Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows

Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows

Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows – Jika anda menggunakan modem untuk berinternet di komputer, pastinya anda selalu khawatir dengan penggunaan datanya. Anda tidak pernah tahu, bagaimana Windows menggunakan internet tersebut dan untuk apa. Untuk mengatasi semua itu, Windowsku akan membahasnya untuk anda.

Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows

Pada artikel Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows, Windowsku akan membahas cara apa saja yang dapat anda coba untuk menganalisa pengguna internet dan mencegah Windows menggunakan internet tersebut seenaknya. Jika anda ingin menghemat kuota di perangkat Android anda, anda bisa mengetahui caranya di artikel dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max

1. Menganalisa pemakaian internet

Membuka Resource Monitor Di Windows

Anda dapat menganalisa pemakaian internet dengan mudah berkat adanya Resource Monitor yang ada pada Windows. Resource Monitor ini berfungsi untuk menganalisa penggunaan resource di seluruh sistem Windows. Untuk membukanya, anda bisa memuka Task Manager dan klik “Open Resource Monitor”. Atau, anda bisa mengetik “resource monitor” di Start menu dan tekan enter.

Melihat Aplikasi Yang Menggunakan Internet Dengan Resource Monitor

Lalu, masuk ke tab “Network”. Disana anda bisa lihat, aplikasi apa saja yang menggunakan internet anda. Jika ada aplikasi yang tidak anda kenal, anda bisa mengecek aplikasi tersebut, atau anda bisa uninstall saja aplikasi tersebut.

2. Menggunakan Metered Connection

Jika anda menggunakan Windows 10, Microsoft menambah fitur “Metered Connection”. Fitur ini akan mematikan beberapa aplikasi atau proses agar tidak menggunakan koneksi internet. Biasanya yang akan dimatikan adalah Windows Update, sehingga Windows 10 anda tidak akan meng-update jika menggunakan Metered Connection.

Cara Membuka Network Settings Di Windows 10

Untuk menggunakan Metered Connection, klik saja icon Network anda di taskbar dan klik “Network settings”.

Cara Membuka Advanced Options

Kemudian, klik “Advanced options”.

Mengaktifkan Metered Connection

Langsung saja klik saja hingga menjadi “On”. Jika sudah, maka Windows akan mengatur penggunaan internet anda, sehingga Windows tidak sembarangan menggunakan koneksi internet.

3. Menggunakan Browser Opera

Browser Opera terkenal dengan teknologi kompresinya jika anda menggunakan Opera Mini di Android atau di iOS. Anda juga bisa melakukan hal tersebut di Windows dengan menggunakan Opera untuk Windows.

Cara Menggunakan Opera Turbo Di Windows

Jika anda mengakses menu Opera, anda akan menemukan pilihan “Opera Turbo”. Klik saja untuk menghidupkan Opera Turbo.

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda? Apakah anda memiliki tips lainnya? Anda bisa bagikan tips lainnya di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Untuk mempercepat Google Chrome anda, anda bisa melihat artikel dibawah ini.

Cara Mempercepat Google Chrome

Gambar: hopee Melalui FreeImage

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.