Lompat ke konten
BerandaPenjelasan TeknologiIntel Pentium Gold vs. Pentium Silver vs. Celeron vs. Atom: Apa Perbedaannya?

Intel Pentium Gold vs. Pentium Silver vs. Celeron vs. Atom: Apa Perbedaannya?

Intel Pentium Gold Vs Pentium Silver Vs Celeron Vs Atom Perbedaan Header

Intel di tahun 1992 hingga 2000-an memiliki jenis prosesor bernama Pentium yang mengguncang dunia karena performanya yang sangat mumpuni. Namun hal itu tidak berlaku lagi saat ini semenjak adanya prosesor jenis Intel Core. Anda juga mungkin mengenal jenis lain seperti Celeron dan Atom. Lalu apa perbedannya? Yuk kita bahas Intel Pentium Gold vs. Pentium Silver vs. Celeron vs. Atom di artikel ini.

Pentium Gold: Efisiensi dan Multithread dengan harga murah

Saat ini, Intel Pentium di posisikan sebagai prosesor budget atau prosesor dengan harga terjangkau. Dan Intel pun membaginya lagi menjadi 2 varian yaitu Pentium Gold dan Pentium Silver. Untuk Pentium Gold ini, fitur utama yang ditawarkan adalah prosesor dengan fitur multithread. Multithread adalah teknologi prosesor yang memungkinkan satu core prosesor memiliki 2 thread untuk mengerjakan 2 komputasi secara bersamaan. Untuk branding multithread dari Intel dinamakan Hyper-Threading.

Spesifikasi Prosesor Intel Pentium Gold 8505

Sebagai contoh prosesor produk Pentium Gold yang memiliki fitur tersebut adalah Pentium Gold 8505. Prosesor ini memiliki 6 core. 1 core performa tinggi dan 4 core efisien. Total thread yang dimiliki berjumlah 6. Prosesor ini didesain untuk digunakan di komputer mobile seperti laptop dan memiliki efisiensi yang tinggi berkat adanya 4 Efficient-cores. Prosesor ini bahkan sudah mendukung RAM DDR5 sehingga performa komputer bisa lebih meningkat.

Pentium Gold juga tersedia untuk desktop, di mana perbedaannya adalah Pentium Gold untuk desktop hanya memiliki 2 core performa tinggi dan tidak ada core efisiensi. Jika dibandingkan dengan versi mobile, tentu performanya lebih bagus. Namun fitur multithread tetap ada, sehingga performanya bisa jauh lebih cepat.

Dari semua keunggulan tersebut, tentu masih kalah dengan prosesor Intel Core i3 yang harganya lebih mahal. Namun jika Anda ingin mencari prosesor dengan performa yang mumpuni dengan harga lebih murah dari Core i3, Intel Pentium Gold adalah solusi yang tepat.

Pentium Silver: Prosesor hemat daya untuk penggunaan laptop lebih lama

Spesifikasi Prosesor Intel Pentium Silver

Tidak seperti Pentium Gold yang tersedia di desktop dan mobile, Pentium Silver hanya ada untuk mobile saja. Seperti contoh di atas yaitu Pentium Silver N6005, prosesor tersebut memiliki 4 core dengan kecepatan dasar sebesar 2 GHz. Karena ada teknologi Turbo Boost, kecepatannya bisa meningkat hingga 3,3 GHz. Dengan spesifikasi tersebut, prosesor ini hanya mengkonsumsi daya sebesar 10 watt saja.

Dengan konsumsi daya yang rendah seperti itu, bisa dipastikan laptop yang menggunakan prosesor ini bisa digunakan lama. Namun, spesifikasi prosesor ini tidaklah cukup jika Anda gunakan untuk kebutuhan berat seperti mengedit video, apalagi untuk bermain game mainstream. Tapi untuk kebutuhan browsing ringan, prosesor ini layak untuk Anda miliki.

Celeron: Hampir sama seperti Pentium Silver, namun tersedia juga untuk Desktop

Intel Celeron Logo

Untuk Celeron, saya pribadi menyimpulkan bahwa jenis prosesor ini hampir sama dengan Pentium Silver. Yang berbeda adalah ada beberapa fitur yang tidak ada di Pentium Silver ada di Celeron, ada juga yang tidak ada. Celeron juga tersedia untuk komputer desktop, sama seperti Pentium Gold.

Bahkan fitur seperti Performance Core dan Efficient Core yang ada di Pentium Gold, juga hadir di beberapa lini prosesor Celeron. Namun tentu karena Celeron hampir sama dengan Pentium Silver, fitur multithread tidak ada di sini.

Jika Anda membeli laptop dan bingung memilih prosesor yang tepat, Anda bisa mengecek lebih lanjut perbedaan fitur di halaman situs Intel di Pentium Silver dan Celeron.

Atom: Untuk server dan mikroserver

Sejarahnya, Intel Atom adalah prosesor yang diperuntukkan untuk netbook dengan ukuran layar 10 dan 11 inch dengan performa standar untuk browsing ringan. Bahkan jika Anda ingat, Intel Atom juga pernah masuk sebagai prosesor smartphone, yaitu di produk Zenfone 2 hingga Intel berhenti memproduksi prosesor smartphone karena kalah saing dengan prosesor merek lainnya seperti Snapdragon dan Mediatek. Namun posisi tersebut sudah diganti dengan Pentium Silver dan Celeron. Saat ini, Intel Atom digunakan untuk komputer server dan mikroserver.

Spesifikasi Intel Atom Server

Saat ini, merek Intel Atom digunakan untuk prosesor server skala kecil. Jika server besar, maka prosesor yang tepat adalah Intel Xeon. Seperti gambar di atas, prosesor Intel Atom yang baru saja dikeluarkan di kuartal 2 tahun 2022 ini memiliki peruntukan untuk server. Produk di atas merupakan Intel Atom yang paling mahal dengan harga sebesar $694.

Yang membedakannya dengan Intel Xeon adalah Intel Atom tidak memiliki fitur multithread. Intel Atom ini juga di desain memiliki konsumsi daya yang rendah untuk server, sehingga sangat cocok untuk penggunaan server rumahan.

Terjawab sudah Intel Pentium Gold vs. Pentium Silver vs. Celeron vs. Atom

Dalam penamaan dan fungsi prosesor, memang Intel bukanlah perusahaan yang paling baik dalam menjelaskannya. Namun mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda memilih prosesor yang tepat. Lalu, apakah ada pertanyaan lain seputar artikel ini? Yuk ketik di kotak komentar di bawah ya.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.