5 Hal Umum Yang Bisa Dilakukan Dengan Command Prompt


Command Prompt merupakan fitur yang memungkinkan anda untuk memberi perintah tertentu dengan kode. Fitur ini sudah ada bahkan di era tahun 90-an dan masih digunakan hingga hari ini. Walaupun sekarang orang-orang biasanya lebih menggunakan tampilan untuk melakukan sesuatu, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan cepat jika anda menggunakan Command Prompt.

5 Hal Umum Yang Bisa Dilakukan Dengan Command Prompt

Di artikel ini, anda akan mempelajari apa saja hal umum yang biasanya anda lakukan juga dapat dilakukan dengan Command Prompt. Bahkan dengan cara ini, anda dapat menghemat lebih banyak waktu, dikarenakan aksesnya yang lebih cepat.

Jika anda bertanya, kenapa kita harus menggunakan Command Prompt jika Windows sudah memberikan GUI untuk hal tersebut? Jawabannya adalah bisa saja Windows anda sedang error dan akses untuk tampilan tidak bisa dilakukan, maka cara ini akan sangat membantu anda. Total ada 10 cara untuk membuka Command Prompt di Windows, silahkan anda pilih salah satu yang mana yang paling cepat. Berikut 5 hal umum yang bisa dilakukan dengan Command Prompt.

1. Menjalankan Program Apa Saja

Daripada anda mencari program di Start Menu, lebih baik anda menggunakan Command Prompt untuk membuka program yang anda inginkan.

Tips ini sebenarnya sudah dibuat di Windowsku. Silahkan klik artikel dibawah ini untuk mengetahui caranya.

Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt

2. Defragment Hard Drives

File System modern seperti NTFS sebenarnya tidak perlu harus sering-sering melakukan defragmentasi. Tidak seperti file system FAT32 yang harus dilakukan secara berkala, NTFS bisa mengatur file dengan sendirinya. Jika anda memiliki SSD, anda tidak perlu melakukan tips ini dan sangat tidak dianjurkan.

BACA JUGA:  (Quick Tip) Cara Agar Scroll Di Firefox Lebih Halus

Walaupun anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketika untuk melakukan defragmentasi, dengan perintah ini, anda tidak perlu memasangnya. Cukup ketik perintah dibawah ini:

defrag [drive:]

Dengan perintah diatas, Windows akan melakukan defragmentasi. Perintah “drive:” perlu anda ganti ke label partisi yang anda gunakan. Contoh, jika anda ingin melakukan defragmentasi di partisi C, maka ketikkan perintah dibawah ini:

defrag C:

Anda bisa menambah parameter lain seperti “/U” untuk melihat progress dari defragmentasinya.

3. Mengubah nama partisi

Mengubah nama partisi tentu bisa anda lakukan dengan File Explorer. Namun siapa sangka kalau Command Prompt juga bisa melakukan hal tersebut. Berikut perintahnya:

label [drive:] [nama]

Contoh, jika anda ingin mengubah nama partisi C, maka ketikkan perintah dibawah ini:

label C: Windowsku

4. Memeriksa kesehatan Hard Drive

Windows memiliki sebuah fitur bernama Check Disk, dimana fitur ini akan mengecek kesehatan hard drive anda, seperti mengetes apakah ada data yang corrupt atau kerusakan fisik. Untuk melakukannya sangatlah mudah di Command Prompt sama seperti cara sebelumnya. Ketikkan perintah dibawah ini:

chkdsk [drive:]

Parameter yang bisa anda gunakan adalah parameter fix, dimana parameter tersebut akan mencoba memperbaiki hard drive anda. Dan paramter recover yang akan mencoba mengembalikan data jika ada data yang rusak. Contohnya adalah sebagai berikut:

chkdsk C: /F /R

5. Mengetes koneksi internet dengan perintah PING

Sering sekali kita terhubung dengan jaringan internet, namun ternyata ketika membuka browser, halaman yang kita tuju tidak bisa. Dan anehnya, dengan memakai browser lain, website tersebut bisa diakses.

Hal tersebut merupakan hanya salah satu studi kasus dalam berinternet. Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mengetes apakah komputer anda sebenarnya sudah terhubung dengan internet atau tidak.

BACA JUGA:  FixWin: Memperbaiki Puluhan Masalah di Windows

Silahkan ketikkan perintah dibawah ini:

ping [alamat situs]

Alamat situs bisa anda isi apa saja, contohnya adalah sebagai berikut:

ping windowsku.com

Perintah Ping Di Command Prompt

Kesimpulan

Nah, trik-trik ini bisa anda gunakan kapan saja, sehingga akan sangat membantu anda dalam melakukan hal-hal umum. Sekian artikel 5 Hal Umum Yang Bisa Dilakukan Dengan Command Prompt, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku ataupun berlanganan lewat email.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *