BerandaDesktopWindows7 Cara “Run as Administrator” di Windows

7 Cara “Run as Administrator” di Windows

Cara Run As Administrator Windows Header

Keamanan sangatlah penting di sistem operasi manapun, termasuk Windows. Secara bawaan, Windows 10 jika menjalankan aplikasi, aplikasi tersebut berjalan tanpa hak akses admin, sehingga aplikasi tersebut tidak dapat berbuat seenaknya. Namun, ada kalanya kita harus menjalankan aplikasi tersebut dengan hak akses Administrator dengan cara menjalankan Run as Administrator.

Di artikel ini, saya mencoba memberikan banyak cara menggunakan “Run as Administrator”. Sehingga, anda bisa menjalankan aplikasi atau program sebagai administrator di berbagai kondisi.

1. Menggunakan tombol CTRL + SHIFT + Klik

Saya akan perkenalkan cara paling cepat terlebih dahulu yang bisa anda gunakan untuk penggunaan di hampir semua kondisi. Kita sudah tahu bahwa Start Menu bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi apa saja dengan cara mengetik nama aplikasinya. Namun dengan kombinasi tombol keyboard, anda bisa Run as Administrator dengan cepat dan mudah.

Jika anda menemukan shortcut aplikasi maupun anda menggunakan Start Menu, silahkan tekan tombol CTRL + SHIFT + Klik di shortcut-nya.

2. Menggunakan hasil pencarian Start Menu

Menurut saya, menjalankan aplikasi melalui pencarian Start Menu adalah cara yang paling cepat. Selain menjalankan aplikasi dengan mode normal, anda juga bisa menjalankannya secara admin dengan mudah.

Silahkan tekan tombol Start di keyboard dan mulai langsung ketik aplikasi yang ingin dijalankan. Pada panel bagian kanan, anda bisa klik “Run as Administrator” seperti gambar diatas.

3. Menggunakan Context Menu

Cara ini mungkin paling sering dipakai, namun saya taruh di nomor ini karena nomor sebelumnya lebih mudah menurut saya. Context Menu bisa diakses dengan cara mengklik kanan shortcut aplikasi. Setelah klik kanan, anda bisa klik “Run as Administrator” untuk menjalankannya dengan hak akses admin.

Jika anda klik kanan melalui shortcut yang ada di Start Menu, maka tampilannya agak sedikit berbeda. Klik kanan pada aplikasi kemudian arahkan ke More > Run as Administrator.

4. Melalui menu Ribbon di File Explorer

Jika aplikasinya anda temukan di File Explorer, maka akan ada menu baru di File Explorer “Application Tools” ketika anda klik aplikasinya. Kemudian, anda tinggal klik “Run as administrator”.

5. Melalui jendela Run

Run memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi, asalkan kita mengetahui apa nama file dari aplikasi tersebut. Untuk memulainya, silahkan ketik nama file executable-nya dan tekan tombol CTRL + Shift di keyboard dan klik OK.

6. Melalui New Task di Task Manager

Task Manager juga mampu menjalankan aplikasi baru. Silahkan buka Task Manager dengan cara tekan tombol CTRL + Shift + Esc di keyboard anda. Kemudian, klik menu File > Run new Task. Kemudian, ketik nama file executable dari aplikasi yang ingin anda jalankan dan beri tanda centang pada “Create this task with administrative privileges.”. Jika sudah, klik OK.

7. Mengatur agar aplikasi tertentu selalu dijalankan dengan level Admin

Anda juga bisa mengatur aplikasi tertentu agar dijalankan selalu sebagai Administrator. Caranya adalah buka File Explorer kemudian cari aplikasi yang ingin anda jalankan sebagai Admin. Kemudian, klik kanan pada file-nya dan klik “Properties”.

Kemudian, pada tab “Compatibility”, berikan centang pada “Run this program as an administrator” seperti gambar diatas. Jika sudah, klik OK.

Anda juga bisa melakukannya untuk shortcut yang ada di desktop. Silahkan klik kanan pada shortcut-nya dan klik “Properties”. Kemudian pada tab “Shortcut”, klik “Advanced…”. Selanjutnya, beri tanda centang pada “Run as administrator” seperti gambar diatas.

Ternyata ada banyak cara “Run as administrator” di Windows

Dengan menjalankan aplikasi secara Administrator, aplikasi tersebut mampu melakukan lebih banyak hal. Namun perlu diperhatikan jangan sampai semua aplikasi anda jalankan sebagai Admin. Hanya jalankan kepada aplikasi yang menurut anda aman. Lalu, apakah anda memiliki cara lain? Yuk bagikan cara anda disini, siapa tahu saya dapat menambahkannya di artikel!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *