BerandaDesktopWindows7 Cara Memperbaiki Pencarian di Start Menu

7 Cara Memperbaiki Pencarian di Start Menu

Cara Memperbaiki Pencarian Start Menu Header

Pencarian yang ada di Start Menu sangatlah penting, karena anda bisa mencari file dengan cepat dan meluncurkan program apapun dengan mudah tanpa harus mencarinya. Jika pencarian di Start Menu tidak bekerja sebagaimana mestinya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki pencarian di Start Menu. Berikut caranya.

1. Uninstall Windows Update terakhir

Apakah pencarian Start Menu baru beberapa hari ini saja munculnya? Bisa saja karena ada update dari Windows yang menyebabkan masalah tersebut. Walau update sangat penting dan juga sebagai peningkatan keamanan sistem operasi secara keseluruhan, namun terkadang update menyebabkan error.

Seperti yang dilansir oleh Windows Latest, update Windows 10 KB4549951 menyebabkan error seperti koneksi Bluetooth dan Wi-Fi menjadi terganggu. Bahkan BSOD dapat terjadi.

Sehingga jika ada masalah terjadi setelah update terpasang, anda bisa melakukan uninstall update. Caranya adalah:

  1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings.
  2. Kemudian klik Update & Security > Windows Update.
  3. Selanjutnya View update history > Uninstall updates.

Setelah muncul seperti gambar diatas, anda bisa klik kanan pada update dan klik “Uninstall”. Setelah anda hapus update tersebut, silahkan coba menggunakan pencarian di Start Menu. Jika masih tidak bisa, lakukan uninstall update hingga berhasil.

2. Menggunakan Windows Troubleshooter

Langkah kedua ini dapat menemukan beberapa masalah umum yang menyebabkan pencarian tidak berjalan dan memperbaikinya secara otomatis. Untuk menggunakannya, ikuti cara dibawah ini.

  1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings.
  2. Klik Update & Security > Troubleshoot > Additional troubleshooters.
  3. Klik “Search and indexing” dan klik “Run the troubleshooter”.

Kemudian, pilih 2 opsi yaitu “Can’t start a search or see results.” dan juga “Files, folder, apps, or settings don’t appear in results”. Jika sudah, klik Next.

Jika anda diminta untuk dijalankan secara administrator, klik saja “Try these repairs as an administrator”.

Windows akan mencoba mencari masalah dan langsung memperbaikinya secara otomatis. Jika sudah selesai, maka tampilannya seperti gambar diatas. Silahkan coba kembali pencarian. Jika belum bisa, ikuti cara selanjutnya dibawah ini.

3. Menggunakan System File Checker (SFC)

System File Checker berfungsi untuk memperbaiki file penting di Windows yang rusak. Jika ada file penting yang rusak, bisa saja hal itu penyebab pencarian di Start tidak berjalan seperti biasa.

Untuk menggunakan SFC, yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Buka Command Prompt dengan cara buka Start dan arahkan ke folder Windows System.
  2. Klik kanan pada Command Prompt > More > Run as Administrator.
  3. Kemudian, silahkan ketik sfc /scannow dan tekan enter.

Tunggu hingga Windows selesai melakukan pemindaian terhadap sistem anda. Jika ditemukan kerusakan file, maka Windows akan memperbaikinya secara otomatis untuk anda.

4. Reset File Explorer (dulu bernama Windows Explorer)

File Explorer merupakan aplikasi untuk mengelola file yang ada di komputer. Aplikasi ini juga mempengaruhi kerja Start Menu dalam melakukan pencarian. Bisa jadi dengan cara melakukan reset, maka pencarian di Start Menu bisa diperbaiki.

  1. Buka Task Manager
  2. Klik Tab Processes
  3. Cari Windows Explorer, klik kanan dan klik “Restart”

Anda akan melihat bahwa taskbar menghilang sebentar dan muncul kembali. Silahkan coba lagi pencarian di Start anda. Jika masih tidak bisa, coba lagi cara dibawah ini.

5. Reset seluruh aplikasi Microsoft Store dasar

Windows sudah terpasang dengan berbagai aplikasi bawaan esensial. Dengan menggunakan cara ini, aplikasi tersebut akan di-reset ulang berikut juga Start menu yang anda miliki. Namun anda tak perlu khawatir dengan aplikasi lain yang anda install sendiri karena aplikasi tersebut tidak berpengaruh.

Untuk menggunakan cara ini, anda harus menggunakan Windows PowerShell yang dijalankan dengan Administrator. Caranya adalah buka Start > Windows PowerShell > klik kanan pada Windows PowerShell dan klik “Run as Administrator”. Kemudian, silahkan copy dan paste kode dibawah ini:

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Jika sudah, tekan tombol enter. Tunggu hingga seluruh proses telah selesai.

6. Menyalakan Windows Search Service secara otomatis

Masalah lain yang terjadi jika pencarian di Start tidak berjalan adalah Windows Search Service yang tidak berjalan. Agar bisa berjalan, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik “services.msc” dan tekan enter.
  2. Temukan “Windows Search”, klik kanan dan klik Start jika opsi tersebut tersedia.
  3. Agar layanan tersebut berjalan secara otomatis, klik “Properties”
  4. Pada bagian “Startup type:”, pilih “Automatic (Delayed Start)” seperti gambar dibawah dan klik OK.

Jika sudah selesai, coba Restart komputer anda dan coba kembali pencariannya.

7. Install ulang/Reset Windows

Cara paling terakhir ini mau tidak mau anda harus gunakan jika seluruh cara diatas masih gagal mengatasi masalah anda. Seperti judulnya, dengan melakukan Reset atau install ulang Windows, maka seluruh aplikasi yang terpasang akan dihapus. Namun, anda memiliki opsi untuk data-data pribadi anda tidak terhapus.

Untuk melakukannya, anda bisa klik artikel Cara Install Ulang Windows 10 Mudah, Cepat, Aman!.

Cara memperbaiki pencarian di Start Menu selesai!

Saya harap dengan anda mengikuti cara di artikel ini, permasalahan anda bisa teratasi. Saya pribadi adalah orang yang selalu menggunakan pencarian di Start Menu dan tanpa hal tersebut, maka produktivitas saya akan menurun drastis. Lalu, apakah anda memiliki cara lain? Yuk bagikan cara yang anda miliki, siapa tahu cara anda akan saya tambahkan di artikel ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *