BerandaWebJejaring SosialCara Mengecek Apakah Akun Facebook Diakses Orang Lain

Cara Mengecek Apakah Akun Facebook Diakses Orang Lain

Cara Mengecek Akun Facebook Diakses Orang Lain Header

Situs jejaring Facebook dan situs jejaring sosial lainnya memiliki banyak sekali informasi tentang anda. Setiap foto yang anda upload, setiap pos yang anda sukai dan berbagai data lainnya tentu sangat penting. Artikel ini mencoba membahas bagaimana cara mengecek apakah akun Facebook anda pernah diakses orang lain atau tidak.

Kenapa anda harus peduli dengan data anda di jejaring sosial? Karena data anda bisa di salah gunakan jika informasi login akun anda diketahui oleh orang lain. Untuk itu, artikel ini sangat penting anda baca agar anda bisa mengetahui siapa yang pernah mengakses akun anda.

Cara mengecek siapa yang mengakses akun Facebook

Disini, kita akan menggunakan Facebook di Web untuk mengeceknya. Caranya adalah klik menu pada pojok kanan atas layar anda dan klik “Pengaturan & Privasi” kemudian klik “Pengaturan” seperti gambar diatas.

Selanjutnya, klik menu “Keamanan dan Info Login” pada menu di kiri. Maka, anda bisa melihat kapan saja akun anda diakses pada bagian “Tempat Anda Login”.

Menghapus perangkat atau login tidak dikenal

Jika anda menemukan perangkat atau login tidak dikenal, anda bisa menghapus perangkat tersebut sehingga perangkat tersebut tidak bisa masuk ke akun anda. Caranya adalah klik saja icon titik tiga pada perangkat yang ingin dihapus, kemudian klik “Keluar” seperti gambar diatas. Maka perangkat tersebut tidak bisa lagi mengakses akun anda.

Bagaimana agar akun anda tidak bisa lagi diakses oleh sembarang orang?

Solusinya adalah mengganti password. Jika anda menggunakan email dan password yang sama di akun lain, hal ini akan berdampak buruk. Ketika akun lain anda di retas, maka orang jahat dapat menggunakan akun tersebut di layanan lainnya, seperti Facebook ini. Solusinya adalah tentu mengganti password yang tidak pernah anda gunakan sebelumnya.

Saya disini menyarankan anda untuk menggunakan Password Manager. Dengan Password Manager, password dapat dibuat secara otomatis dengan tingkat kesulitan yang dapat diatur. Anda hanya perlu mengingat satu password saja untuk semua akun, sehingga lebih aman. Salah satu Password Manager yang saya sarankan adalah Bitwarden.

Untuk mengganti password Facebook, klik Keamanan dan Info Login (1) > Login (2) > Ubah kata sandi (3) > Edit (4) seperti gambar diatas. Lalu, isikan password baru anda dan pastikan password tersebut sulit untuk ditebak dan terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan simbol jika dirasa perlu.

Cara mengecek apakah akun Facebook diakses ternyata sangat mudah!

Keamanan akun Facebook sangatlah penting agar akun anda tidak di salah gunakan oleh orang lain. Dengan menerapkan tips yang ada di artikel ini, akun anda pastinya tidak bisa lagi diakses oleh orang lain. Lalu, apakah masih ada yang harus dijelaskan lagi? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *