WinDirStat: Software Untuk Mengetahui File Apa Saja Yang Mengambil Space Harddisk Terlalu Banyak

Harddisk anda sudah penuh? Tidak bisa lagi menambah data-data kembali? Tunggu dulu, jangan berpikiran untuk membeli harddisk baru lagi. Siapa tahu, kita dapat menemukan data-data yang memakan ruang harddisk besar dan sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana caranya? Windowsku menemukan sebuah aplikasi yang sangat membantu anda dalam mengerjakan hal tersebut, yaitu WinDirStat.
Download WinDirStat
 
WinDirStat adalah software Open Source, sehingga anda dapat menggunakannya gratis dan bebas. Unduh dulu WinDirStat dibawah ini:
Lakukan instalasi setelah anda selesai menginstall WinDirStat
Review WinDirStat
 
Pertama kali anda menjalankan WinDirStat, anda harus memilih drive mana yang akan dilakukan scanning atau pemindaian. Anda bisa memilih opsi untuk scanning seluruh drives, atau anda juga bisa memilih beberapa drives saja. Selain itu, anda juga bisa memilih hanya satu folder saja yang di scan. Itu semua tergantung dari anda.
Jika sudah, klik saja OK. WinDirStat akan melakukan scanning dengan segera. Pertama kali anda melakukan scanning, pasti anda terkejut karena pada bagian ‘Subtree Percentage’ akan ada karakter PacMan. PacMan disana berfungsi sebagai pengganti progress bar terhadap drive secara satu persatu. Cukup lucu dan unik saya pikir, sehingga anda tidak terlalu bosan menunggu WinDirStat melakukan scanning.
Selain itu, dalam proses scanning, WinDirStat akan memberikan informasi dasar tentang kapasitas harddisk anda. Pada status bar, WinDirStat akan memberitahukan progress bar terhadap seluruh drive, beserta penggunaan memori di RAM. Tunggulah hingga proses scanning berakhir. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari besar kapasitas harddisk anda dan banyaknya file.
Setelah proses scanning selesai, WinDirStat akan memberikan informasi secara lengkap, data-data apa saja yang menggunakan ruang harddisk anda.
Pada bagian Folder Tree, anda bisa melihat seluruh drives. Jika anda mengklik icon ‘plus’, maka akan terlihat folder-folder yang ada di drive tersebut. Beserta, informasi persentase penggunaan harddisk. Pada bagian kanan, akan ada file type atau jenis file apa saja yang memakan banyak sekali ruang harddisk. Pada gambar diatas, jenis file *.mkv yang paling banyak memakan ruang. Karena saya sangat suka mengumpulkan video anime. (hehehe)
Lalu, pada bagian yang banyak sekali warna, itu dinamakan chart atau diagram dari keseluruhan drive. Di diagram tersebut, berbagai macam warna diberikan, agar anda bisa membedakan jenis file yang memakan ruang harddisk.
Mulai mensortir file yang memakan ruang harddisk paling banyak
 
Perhatikan Folder Tree dibawah ini:
Jika anda klik folder ‘Videos’, maka secara otomatis, WinDirStat akan menyeleksi diagram folder videos. Sehingga, anda bisa melihat dan menyimpulkan, seberapa besar folder tersebut memakan ruang harddisk anda, pada tiap partisi. Selain itu, pada Subtree Percentage, anda bisa melihat bahwa folder ‘Videos’ memakan 49,4% ruang harddisk di partisi D: saya. Sehingga, saya akan mulai melihat file apa saja yang membuat harddisk saya penuh.
Jika anda klik icon ‘plus’ disamping folder ‘Videos’, maka subfoldernya akan muncul.
Subfolder yang memakan banyak data di folder ‘Videos’ akan muncul. Seperti anda lihat, folder ‘Film’ memakan banyak ruang data di folder ‘Videos’. Klik saja icon ‘plus’ disamping Film untuk mengetahuinya lebih lanjut.
Saat ini, anda akan melihat folder mana saja yang mengambil ruang harddisk. Dari sini, anda akan bisa mulai menyortir file apa saja yang bisa anda hapus, sehingga akan menambah ruang harddisk anda. Ketika anda menemukan file yang anda ingin hapus, klik kanan saja filenya dan klik
Kesimpulan
 
Software ini sangat membantu anda mencari file yang memakan ruang harddisk anda terlalu banyak, dan anda bisa menghapusnya. Sekian artikel dari Windowsku pada pagi hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui tips lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.