidak sebanyak mouse kabel.

Konektivitas mouse Wireless

Untuk konektivitas dari Wireless Mouse, produsen biasanya menawarkan 2 jenis. Yaitu koneksi RF (Radio Frequency) dan Bluetooth. RF merupakan konektor tercepat karena ketika tercolok di port USB anda, mouse langsung bisa anda gunakan. Tidak seperti Bluetooth dimana anda harus melakukan Pair saat pertama kali menggunakan. Namun, koneksi RF membutuhkan USB anda, sehingga mengurangi jumlah port yang tersedia untuk perangkat lainnya.

Kelebihan Bluetooth adalah tidak memerlukan port USB. Namun, ada jeda waktu dimana ketika mouse dihidupkan, mouse tidak langsung bisa dipakai. Anda harus menunggu kurang lebih 3 detik sebelum bisa menggunakannya. Konektor RF tidak seperti dan langsung bisa digunakan ketika mouse atau komputer dihidupkan.

3. DPI (Dots Per Inch)

Tips membeli mouse lain yang perlu anda perhatikan adalah spesifikasi DPI atau Dots Per Inch. Istilah ini digunakan untuk menentukan seberapa banyak kursor mouse bergerak ketika mouse secara fisik anda gerakkan. Sebagai contoh, misalnya anda memiliki layar monitor dengan resolusi 4K yang memiliki panjang sebesar 3.840 piksel. Jika anda memiliki mouse dengan 400 DPI, berarti anda perlu menggerakkan mouse anda sepanjang 10 inch agar bisa menggerakkan kursor dari pojok kiri ke kanan atau sebaliknya di monitor anda.

Jika anda berpikir semakin besar DPI yang mouse anda miliki semakin bagus, hal tersebut tidaklah seperti itu. DPI besar tidak menjamin bahwa penggunaan mouse lebih baik. Berikut beberapa fakta mengenai DPI ini.

  • Bagi pengguna komputer biasa seperti penggunaan di kantor atau sejenisnya, anda tidak perlu memperhatikan spesifikasi DPI di mouse.
  • Mouse dengan DPI tinggi sangat berguna jika anda menggunakan monitor dengan resolusi tinggi atau anda menggunakan 2 atau lebih monitor. Semakin tinggi DPI, kursor bisa bergerak lebih cepat.
  • Banyak mouse yang bisa diatur seberapa besar DPI-nya. Jika anda bermain game, DPI besar berfungsi agar anda bisa melakukan reaksi lebih cepat terhadap sesuatu. Namun jika anda atur untuk menggunakan DPI rendah, tingkat akurasi menjadi lebih bagus. DPI rendah sangat bermanfaat jika anda bermain game seperti Sniper dimana gerakan mouse dengan DPI rendah akan meningkatkan akurasi dalam menembak musuh.
  • DPI juga berpengaruh jika anda sering menggunakan aplikasi multimedia seperti Photoshop. DPI rendah membuat anda bisa lebih presisi dalam mengubah foto.
  • DPI berbeda dengan pengaturan Mouse Sensitivity yang biasa terdapat di aplikasi pengaturan mouse. Tingkat akurasi lebih tinggi jika anda merendahkan DPI. Sedangkan jika anda merendahkan mouse sensitivity, efeknya hanyalah merendahkan kecepatan pergerakan kursor dan tingkat akurasinya tidak sebaik DPI yang rendah.

4. Optik atau Laser

Agar dapat mengenali gerakan, mouse menggunakan teknologi optik maupun laser. Sebenarnya 2 hal tersebut menggunakan teknologi yang sama. Mouse optik menggunakan lampu LED dan mouse akan melihat pantulannya untuk menentukan gerakan. Mouse laser seperti namanya menggunakan sinar laser untuk membaca gerakan.

Karena mouse optik mengandalkan pantulan cahaya LED, mouse ini biasanya tidak bisa digunakan di permukaan kaca. Sedangkan mouse laser bisa bekerja di hampir semua permukaan. Selain itu, mouse laser juga lebih sensitif sehingga banyak mouse laser bisa diatur seberapa besar DPI-nya.

Tentu dengan kelebihan mouse laser tersebut, harganya jadi lebih mahal. Jika dipilih sesuai penggunaan, pilih mouse optik jika anda jarang berpindah-pindah tempat bekerja. Jika anda sering berpindah tempat kerja, pilih mouse laser karena bisa menyesuaikan lebih banyak permukaan, termasuk kaca.

5. Mouse ergonomis

Mouse ergonomis adalah mouse yang di desain untuk menitik beratkan pada kenyamanan penggunaan secara natural. Mouse ergonomis ini di desain untuk mengikuti bagaimana posisi tangan secara natural. Salah satu mouse ergonomis yang terkenal adalah mouse Logitech MX Ergo.

Seperti video diatas, desain mouse ini sangat berbeda dari kebanyakan mouse. Mouse ini bisa diangkat hingga 20 derajat sesuai bentuk lekuk kepalan tangan anda. Ukurannya yang lebih besar, sehingga ketika anda menggenggamnya, terasa lebih pas.

Namun kebanyakan mouse ergonomis yang terjual memang di desain bagi anda yang menggunakan tangan kanan. Sangat jarang mouse ergonomis yang khusus dibuat untuk tangan kiri. Selain itu, harga mouse ergonomis tentu lebih mahal. Silahkan beli mouse ergonomis jika anda adalah orang yang sangat bergantung terhadap mouse atau anda menggunakan mouse dalam jangka waktu yang lama. Karena mouse standar jika digunakan lama, akan membuat tangan anda cepat lelah atau terkadang menyebabkan nyeri.

6. Polling Rate

Polling Rate adalah satuan untuk mengetahui seberapa banyak mouse memberikan laporan ke komputer terhadap lokasi mouse saat ini. Semakin besar polling rate, hal itu berdampak pada kehalusan pergerakan kursor dan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Satuan polling rate ini di hitung menggunakan Hz atau hertz.

Kebanyakan mouse menggunakan polling rate sebesar 500 Hz. Itu artinya, mouse melaporkan lokasinya saat ini ke komputer setiap 2 milidetik. Jika mouse anda memiliki polling rate sebesar 1.000 Hz, maka mouse tersebut melaporkannya setiap 1 milidetik.

Walau 500 ke 1.000 Hz terkesan sangat banyak, di dalam penggunaannya tidak akan berdampak sangat besar. 2 milidetik sendiri sudah sangat cepat dan tidak mungkin mouse anda terasa nge-lag. Kesimpulannya, bagi pengguna komputer biasa, anda tidak perlu memperhatikan polling rate ini. Ini berbeda jika anda adalah gamer, jangan sampai mouse anda memiliki polling rate kurang dari 500 Hz.

Bagaimana menurut anda artikel 6 Tips Membeli Mouse ini?

Saya yakin setelah anda membaca artikel tips membeli mouse ini, anda lebih hati-hati dalam membeli mouse. Apalagi perangkat ini nantinya terus anda gunakan, sehingga memilih mouse yang tepat sudah menjadi kewajiban. Lalu, tips mana yang paling bermanfaat bagi anda? Apakah anda memiliki tips lain selain yang ada di artikel ini? Silahkan berikan pengalaman anda di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.