BerandaMobileWindows 10 MobileYuk Mengenal 7 Edisi Windows 10

Yuk Mengenal 7 Edisi Windows 10

Perangkat Windows 10

Microsoft meluncurkan Windows 10 dengan beberapa edisi. Setiap edisi tersebut memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda pula dan untuk target pasar yang berbeda. Sebelum anda menggunakan Windows 10, sebaiknya anda mengenail semua edisi yang dikeluarkan oleh Microsoft. Disini, kami akan menjelaskan semua edisi dari Windows 10. Yuk mengenal 7 edisi Windows 10.

Distribusi Penjualan Windows 10

Ada 3 cara agar anda bisa mendapatkan Windows 10. Sebelum kami menjelaskan edisi Windows 10, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu cara Microsoft mendistribusikan penjualan Windows 10.

1. OEM (Original Equipment Manufactures)

Cara penjualan pertama yang dilakukan oleh Microsoft adalah dengan OEM. Istilah ini sering digunakan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan Windows dengan cara langsung membeli laptop. Kesimpulannya, jika anda membeli laptop lalu sudah dipasang Windows, maka itulah yang dinamakan OEM. Microsoft akan memberikan salinan ke seluruh perusahaan komputer, kemudian perusahaan komputer seperti Acer, Asus, dan lain sebagainya akan memasukkan Windows 10 kedalam komputer yang mereka jual.

Windows dengan OEM

Windows dengan OEM

Cara ini merupakan cara tercepat dan termurah jika anda ingin menggunakan Windows 10, karena biasanya jika dihitung secara seksama, cara ini lebih hemat dibandingkan anda harus membeli Windows 10 saja.

Kerugian jika anda mendapatkan Windows 10 dari metode ini adalah biasanya perusahaan komputer yang menambahkan perangkat lunak pihak ketiga tanpa sepengatahuan kita, walaupun tidak semua perusahaan komputer melakukan hal tersebut. Akibatnya, bisa jadi performa komputer menjadi lambat karena aplikasi tambahan tersebut. Bahkan, seperti kasus Lenovo beberapa bulan yang lalu karena telah memasukkan software Adware yang menganggu pengguna laptop Lenovo.

Pastikan sebelum anda membeli komputer dengan Windows 10, periksa apakah ada software tambahan yang dimasukkan. Sebenarnya, tidak mengapa ada software tambahan yang dimasukkan. Anda bisa kapan saja menghapus software tersebut.

2. Upgrade

Cara kedua yang bisa anda gunakan agar anda dapat merasakan Windows 10 adalah dengan cara upgrade. Microsoft menawarkan Windows 10 secara gratis bagi anda pengguna Windows 7 atau 8 original. Anda akan mendapatkan notifikasi upgrade dan mulai saat ini anda bisa mengupgradenya langsung menjadi Windows 10.

 

Bagi anda pengguna Windows XP dan Vista, anda tidak bisa melakukan upgrade gratis ini. Alhasil, anda harus membeli lisensi penuh untuk Windows 10.

Sebelum anda mengupgrade komputer anda ke Windows 10, ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu apakah komputer anda dapat upgrade ke Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah ini.

3. Full Retail

Cara terakhir adalah dengan membeli lisensi penuh (Full Retail) dari Windows 10. Harganya tentu lebih mahal daripada 2 opsi yang baru saja disebutkan. Namun, berpikirlah sebagai investasi untuk upgrade di masa depan. Sebagai contoh, pada tahun 2018 mendatang, Microsoft meluncurkan sistem operasi baru lagi, anda bisa mengupgradenya dengan harga diskon karena sebelumnya anda sudah membeli Windows 10.

Upgrade ke Windows 10

Upgrade ke Windows 10

Ya, harga upgrade lebih murah daripada Full Retail. Jika anda membeli Windows 10 lisensi penuh saat ini, anda pastinya bisa mendapatkan versi selanjutnya dari Windows melalui upgrade dengan harga murah.

7 Edisi Windows 10

Akhirnya, kita sampai mengenai pembahasan edisi Windows 10. Penjelasannya akan dibagi berdasarkan siapa yang akan memakainya. Berikut penjelasannya.

Untuk pengguna biasa

Pengguna biasa disini maksudnya adalah pengguna komputer rumah yang tidak terkait dengan institusi apapun. Jika anda menggunakan Windows 10 di rumah, maka edisi-edisi ini sangat tepat untuk anda. Berikut edisi-edisinya.

1. Windows 10 Home

Edisi ini adalah edisi paling standar untuk Windows 10. Windows 10 Home memiliki semua fitur yang dimiliki oleh Windows 7 Home Basic dan Home Premium, serta Windows 8.1. Jadinya, bagi anda yang memiliki Windows 7 Home Basic dan Home Premium serta Windows 8.1, edisi Windows 10 yang akan anda dapatkan adalah Windows 10 Home.

2. Windows 10 Pro

Edisi ini merupakan edisi paling lengkap untuk pengguna biasa. Selain semua fitur yang ditawarkan oleh Windows 10 Home, edisi Pro akan ditambahkan fitur seperti Hyper-V, remote desktop connection, dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut biasanya digunakan untuk bagi anda yang bekerja di perusahaan.

Untuk sekolah/kampus

Untuk pertama kalinya, Microsoft meluncurkan Windows 10 Education. Versi education ini seperti namanya lebih diperuntukkan untuk bagi anda yang masih sekolah atau yang sudah menjadi mahasiswa. Untuk mendapatkan Windows 10 Education, satu-satunya cara adalah dengan Volume Licensing, dimana anda akan membeli lisensinya untuk banyak komputer. Karena untuk banyak komputer, harganya pun jauh lebih murah daripada membeli satu lisensi seperti Full Retail.

Untuk perusahaan

Bagi perusahaan, mereka dapat menggunakan Windows 10 Enterprise. Ya, sebelumnya di Windows 7 dan Windows 8, Microsoft juga memperkenakanl edisi Enterprise, dan mereka pun dapat mengupgradenya ke Windows 10 Enterprise secara gratis.

Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise

Ada 2 edisi yang ditawarkan Microsoft untuk perusahaan.

1. Windows 10 Enterprise

Semua fitur yang diperuntukkan untuk perusahaan akan tersedia pada edisi ini. Pada edisi ini, perusahaan dapat membuat situs pribadi pada Windows Store. Kemudian, karyawan dapat memilih aplikasi yang tersedia pada situs tersebut dengan cara yang sangat mudah. Nantinya, karyawan tidak dapat sembarangan untuk memasang aplikasi di komputernya.

2. Windows 10 Mobile Enterprise

Seperti namanya, Windows 10 Mobile Enterprise diperuntukkan bagi perusahaan, namun dengan fleksibilitas. Karena Windows 10 Mobile Enterprise ini digunakan di smartphone atau tablet dibawah 7 inch. Semua fitur untuk perusahaan juga ada di edisi ini, serta keamanan yang lebih tinggi.

Untuk pengguna smartphone dan phablet

Bagi anda pengguna Windows Phone, jangan khawatir karena anda juga mendapatkan upgrade gratis dari Microsoft. Semua pengguna Lumia dari seri 400 hingga seri diatas 1000 seperti Lumia 1020 dan Lumia 1320, semuanya mendapatkan upgrade ke Windows 10 Mobile.

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile

Untuk ketersediaan upgrade ke Windows 10 Mobile, anda harus sabar menunggu, karena itu semua berdasarkan carrier yang anda pakai serta dari negara tempat anda tinggal. Namun, anda nantinya pasti mendapatkan upgrade ini.

Untuk perangkat Internet of Things

Perangkat IoT juga bisa mengguanakan Windows 10. Edisi yang digunakan adalah Windows 10 IoT Core. Perangkat-perangkat ini seperti mesin ATM, robot industri, dan perangkat lainnya. Edisi ini tidak perlu anda pikirkan, karena Windows 10 IoT Core tidak akan dapat anda lihat dimanapun anda berada. Anda bisa saja melihat Windows 10 IoT Core, jika anda mengunjungi ATM, namun ATM terjadi kesalahan dan memunculkan pesan error dan bertuliskan sistem operasi Windows 10 IoT Core, hehehe.

Kesimpulan

Sekarang, anda sudah bisa membandingkan seluruh edisi Windows 10 yang ada. Sebagai kesimpulannya, berikut daftar lengkap edisi Windows 10.

  1. Windows 10 Home
  2. Windows 10 Pro
  3. Windows 10 Mobile
  4. Windows 10 Mobile Enterprise
  5. Windows 10 Enterprise
  6. Windows 10 Education
  7. Windows 10 IoT Core

Edisi Windows 10 ini sangat berbeda dari Windows 7 ataupun Windows 8. Jadinya, anda harus mengenal semua edisinya dengan membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.