Windows Update: Seberapa Penting Sih Update Windows?

Windows Update merupakan sebuah fitur dari Windows yang memungkinkan Windows anda untuk melakukan update dengan sendirinya, tanpa campur tangan dari pengguna komputer sendiri. Jadinya, Windows Update akan terus berjalan dan mencari update terbaru dari Microsoft secara otomatis. Namun terkadang, banyak sekali pengguna Windows yang mematikan Windows Update secara sengaja. Padahal, update dari Windows sangatlah penting.
Update itu sangat penting lho?
 
Semua software yang anda install, seperti Microsoft Office, Firefox, Chrome, Opera, dan software lainnya tentu saja juga memiliki update. Karena, saat para programmer membuat software tersebut, pasti ada kekurangan yang terdapat pada software tersebut. Selain kekurangan, tentu saja software tersebut semakin rentan terhadap serangan hacker. Karena hacker setiap harinya mencoba cara baru agar dapat mengeksploitasi software yang diserang.
Nah, untuk itu update disini berfungsi sebagai “tambal” untuk software tersebut. Jika sebuah software diupdate, maka lubang keamanan atau error disebuah program akan dibetulkan, sehingga lebih aman dari serangan malware jahat.
Kapan Update untuk Windows hadir?
 
Jika anda sudah lama mengaktifkan Windows Update di komputer anda, pasti anda sudah tahu kapan saja Windows akan menginstall update secara otomatis, karena akan ada notifikasi ketika Windows telah menginstall update.
Microsoft memberikan update ke Windows sebulan sekali, pada hari Selasa di Minggu Kedua. Itu untuk waktu Amerika dan sekitarnya. Jika di Indonesia, update dari Microsoft akan hadir pada hari Rabu di Minggu Kedua tiap bulannya.
Terkadang, Microsoft merilis update dadakan untuk Windows. Jadinya, tidak pasti selalu di hari Rabu minggu kedua, update untuk Windows hadir. Jadinya, pastikan selalu mengaktifkan Windows Update agar Windows mengunduh update langsung.
Cara agar Windows Update aktif setiap saat
 
 
Klik Start (Buka Start Screen jika pengguna Windows 8) lalu ketik “Windows update” dan tekan enter.
Maka, jendela utama Windows Update akan terbuka. Pada panel sebelah kiri, klik saja “Change settings”.
Pastikan pada bagian “Important Updates”, anda memilih “Install updates automatically (recommended”. Nantinya, tiap hari Windows anda akan mengecek apakah ada update atau tidak. Anda juga bisa mengatur, kapan Windows melakukan pengecekan update.
Selain itu, ada berbagai pilihan lain juga yang dapat anda nikmati, yaitu:
  • “Give me recommended updates the same way I receive important updates” = Nantinya, semua update yang berlabel “Recomended” akan terinstall juga, sama seperti update yang “Important Update”. Pada bagian berikutnya, akan saya jelaskan tingkat-tingkat update di Windows.
  • “Allow all users to install updates on this computer” = Semua pengguna komputer anda akan bisa menginstall update jika terkoneksi dengan internet.
  • “Give me updates for Microsoft products and check for new optional Microsoft Software when I update Windows” = Jika anda menggunakan produk Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office atau Visual Studio, Windows juga akan menyediakan update juga untuk software tersebut.
  • “Show me detailed notifications when new Microsoft software is available” = Ketika Microsoft memiliki software baru, Windows akan memberikan notifikasi yang lengkap tentang software baru tersebut.
Jika sudah, klik saja OK. Maka, Windows secara otomatis akan mengunduh update untuk anda.
Melihat update
 
Untuk melihat update, klik saja link di bagian “Updates are available for your computer”.
Akan ada 2 bagian update yang perlu anda perhatikan, yaitu:
  • Important, bagian ini merupakan daftar update yang sangat penting untuk anda install. Jadinya, pastikan anda menginstall update ini sesegera mungkin.
  • Optional, bagian ini merupakan daftar update yang tidak terlalu penting dan anda boleh saja tidak menginstall update. Biasanya, pada bagian optional diberikan rekomendasi software baru untuk Windows anda.
Melihat update yang baru saja diunduh
 
Anda juga dapat melihat update apa saja yang baru diunduh melalui Windows Update History. Caranya adalah klik saja “View update history” pada menu utama Windows Updates. Seperti pada gambar dibawah ini:
Melihat update yang sudah terinstall
 
Untuk dapat melihat update yang sudah terinstall, klik saja “Installed updates” pada layar utama Windows Update di pojok kiri bawah:
Disana, anda juga dapat melakukan uninstall terhadap update. Jadinya, anda dapat menghapus secara permanen, update yang sudah terinstall di Windows. Namun, saya tidak menyarankan anda untuk melakukan hal itu.
Kesimpulan
 
Windows memberikan opsi mudah untuk anda, agar Windows anda tetap baru dan terjaga keamanannya. Selain itu, beberapa update juga dapat meningkatkan performa Windows agar lebih efisien dalam menggunakan resource komputer. Jadinya, jangan sampai anda mematikan Windows Update. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.