Sharing: Masa Depan Dengan Metode Cloud Computing Bagian 1

Bagi para pembaca mungkin asing mendengar kata Cloud Computing. Menurut Wikipedia, Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi‘) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Penjelasan umumnya, cloud computing adalah sebuah metode untuk memindahkan data – data harddisk ke internet (Cloud). Hahhh, data – data harddisk dipindahkan ke internet???

Bagi yang sering berkecimpung didunia internet, tidak luput dengan yang namanya upload data. Misalnya, kamu upload file musik kamu ke Mediafire.com, nah itu dia yang namanya Cloud Computing. Di masa depan, diharapkan penggunaan harddisk berkurang, karena data – data di harddisk akan berterbangan di awan (Internet). Apa tujuan dari Cloud Computing itu? Penjelasannya bisa kamu lihat dibawah:

  1. Harddisk dalam operasionalnya tentu saja menggunakan listrik. Jikalau metode Cloud Computing diterapkan, maka harddisk akan ditinggalkan, dan tentu saja penggunaan listrik juga berkurang. Jadi pembangkit listrik seperti PLN bisa menghemat biaya, dan dampak kepada bumi kita tercinta ini terhadap pemanasan global akan terkurangi. WOW,,,, keren, Bayangkan jika 50% pengguna komputer didunia (TOTAL LEBIH DARI 1 MILIYAR PENGGUNA KOMPUTER) tidak pake harddisk lagi, hemat banyak tuh
  2. Harddisk tentu saja dibeli pake uang (yaiyalah, hehehe), tapi Cloud Computing tidak pake bayar. Karena data – data terjaga dalam dunia internet. Lihat saja mediafire.com, upload file disana gratis dan kapasitasnya unlimited alias tidak terbatas.
  3. Semua data – data tersebut nantinya dapat diakses langsung. Misalnya, jika kamu ingin menginstall sebuah aplikasi, yang perlu kamu lakukan adalah mencari softwarenya di google, lalu jika ketemu, tinggal dobel klik deh filenya. Dengan kata lain, kamu tidak perlu mendownload, penginstalan langsung berjalan dalam internet. Tentu saja, data – data hasil instalasi dari software tersebut bukan terinstall di harddisk, melainkan di internet juga  (waah, metode gila nih)
  4. Semua software akan berjalan melalui internet. Misalnya, jika kamu ingin membuka Microsoft Word, dalam metode Cloud Computing, maka kamu harus mengakses www.microsoft.com untuk membuka Microsoft Word. HEBAT TENAN EUY
  5. Kamu gak akan lelah mengupdate software kamu nanti jika ada Cloud Computing, soalnya semua software kamu kan ada diinternet, jadinya semua software kamu secara otomatis diupdate.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang cloud computing. Yang punya komentar, silahkan tulis aja

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Sharing: Masa Depan Dengan Metode Cloud Computing Bagian 1”