3 Kebiasaan Buruk Membuat Password: Stop Sekarang Juga!

5 Kebiasaan Buruk Membuat Password: Stop Sekarang Juga!

Setiap akun yang kita buat, entah itu di website atau di aplikasi tertentu di komputer dan smartphone anda, pastinya membutuhkan password atau kata kunci. Password biasanya ditemani oleh username atau Email anda. Karena username dan Email dapat diketahui oleh siapapun, password menjadi hal yang sangat penting, agar data anda aman. Untuk itu, kebiasaan buruk membuat password haruslah anda hentikan sekarang juga!

3 Kebiasaan Buruk Membuat Password: Stop Sekarang Juga!

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa saja kebiasaan buruk dalam membuat password yang perlu anda hentikan. Kebiasaan ini akan berdampak buruk terhadap keamanan data dan anda pastinya tidak ingin data-data anda tersebar ke orang lain.

1. “Aaahh, pasti password saya aman-aman saja kok!”

Menganggap Remeh

Sebelum kita mengetahui kebiasaan buruk membuat password, alangkah baiknya anda menghapus pemikiran anda bahwa password anda akan aman selamanya. Dan apabila password anda termasuk di Daftar 25 Password Terburuk Untuk Dipakai, maka anda harus segera menggantinya!

Hacker jahat dapat dengan mudah mengeksploitasi password buruk dengan mudah. Mereka bisa menggunakan kombinasi tanggal lahir atau tempat lahir anda. Dan pikirkan lagi jika akun anda menyimpan informasi tempat anda bekerja. Jangan sampai anda menganggap remeh pembuatan password karena jika informasi perusahaan anda bocor akibat password yang anda buat, anda bisa saja dituntut ganti rugi atau dimasukkan ke jalur hukum.

Untuk melindungi password, anda bisa menggunakan berbagai kombinasi software. Pastikan Windows Firewall anda menyala dan kombinasikan dengan Antivirus atau Antimalware seperti Malwarebytes. Kombinasi 2 software tersebut dapat mempersulit hacker jahat untuk meretas komputer anda. Jika anda menggunakan komputer perusahaan, menggunakan Anti Malware Premium merupakan solusi yang lebih baik.

2. Menggunakan password yang sama di setiap akun

Hal diatas juga merupakan kebiasaan buruk. Jangan pernah anda menggunakan password yang sama untuk setiap akun yang anda buat, apalagi akunnya adalah di website. Dengan menggunakan akun yang sama, itu sama saja anda menunggu akun anda untuk tereksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Daftar Website Yang Diretas

Tahukah anda bahwa banyak sekali perusahaan besar yang datanya diretas? Data-data tersebut berupa tentu saja berupa akun login anda seperti username, email, dan password. Coba lihat gambar diatas, apakah anda memiliki akun di perusahaan seperti pada gambar diatas? Silahkan anda kunjungi Have I been pwned? untuk mengetahuinya.

Mengecek Email Apakah Sudah Diretas

Masukkan email yang anda gunakan untuk membuat akun. Jika sudah, klik saja tombol “pwned?”. Dan saya pun kaget melihatnya. Ternyata email yang biasa saya pakai sudah diretas! Jika email anda juga terlihat seperti pada gambar diatas dan anda menggunakan password yang sama untuk akun yang lain, anda harus wajib menggantinya! Karena hacker dapat menggunakan password yang didapatkan untuk masuk ke akun layanan lainnya.

Anda tidak dapat 100% percaya kepada layanan yang anda pakai bahwa informasi yang tersimpan akan aman. Perusahaan besar seperti Adobe dan Myspace pun dapat diretas dan akun anda dapat diakses oleh hacker jahat kapan saja. Untuk mencegahnya, anda harus menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun.

3. Tidak meng-update password secara berkala

Karena akun anda dapat diretas kapan saja, anda perlu mengubah password secara berkala. Walaupun password anda kuat, namun itu semua tidak ada artinya jika password yang anda gunakan diretas karena kesalahan dari si layanan (seperti Facebook dan Twitter).

Anda tidak perlu setiap minggu mengganti password. Cukup ganti password anda 6 bulan sekali. Jika anda terlalu malas untuk mengganti password, lakukan 1 tahun sekali. Intinya, dalam 1 tahun anda harus sudah mengganti password.

Kesimpulan

Apakah anda memiliki kebiasaan seperti diatas? Sebaiknya, anda ubah kebiasaan anda agar akun anda lebih aman. Jika tidak, akun anda hanya tinggal menunggu waktu hingga dapat diretas. Sekian artikel 3 Kebiasaan Buruk Membuat Password: Stop Sekarang Juga!, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa Like Facebook Windowsku untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.