[Windowsku Explain] Benarkah Mengupgrade RAM Dapat Meningkatkan Kecepatan Komputer?

Selamat pagi sahabat Windowsku. Kali ini, saya ingin membahas tentang salah satu komponen di komputer, yaitu RAM. RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara terhadap process (proses) yang ada di komputer. Misalnya, saat anda membuka Microsoft Word. Proses yang bernama WINWORD.exe akan tersimpan dalam RAM. Begitu juga dengan program lainnya.
Pengenalan Proses RAM
 
Supaya anda memahami lebih jauh mengenai cara kerja RAM, saya akan menjelaskan sesimpel mungkin. Kita semua tahu, bahwa semua file dan folder tersimpan di dalam harddisk anda. Seperti musik, video, gambar, program, dan lain sebagainya. Mungkin, muncul pertanyaan dari benak anda. Kenapa program yang dijalankan harus memindahkan prosesnya ke RAM? Kenapa tidak langsung di harddisk saja?
Ini semua dilakukan karena kecepatan membaca dan menulis di harddisk sangatlah lambat jika dibandingkan dengan RAM. Sebagai contoh, jika anda menjalankan Microsoft Word, file WINWORD.exe akan dipindahkan kedalam RAM. Kemudian, aplikasi Word akan berjalan seperti biasa. Akses melalui RAM lebih cepat daripada harddisk, sehingga tentu saja RAM sangat dibutuhkan oleh komputer.
Setelah anda mengerti bagaimana cara kerja RAM, saatnya kita ke bahasan utama. Apakah benar dengan mengupgrade RAM menjadi lebih tinggi, kinerja komputer dapat meningkat. Berikut ulasannya.
Jawabannya: Ya dan Tidak
 
YA
Memang, RAM dapat meningkatkan kinerja komputer, namun dalam situasi dimana anda sering sekali membuka program sekaligus. Misalnya anda menjalankan photoshop, coreldraw, Microsoft Word, Premiere, dan lain-lain secara sekaligus. Jika anda mengupgrade RAM dari 2 GB ke 8 GB misalnya, hal ini sangat membantu.
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, setiap program memiliki prosesnya masing-masing. Tiap proses memiliki beban ke RAM, berapa KB atau berapa MB yang akan digunakan pada RAM. Pada gambar Task Manager di atas, WINWORD.exe memakan 58.000 KB (58 MB) di RAM. Jika dihitung keseluruhan program yang berjalan, maka hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Menjalankan beberapa atau banyak program di satu komputer itu dinamakan Multitasking. Setiap anda membuka program, semua proses akan berjalan di RAM. Dan begitu seterusnya. Jika program yang anda jalankan semakin banyak, kinerja komputer akan melambat, karena RAM harus mengatur penggunaan memori.
Apa yang terjadi jika kita terus memaksakan membuka program padahal RAM sudah penuh? Di Windows, ia memiliki fitur Windows Page File atau istilahnya caching. Windows Page File adalah tempat penyimpan sementara bagi proses yang tidak digunakan lagi, namun masih berjalan di komputer. Proses tersebut akan dipindahkan dari RAM menuju harddisk. Sehingga, program tersebut masih dapat dijalankan dan ruang memori RAM dapat diperkecil dan dapat menerima program lainnya.
Kerugian yang dialami tentu saja, saat membuka program tersebut, prosesnya akan memakan waktu cukup lama, karena harus mengambil prosesnya terlebih dahulu di harddisk. Proses ini terus berlanjut, hingga anda menutup program tersebut, untuk membebaskan ruang memori di RAM.
Kesimpulannya, mengupgrade RAM dapat meningkatkan kinerja komputer, jika anda adalah seorang Multitasker atau orang yang sering membuka program yang banyak sekaligus.
TIDAK
Jawaban bisa berarti tidak, jika anda bukanlah seorang Multitasker. Jika anda menggunakan komputer hanya untuk menjalankan aplikasi yang dikit saja, mengupgrade RAM tentu saja tidak disarankan, karena hasilnya akan sama saja.
Kesimpulannya, jangan mengupgrade RAM jika anda tidak sering membuka program yang berat atau hanya membuka program sedikit saja. Sesuaikan dengan aktivitas berkomputer anda.
Bagaimana Dengan Game? Apakah performa Game akan meningkat jika kita mengupgrade RAM?
 
Jawabannya tergantung juga. Untuk melihat apakah kita perlu mengupgrade RAM atau tidak, anda dapat menjalankan Game tersebut dan melihat prosesnya di Task Manager, seperti pada gambar dibawah ini:
Pada tes kali ini, saya mencoba menjalankan game Resident Evil 5 di komputer saya yang memiliki RAM 2 GB. Saat saya memainkan game ini, proses yang berjalan memakan ruang RAM sebanyak 349.000 KB (Sekitar 349 MB). Dengan RAM saya yang 2 GB, tentu saja itu sudah sangat mencukupi untuk memainkan game Resident Evil 5 ini.
Sehingga, anda sebenarnya tidak perlu mengupgrade RAM jika game tersebut hanya memakan ruang RAM sebanyak 349 MB. Hasilnya akan sama saja nantinya. Anda dapat mengupgrade RAM, jika proses dari game tersebut melebihi dari 1 GB atau lebih. Itu semua tergantung dari game yang anda mainkan.
Kesimpulan
 
Sebenarnya, mengupgrade RAM tidaklah terlalu perlu. Tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas saat menggunakan komputer. Jika anda adalah seorang yang sering Multitasking, mengupgrade RAM tentu saja menjadi solusi. Jika tidak, anda tidak perlu menghabiskan uang anda untuk membeli RAM baru. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.