Lompat ke konten
BerandaDesktopWindowsWindows 7Tips Merapikan Desktop

Tips Merapikan Desktop

Desktop merupakan tempat yang paling pertama untuk kita lihat, kecuali di Windows 8. Karena di Windows 8, Start Screen yang muncul duluan. Untuk itu, kita perlu menata ulang tampilan desktop, agar tidak terlalu berantakan. Nah, Windowsku memiliki beberapa tips agar desktop kita nyaman untuk dilihat. Berikut tipsnya:

Bersihkan semua shortcut di desktop

Bagi kamu yang masih menaruh shortcut di desktop, sebaiknya kebiasaan itu dihilangkan mulai sekarang. Karena, membuat desktop menjadi berantakan. Di Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8, fitur search sangat berguna untuk menjalankan program, sehingga kita tidak perlu menggunakan shortcut di desktop.
Dengan fitur search, kita dapat dengan mudah menjalankan program. Jadinya, desktop kamu terlihat bersih dan tanpa halangan. Wallpaper juga akan terlihat penuh.
Jika kamu tidak ingin menghapus shortcut di desktop, kamu dapat menyembunyikan shortcut tersebut. Caranya adalah:
  • Klik kanan di desktop
  • Arahkan ke View > Show desktop icon.
Maka, shortcut akan disembunyikan secara otomatis.
Taruh Shortcut di Taskbar

Jika kamu sering sekali menggunakan aplikasi, kamu dapat menaruh aplikasi tersebut di Taskbar. Sehingga, kamu dapat menjalankan program tersebut dengan satu kali klik. Caranya adalah dengan klik kanan program yang diinginkan, lalu klik “Pin to taskbar”. Maka, Aplikasi tersebut berada di Taskbar.
Saya sarankan agar shortcut yang berada di Taskbar maksimal 4 saja, agar tidak terlihat terlalu ramai.
Menggunakan Aplikasi Mini Start di Sunrise Seven

Agar mempermudah akses ke aplikasi favorit kamu, gunakan fasilitas Mini Start menu di Sunrise Seven. Sudah saya dibahas sebelumnya di Windowsku. Silahkan klik artikel ini:
Menghilangkan Taskbar untuk sementara

Kamu dapat menghilangkan Taskbar secara sementara. Sehingga, kamu dapat leluasa melihat aplikasi yang berjalan. Caranya adalah:
  • Klik kanan di Taskbar dan klik Properties
  • Beri tanda centang pada “Auto-hide the taskbar” dan klik Ok.
Nah, itu dia tipsnya. Jika kamu punya tips lain, silahkan berkomentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version