BerandaDesktopWindows10 Trik & Tips Windows Taskbar Lengkap!

10 Trik & Tips Windows Taskbar Lengkap!

Trik Tips Windows Taskbar Header

Windows Taskbar merupakan tempat yang selalu anda gunakan setiap harinya setiap kali anda menggunakan komputer. Taskbar adalah sebuah strip baris yang biasa anda temukan di bawah layar anda yang mencakup aplikasi yang berjalan di depan maupun di background serta informasi tanggal dan jam. Yuk ketahui apa saja tips & trik Windows Taskbar untuk memaksimalkan produktivitas anda di artikel ini.

1. Pin Aplikasi di Taskbar

Hal paling dasar yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara pin aplikasi di Taskbar sehingga aplikasi tersebut selalu muncul di Taskbar. Dengan begitu, anda tidak perlu mencari aplikasi tersebut di Start Menu.

Caranya sangat mudah buka Start dan ketik nama aplikasi yang ingin anda pin ke Taskbar. Setelah hasil pencarian muncul, klik kanan pada icon-nya dan klik “Pin to taskbar”. Anda bisa melakukan hal ini ke aplikasi yang paling banyak anda pakai. Kalau saya pribadi aplikasi seperti Browser yang wajib untuk di-pin.

2. Pin file/web/dokumen favorit pada Jump List aplikasi di Taskbar

Ketika anda melakukan pin aplikasi di Taskbar, anda bisa klik kanan pada aplikasi tersebut untuk melihat apa saja file/web/dokumen yang sudah anda buka sebelumnya yang biasa disebut sebagai Jump List. Anda juga bisa melakukan pin agar file/web/dokumen tersebut tetap berada disana.

Jika anda ikuti caranya seperti gambar diatas, maka file/web/dokumen tersebut akan berada di paling atas dan tidak akan hilang. Lakukan hal ini terhadap file yang anda anggap sangat penting dan sering di akses.

3. Memindahkan posisi icon aplikasi di Taskbar

Setiap kali anda melakukan pin, posisinya akan diletakkan di bagian kanan dari icon aplikasi terakhir. Namun, anda bisa dengan mudah mengganti posisinya dengan cara klik tahan iconnya dan geser seperti animasi diatas.

4. Pengaturan dasar Taskbar

Pengaturan dasar Taskbar bisa anda akses dengan cara buka Start dan ketik “taskbar setting” dan tekan enter. Setelah terbuka, ada beberapa pengaturan yang bisa anda ubah.

a. Lock the taskbar

Opsi ini akan membuat Taskbar anda terkunci dan tidak bisa diubah ukurannya. Jika anda matikan, maka ukuran Taskbar bisa anda perlebar. Pastikan opsi ini hidup agar tidak terjadi kesalahan klik kedepannya.

b. Automatically hide the taskbar in desktop mode

Kita semua tahu bahwa sistem operasi Windows 10 sangat fleksibel karena bisa digunakan di berbagai jenis perangkat. Yang paling umum adalah komputer desktop dan laptop. Namun, banyak komputer saat ini memiliki layar sentuh dan bahkan laptop bisa berubah menjadi tablet.

Windows secara otomatis mendeteksi perangkat anda apakah komputer anda bisa berubah menjadi tablet atau tidak. Opsi “Automatically hide the taskbar in desktop mode” ini membuat Taskbar tersembunyi jika anda beralih dari mode tablet ke mode desktop.

c. Automatically hide the taskbar in tablet mode

Opsi ini sama seperti sebelumnya, hanya saja Taskbar akan disembunyikan jika komputer anda berubah menjadi mode tablet.

d. Use small taskbar buttons

Opsi ini membuat ukuran icon di Taskbar menjadi lebih kecil. Ukuran Taskbar pun akan ikut mengecil, sehingga sangat cocok Jika resolusi atau ukuran layar anda kecil agar konten lainnya terlihat lebih lebar.

e. Use peek to preview the desktop when you move your mouse to the Show desktop button at the end of the taskbar

Opsi ini dapat membuat seluruh aplikasi yang ada di desktop disembunyikan secara sementara ketika kursor mouse anda pindahkan ke ujung kanan Taskbar anda. Ketika kursor mouse anda berpindah lagi, maka tampilannya akan kembali seperti semula.

5. Mengubah posisi Taskbar

Ternyata posisi Taskbar bisa anda ubah lho! Biasanya, kita melihat taskbar dibagian bawah layar anda. Namun, posisinya bisa anda ubah baik di kiri, kanan, maupun di atas. Caranya adalah buka Start dan ketik “taskbar location” dan tekan enter. Kemudian, silahkan anda pilih posisinya. Sebagai contoh, saya mengubahnya menjadi kiri.

Saya pribadi lagi ingin mencoba mengubah posisinya menjadi di kiri. Karena menurut saya ukuran layar cenderung melebar daripada memanjang, sehingga jika Taskbar di kiri, bisa memaksimalkan konten yang bisa terlihat di layar.

6. Mengubah warna Taskbar

Warna Taskbar tentu juga bisa anda ubah. Caranya adalah tekan tombol Windows + i untuk membuka Settings dan arahkan ke Personalization > Color. Pada awalnya, anda diminta untuk memilih 2 mode warna yaitu Light yang artinya berwarna putih dan Dark yang artinya berwarna hitam. Jika tidak ingin warna tersebut, pilih opsi Custom. Kemudian pada “Choose your default Windows mode”, pilih opsi “Dark”.

Kemudian, beri tanda centang pada “Start, taskbar, and action center” dan silahkan pilih warna yang anda inginkan.

7. Memunculkan/menghilangkan kotak pencarian di Taskbar

Menurut saya, kotak pencarian di Taskbar sangat menghabiskan ruang. Apalagi, anda bisa langsung mencari semua aplikasi dan file di komputer dengan tombol Start di keyboard, sehingga kotak pencarian ini sekali lagi tidak berguna.

Untuk menghilangkannya, anda bisa klik kanan pada ruang kosong di Taskbar dan arahkan ke “Search > Hidden” seperti gambar diatas. Jika suatu alasan anda ingin memunculkannya, anda bisa pilih opsi “Show search icon” untuk memunculkannya sebagai icon atau “Show search box” untuk memunculkannya sebagai kotak pencarian seperti semula.

8. Mengatur System Tray Options

System Tray di Taskbar

Istilah System Tray ini biasa dipakai untuk menunjukkan seluruh aplikasi yang ada di bagian kanan Taskbar. Biasanya aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan tidak aktif, kecuali anda klik icon aplikasinya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk system tray ini.

Seperti icon aplikasi lainnya di bagian kiri, anda juga bisa menggeser icon di system tray sesuka hati anda dengan cara klik klik tahan dan geser ke kiri maupun ke kanan.

Selain itu, anda juga bisa mengatur icon apa saja yang muncul di system tray. Caranya adalah buka Start dan ketik “select which icon” dan tekan enter.

Kemudian, klik pada tombol on/off pada aplikasi yang ingin ditampilkan di Taskbar pada system tray. Jika berkenan, anda bisa menampilkan semua dengan cara klik tombol on/off pada “Always show all icons in the notification area”. Trik & Tips Windows Taskbar yang satu ini bisa menghemat ruang di Taskbar sehingga anda bisa menggunakannya untuk hal lain.

9. Memunculkan label aplikasi di Taskbar

Masih ingatkah anda dengan Windows XP? Taskbar yang ada di Windows XP selalu memunculkan nama aplikasi. Selain itu jika anda membuka 2 dokumen di Microsoft Word, icon aplikasinya tetap ada 2, bukan digabungkan seperti Windows 10.

Untuk mengembalikan gaya Taskbar seperti Windows XP, anda bisa mengubah opsi “Combine taskbar buttons” menjadi “When taskbar is full” seperti gambar diatas. Maka anda bisa melihat label aplikasi terlihat pada taskbar seperti gambar diatas.

10. Menambahkan folder favorit di Taskbar

Taskbar juga bisa anda gunakan untuk menampung folder yang bisa anda akses langsung. Dengan begitu, anda tidak perlu membuka File Explorer untuk mengakses folder tersebut.

Cara menambahkan folder ke Taskbar adalah klik kanan pada ruang kosong di Taskbar, arahkan ke “Toolbars > New toolbar…”. Kemudian, silahkan pilih foldernya.

Maka, folder tersebut sekarang bisa anda akses seperti gambar diatas. Kalau saya pribadi menggunakannya untuk menampung hasil screenshot dari komputer, sehingga saya bisa klik dan geser ke browser agar gambar tersebut bisa langsung di unggah sebagai artikel situs saya ini.

Selesai sudah 10 Trik & Tips Windows Taskbar

Saya berharap dengan anda membaca artikel ini, anda bisa menggunakan Taskbar secara penuh sehingga dapat meningkatkan produktivitas anda dalam bekerja. Lalu, apakah anda memiliki tips lain untuk mengubah Taskbar di Windows? Yuk bagikan tips anda di kotak komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *