Ulasan Lengkap Nokia Z Launcher

Bagi anda yang mencari Launcher alternatif untuk Android anda, mungkin Nokia Z Launcher menjadi launcher yang tepat untuk anda. Beberapa hari ini, saya sudah menggunakannya dan akan memberikan ulasan lengkap Nokia Z Launcher untuk anda.

Ulasan Lengkap Nokia Z Launcher

Perhatian: Dalam ulasan ini, perlu diperhatikan bahwa Nokia Z Launcher pada saat artikel ini turun, masih dalam tahap Beta. Mungkin saja pada saat anda mencobanya, terjadi bug atau gangguan yang tidak diinginkan.

Fitur utama

Yang membuat launcher ini berbeda dengan launcher lainnya adalah fitur Scribble. Ide utama dari Z Launcher ini adalah anda dapat menjalankan aplikasi android dengan cara menuliskan huruf pada halaman awal launcher.

Menggunakan Z Launcher untuk mencari aplikasi

Nah, dengan gesture seperti itu, anda dapat meluncurkan program dengan cepat. Cukup geser anda menjadi 1 huruf, dan Z Launcher akan merekomendasikan aplikasi yang ada di Android anda.

Nokia Z Launcher dapat memperkirakan penggunaan aplikasi siang dan malam

Selain itu, Z Launcher akan terus belajar mengenai aplikasi apa saja yang sering anda pakai, kapan anda menggunakannya dan bagaimana anda menggunakan aplikasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, Z Launcher akan mengenal anda lebih baik. Semakin sering anda menggunakan Z Launcher, maka ia pun akan semakin baik pula setiap waktu.

Homescreen

Program yang paling sering digunakan

Gambar diatas merupakan gambar Homescreen dari Z Launcher. Tampilannya sangat simpel, hanya terdapat aplikasi yang paling sering digunakan. Nah, semua aplikasi tersebut muncul akibat saya sering menggunakan gesture untuk meluncurkan aplikasi. Bisa juga anda lihat pada gambar diatas, selain aplikasi, anda juga dapat mencari nama kontak dan beberapa perintah lainnya seperti menelpon dan juga sms.

Menampilkan seluruh aplikasi di Z Launcher

Selain itu, anda bisa membuka menu All Apps seperti biasa dengan menyentuh icon di bawah layar anda. All Apps ini tidak seperti biasanya, namun lebih seperti gaya Android 6.0 Marshmallow.  Ya, anda dapat menggeser ke atas dan bawah untuk mencari aplikasi yang diinginkan.

Widget

Menambahkan widget di Z Launcher

Nokia Z Launcher juga mendukung Widget. Pada awalnya, saya tidak tahu bagaimana menambahkan widget pada Z Launcher ini. Ternyata, Z Launcher ini juga bisa di geser ke kanan dan ke kiri untuk mengganti laman. Jika anda geser jari anda ke kanan, maka Widget bisa anda tambahkan dengan cara menyentuh agak lama di layar anda.

Sejauh ini, anda hanya akan disediakan 1 laman untuk menambahkan widget. Selama saya menggunakan aplikasi ini, saya belum dapat menambahkan 1 laman lagi untuk menambah widget.

Settings

Mengatur penggunaan Nokia Z Launcher

Seperti kebanyakan launcher yang lain, Z Launcher juga menyediakan halaman pengaturan. Ada beberapa hal yang bisa anda ubah disana. Seperti menghilangkan pencarian dari web, mengubah wallpaper, membesarkan icon, dan masih banyak lagi.

Bug

Karena ini masih dalam tahap beta, sejauh ini, saya menemukan hanya satu bug. Pada awalnya, jika saya menggeser ke kiri dan kanan untuk melihat laman yang ada, transisinya sangat lembut. Kemudian, semakin hari semakin memburuk dan terkesan ada lag, atau gerakan patah-patah.

Mudah-mudahan di versi baru berikutnya, bug ini dapat diperbaiki oleh Nokia.

Nokia N1 Tablet

Tablet pertama yang dikeluarkan oleh Nokia

Nokia Z Launcher ini dikeluarkan, berkat Nokia meluncurkan tablet pertamanya, yaitu Nokia N1 Tablet dengan sistem operasi Android Lollipop. Tablet ini merupakan jawaban kalau Nokia ingin kembali ke bisnis perangkat bergerak dengan menggunakan Android. Tentu saja tablet ini menggunakan Nokia Z Launcher.

Sejauh ini, di Indonesia Nokia N1 Tablet belum dijual bebas. Dan sangat kecil kemungkinan tablet ini bisa masuk pasar Indonesia.

Unduh Nokia Z Launcher

Nokia Z Launcher menawarkan fitur Scribble yang dapat meluncurkan aplikasi dengan menuliskan karakter pada Homescreen. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama Z Launcher. Dan saya pun menyukai fitur ini. Pada awalnya, mungkin anda merasa bahwa fitur ini melelahkan saja, namun akan nyaman dipakai seiring berjalannya waktu.

Bagi anda yang sudah mencoba Z Launcher, bagaimana pendapat anda?

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.