6 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Cloud Storage

6 Alasan Menggunakan Cloud Storage

Apakah anda mengenal istilah Cloud Storage? Cloud Storage sebenarnya istilah yang digunakan dalam menyimpan data-data anda di awan atau Cloud. Bukan berarti anda harus terbang ke angkasa untuk menaruh data anda, namun anda menaruh data-data tersebut di tempat lain selain komputer anda sendiri dan dapat diakses kapan saja dengan internet.

Sebelumnya, kita hanya berpikiran bahwa jika ingin menyimpan file, maka anda melakukannya di komputer anda sendiri. Dengan adanya teknologi Cloud, anda dimungkinkan untuk menyimpan data di tempat lain selain komputer milik anda sendiri. Jika anda pernah menggunakan Mediafire, maka hal tersebut sudah termasuk Cloud Storage. Karena saya sendiri pertama kali meng-upload data-data pribadi melewati Mediafire.

Dimana saja anda dapat menggunakan Cloud Storage?

Cloud

Sudah banyak sekali layanan Cloud Storage yang tersedia. Berikut beberapa layanan yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data-data anda.

Untuk saya pribadi, saya menggunakan Google Drive. Dulunya saya menggunakan OneDrive, namun karena Google Drive menawarkan Photo Backup dengan kapasitas penyimpanan tak terbatas, saya akhirnya beralih ke Google Drive.

Dan sebenarnya masih banyak layanan Cloud Storage lainnya yang dapat anda gunakan. Namun dari semua itu, saya rekomendasikan 3 layanan tersebut, karena menyediakan tempat penyimpanan gratis dan dapat anda upgrade kapan saja dengan membayarnya.

6 Alasan Menggunakan Cloud Storage

Di artikel ini, akan dibahas 6 alasan menggunakan Cloud Storage, sehingga anda dapat mulai menggunakan Cloud Storage sebagai kebiasaan baru. Anda tidak mesti harus menyimpan semua data-data tersebut di komputer anda. Berikut alasannya untuk anda.

1. Harddisk dapat rusak kapan saja

Harddisk

Apapun jenis harddisk/SSD yang anda miliki, kerusakan dapat terjadi kapan saja. Tidak peduli seberapa baik anda merawat tempat penyimpanan data anda, kerusakan masih dapat terjadi. Harddisk/SSD pun memiliki masa pakai. Harddisk pada umumnya memiliki umur 4-7 tahun tergantung penggunaan. Sedangkan SSD memiliki umur berdasarkan siklus baca dan tulis.

Jika data-data anda sangat penting, atau umur tempat penyimpanan anda sudah lama, maka Cloud Storage merupakan solusi yang tepat. Anda dapat melupakan semua masa pakai tempat penyimpanan, karena data anda sudah aman di Cloud dan di maintenance oleh tenaga ahli.

Bisa anda ambil contoh pada video diatas. Video diatas merupakan Data Center untuk Google. Jika anda menyimpan data-data seperti foto, video di YouTube, dan lain sebagainya, berarti anda menggunakan Data Center oleh Google. Di video tersebut juga dijelaskan bahwa jika ada tempat penyimpanan yang rusak, Google akan menghancurkan harddisk tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

2. Diakses kapan saja dan dimana saja

Karena data anda berada di server, jika anda memiliki internet, maka anda dapat mengambil file anda dimana saja dan kapan saja. Anda tidak harus membawa laptop anda untuk membawa data. Anda tidak perlu lagi membawa Flashdisk dan barang-barang lainnya. Jika anda memiliki komputer dengan akses internet, data anda dapat diambil di komputer tersebut.

Cara Mengakses File Di Google Drive

Jika anda pengguna Google Drive seperti saya, anda bisa masuk ke website utama Google Drive untuk login. Jika sudah, maka semua data-data anda dapat anda akses.

3. Berbagi data menjadi sangat mudah

Apakah anda ingin berbagi foto dan data-data lainnya ke teman anda? Hal tersebut menjadi sangat mudah berkat Cloud Storage. Data yang anda bagi pun bisa anda atur, siapa saja yang dapat mengaksesnya. Anda bisa mengundah secara privat, ataupun dengan berbagi tautan yang dibuat otomatis.

Berbagi Dokumen Di Onedrive

Sebagai contoh saja, saya akan menggunakan OneDrive untuk berbagi data. Anda hanya klik kanan pada file/folder yang anda bagi dan klik “Share”.

Mengatur Hak Akses File Di Onedrive

Kemudian, ada 2 cara agar anda dapat berbagi data. Anda dapat mengundang orang dengan memilih opsi “Invite people”. Anda membutuhkan e-mail teman anda untuk melakukan ini. Gunakan cara ini agar anda dapat berbagi data secara pribadi. Anda dapat menggunakan opsi “Get a link” untuk mendapatkan tautan terhadap file yang anda bagi.

Anda juga dapat berkolaborasi dengan teman anda, agar teman anda dapat mengedit dokumen yang sama. Anda hanya perlu memberikan hak akses “Edit” dan undang teman anda. Maka teman anda dapat mengedit secara langsung!

Anda juga dapat melakukan hal tersebut di layanan lainnya seperti Google Drive, Dropbox, dan juga Box.

4. Mengedit dokumen langsung dari browser

Apakah komputer anda tidak memiliki aplikasi pengedit dokumen seperti Microsoft Office? Tenang saja, karena anda dapat melakukannya langsung dari Cloud Storage. Namun, tidak semua layanan Cloud Storage dapat melakukan hal ini. Sejauh ini, gunakan saja OneDrive atau Google Drive, karena dua layanan tersebut memiliki aplikasi Office tersendiri.

OneDrive karena dimiliki oleh Microsoft, maka OneDrive dapat menggunakan Microsoft Office Online. Sedangkan Google Drive menggunakan Google Docs.

Cara Membuka Dokumen Di Google Drive

Jika anda menggunakan Google Drive, anda dapat dengan mudah membuka dokumen dengan mengklik dobel dokumen yang ingin anda buka.

Membuka Dokumen Dengan Office Online

Jika anda pengguna OneDrive, anda hanya perlu mengklik satu kali saja untuk membuka dokumen.

5. Siap untuk mobile

Seperti pada poin ke-2, anda dapat mengakses data di Cloud dimana saja, termasuk smartphone anda. Anda hanya perlu memasang aplikasi Cloud Storage anda seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Semuanya sudah ada untuk Android dan juga iOS.

Google Drive Untuk Android

Dengan aplikasi Google Drive di Android, anda juga dapat mengakses data-data yang sama seperti yang ada di komputer anda.

6. Backup foto secara otomatis

Ya benar, anda dapat melakukan backup foto secara otomatis dengan layanan Cloud Storage. Namun sejauh ini, saya hanya pernah menggunakan OneDrive dan Google Drive saja saat backup foto. Backup ini pasti dilakukan ketika saya sudah terkoneksi dengan WiFi, sehingga tidak menghabiskan kuota internet mobile saya.

Saat ini, saya akan memberitahukan caranya untuk Google Drive, karena Google Drive menawarkan backup foto dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Namun, foto anda akan dikompres oleh Google, namun tidaklah terlalu signifikan.

 

Anda memerlukan bantuan aplikasi Google Photos untuk melakukannya. Jika anda sudah install, maka Google Photos langsung mengarahkan anda untuk menghidupkan Photo Backup untuk anda. Jika anda pengguna lama Google Photo, anda dapat membuka menu dan sentuh “Settings”. Kemudian, sentuh “Back up & Sync”. Maka anda bisa mengaturnya seperti pada gambar diatas.

Kesimpulan

Apakah anda tertarik menggunakan layanan Cloud Storage? Cloud Storage saat ini sudah menjadi topik dimana-mana. Dan diharapkan beberapa tahun kemudian, semua orang dan perusahaan sudah mengadopsi Cloud Computing. Jika anda memiliki alasan lainnya, silahkan bagikan di kotak komentar.

Sekian artikel 6 Alasan Menggunakan Cloud Storage, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa gabung di Facebook Windowsku untuk mendapatkan update terbaru seputar teknologi komputer dan mobile.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.