Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10

Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10

Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10 – Apakah anda mengenal dengan istilah Virtual Desktop? Istilah ini paling populer dikalangan pengguna sistem operasi berbasis Linux seperti Ubuntu ataupun berbasis Unix seperti Mac OS X. Virtual Desktop dapat meningkatkan produktivitas kerja anda dengan komputer, sehingga anda harus menggunakannya setiap saat. Di Windows 10, Virtual Desktop ini diimplementasikan di Task View

Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10

Di dalam artikel ini, anda akan belajar bagaimana cara menggunakan Virtual Desktop di Windows 10, atau lebih dikenal dengan Task View. Dan anda dapat mengerti bagaimana Task View dapat meningkatkan produktivitas kerja anda, sehingga waktu anda dapat digunakan lebih baik.

Sebelum kita masuk ke artikel utama, alangkah baiknya anda mengerti terlebih dahulu apa itu Virtual Desktop.

Apakah Virtual Desktop?

Virtual Desktop memungkinkan anda untuk membuat 2 atau lebih ruang kerja atau ruang aplikasi. Ruang-ruang ini dinamakan Desktop yang sudah sering kita dengar. Di setiap desktop-nya, anda dapat membuka aplikasi seperti biasa. Namun, jika anda membuat desktop baru, maka aplikasi yang anda jalankan sebelumnya akan disembunyikan. Sehingga, anda bisa fokus membuka aplikasi lainnya.

Lalu, bagaimana Virtual Desktop dapat meningkatkan produktivitas kerja? Ya, anda dapat membuka aplikasi sesuai dengan proyek yang sedang anda kerjakan. Contoh: Di Desktop 1, anda membuka program untuk membuat website, seperti Adobe Dreamweaver dan Fireworks. Kemudian pada Desktop 2, anda memiliki proyek membuat desain iklan, sehingga di desktop 2 anda dapat membuka aplikasi Adobe Illustrator maupun Photoshop.

Tujuan utama dari Virtual Desktop ini adalah anda bisa fokus dengan proyek yang sedang anda kerjakan. Sehingga di Desktop 1, anda tidak akan melihat aplikasi-aplikasi untuk membuat desain iklan. Begitu juga sebaliknya, di Desktop 2, anda tidak dapat melihat aplikasi yang berjalan untuk membuat website.

Di Windows 10, istilah Virtual Desktop sudah diimplementasikan di Task View. Task View sebenarnya digunakan untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di Windows. Namun, Microsoft menambahkan fitur Virtual Desktop ke dalam Task View.

Menggunakan Task View

Task View di Windows 10

Untuk menggunakan Task View, anda langsung saja klik icon “Task View” yang ada di taskbar.

Cara Membuat Desktop Baru Dengan Task View

Untuk membuat desktop baru, anda tinggal klik “New desktop” di pojok kanan bawah layar.

Desktop Baru Di Task View

Setelah membuat desktop baru, maka aplikasi yang anda buka pada Desktop 1 tidak akan terlihat, sehingga anda dapat menjalankan program di Desktop 2 tanpa gangguan, karena aplikasi di desktop 1 tidak terlihat di desktop sebelumnya.

Walaupun aplikasinya tak terlihat, aplikasi tersebut masih tetap berjalan di memori. Anda dapat mengakses semua aplikasi tersebut dengan memilih Desktop yang bersangkutan.

Cara Menghapus Desktop

Cara Menghapus Desktop Di Windows 10

Untuk menghapus desktop, anda cukup klik Task View dan klik tanda silang ke Desktop yang ingin anda hapus. Jika masih ada aplikasi yang berjalan di Desktop tersebut, maka aplikasinya akan muncul di Desktop sebelumnya. Dalam kasus ini, aplikasi Desktop 2 akan tampil di Desktop 1 jika Desktop 2 dihapus.

Kesimpulan

Hasilnya, produktivitas kerja anda akan semakin meningkat jika menggunakan Virtual Desktop di Windows 10. Fitur ini harus anda gunakan jika anda memiliki 2 proyek atau lebih di satu komputer. Anda juga dapat melihat artikel dibawah ini untuk meningkatkan lagi produktivitas anda.

http://windowsku.com/meningkatkan-produktivitas-dengan-menyimpan-dokumen-di-onedrive/

Anda bisa melihat semua koleksi artikel lainnya di kategori produktivitas kerja di Windowsku. Sekian artikel Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.