Beberapa Hal yang Menyebabkan Koneksi Internet Lambat dan Cara Mengatasinya

Internet mungkin sudah menjadi bagian dari hidup anda. Saya sendiri juga begitu, tanpa internet, pasti bingung apa yang akan saya lakukan berikutnya? Biasanya, saya mulai mengetik artikel baru untuk pembaca atau membaca berita terbaru. Lalu, anda pasti akan kesal kalau tiba-tiba koneksi internet anda melambat. Windowsku akan mengulas beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Check this Out!
1. Periksa dulu kecepatan asli koneksi internet anda
 
ISP (Internet Service Provider) adalah yang menyediakan koneksi internet untuk anda. Tiap ISP memiliki kecepatan internet yang berbeda-beda dan juga tarif yang berbeda-beda pula. Sebagai konsumen internet, anda dan kita semua harus pintar-pintar membaca iklan internet, maupun promo yang dilakukan ISP tersebut.
Terkadang, anda lihat di TV, kecepatan dari sebuah ISP adalah 3 Mbps. Tentu saja, menurut anda itu sudahlah sangat cepat. Tapi, tahukah anda bahwa ada rahasia dibalik itu. ISP mempromosikan kecepatan internetnya menggunakan satuan “bit”, dan bukan “byte”. Lalu, apa bedanya?
Tadi saya sebutkan bahwa kecepatannya adalah 10 Mbps. Coba anda lihat bahwa Mbps disini bukanlah Mega Byte, melainkan adalah Mega bit. Karena huruf “b”-nya kecil. Anda bisa melakukan konversi dari byte ke bit dengan metode dibawah ini:
  • 1 Byte = 8 bit
  • 1 Mega bit (Mb) = 1024 / 8 = 128 Byte (B)
  • 10 Mega bit (Mb) = 10240 / 8 = 1280 Byte = 1,2 MB (Mega Byte)
Jadi, jika anda melihat iklan dari sebuah ISP, berhati-hatilah dan membacanya dengan seksama. Dari penjelasan diatas, jika ISP menjanjikan kecepatan 10 Mbps, anda hanya akan mendapatkan kecepatan sebenarnya adalah 1,2 MB.
2. Periksa program di Tray (Background)
 
Setelah anda memeriksa kecepatan sebenarnya dari internet anda, coba anda periksa program yang ada di Tray, atau di background.
Gambar 1. Tray icons
Banyak program seperti gambar diatas menggunakan koneksi internet anda secara diam-diam. Seperti IDM, kadang-kadang IDM melakukan update secara otomatis, sehingga koneksi internet menjadi lambat. Sehingga, anda harus cermat memeriksa program yang berjalan.
3. Mengecek keadaan lingkungan sekitar (Modem)
 
Lingkungan sekitar juga sangat mempengaruhi koneksi internet. Koneksi akan melambat jika anda sedang berinternet di tempat yang tertutup. Karena, ditempat seperti itu sinyal internet akan terhalangi dan menjadikan koneksi lambat. Cobalah anda cari tempat yang terbuka.
Atau, belilah sebuah kabel USB yang panjang, lalu colok modem dan taruhlah ditempat yang agak tinggi, agar modem dapat menangkap sinyal lebih baik lagi.
4. Mengecek FUP (Fair Usage Policy) / Kuota
 
Walaupun bebarapa ISP memberitahukan bahwa ada paket internet Unlimited, sebenarnya itu tidaklah Unlimited, namun “Semi Unlimited”. Dikatakan semi unlimited karena pake internet tersebetu memiliki FUP atau kuota. Sistem FUP ini adalah memberikan koneksi maksimal saat kuota internet masih ada, jika kuota sudah habis, koneksi internet akan diturunkan.
Sebagai contoh, saya memiliki modem Axis.Axis menjanjikan kecepatan koneksi hingga 7,2 Mbps (Mega bit per second) atau sekitar 800 KBps (Kilo Byte per second). Dan benar saja, saya bisa mendapatkan kecepatan seperti itu. Namun, Axis memiliki FUP sebesar 1,5 GB (Giga Byte). Ini artinya, jika saya sudah menggunakan internet sebesar 1,5 GB, maka kecepatan internet akan turun. Di Axis, kecepatannya menjadi 128 Kbps (Kilo bit per second) atau sekitar 18 KBps (Kilo Byte per second).
Sehingga, jangan heran kalau tiba-tiba koneksi anda lambat, jika FUP anda habis. hehehe
5. Mengecek penggunaan koneksi internet melalui Resource Monitor
 
Di Windows Vista, 7, dan Windows 8 sudah memiliki Resource Monitor untuk memantau aktivitas komputer, termasuk koneksi internet. Cara mengeceknya adalah buka Resource Monitor dengan cara klik Start (atau Start Screen untuk Windows 8) ketik “Resource Monitor” dan tekan enter. Lalu, klik tab “Network”. Maka, daftar program yang memakai koneksi internet anda akan muncul.
Gambar 2. Resource Monitor (Network)
Seperti anda lihat pada gambar diatas, anda bisa melihat program apa saja yang menggunakan koneksi internet anda. Agar program tersebut berhenti menggunakan koneksi internet anda, klik kanan pada program tersebut dan klik
Gambar 3. End Process dari Program
PERHATIAN: Tidak semua program dapat dimatikan dengan cara diatas. Jika ada file penting dari Windows yang menggunakan koneksi internet (seperti svchost.exe), jangan melakukan “End Process”. Dicek dulu program tersebut apakah berasal dari program yang kita install atau dari Windows.
 
Kesimpulan
 
Semoga dengan mengerti skema koneksi internet dan beberapa trik diatas, anda dapat mengatur koneksi internet sedemikian rupa, sesuai kebutuhan. Jangan terkecoh oleh ISP dan juga periksa program yang berjalan. Sekian artikel untuk hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.