Apa Itu Library Di Windows Dan Cara Menggunakan Library Untuk Mengatur File

Apa Itu Library Di Windows Dan Cara Menggunakan Library Untuk Mengatur File

Kapasitas harddisk yang semakin lama semakin tinggi serta harganya yang semakin murah, membuat kita dapat dengan mudah menyimpan file apa saja walaupun dengan ukuran yang besar. Satu komputer pun biasanya terdiri dari beberapa partisi. Untuk itu Library bisa anda gunakan. Lalu, apa itu Library di Windows dan bagaimana cara menggunakan Library agar file dan folder rapi dan mudah ditemukan?

Apa Itu Library Di Windows Dan Cara Menggunakan Library Untuk Mengatur File

Perpustakaan

Di artikel ini, penulis mencoba membahas salah satu fitur di Windows yang sangat sayang jika tidak digunakan. Fitur Library ini sudah ada semenjak Windows 7 dan masih banyak orang yang belum menggunakannya. Library sangat bermanfaat jika anda memiliki banyak partisi, seperti partisi C:, D:, maupun E: Bayangkan saja jika anda memiliki folder video di partisi D dan di E. Belum lagi biasanya ada di dalam folder yang jauh sekali. Ini akan memakan waktu anda ketika mencari file yang anda inginkan.

Dengan Library, anda bisa mengatur folder-folder yang memiliki lokasi yang berbeda namun dapat diakses semuanya di satu tempat, yaitu di Library. Sebagai contoh folder video tadi, anda bisa menambahkan folder video di 2 partisi berbeda dan ditambahkan ke Library. Library bertindak sebagai tempat atau kumpulan shortcut agar anda bisa cepat mengaksesnya.

Library pun dapat diatur sesuai keinginan anda. Secara default atau bawaan, Library diatur berdasarkan jenis file-nya. Di Windows, Library sudah dibagi menjadi 4, yaitu Documents, Musics, PIctures, dan Videos. Tentu anda bisa mengubah namanya ataupun menambah Library baru sesuai selera. Semuanya anda akan pelajari di artikel ini.

Langsung saja, ini dia artikel apa itu Library di Windows dan cara menggunakan Library untuk mengatur file.

Cara memunculkan Library di Windows 10 dan Windows 8.1

Entah karena alasan apa, Library di Windows 10 tidak muncul ketika anda baru pertama kali menggunakan WIndows 10. Ini terjadi ketika penulis baru saja upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 dan Library tidak dapat penulis temukan. Namun untung saja karena Microsoft hanya menyembunyikan fitur ini, bukan menghapusnya.

Cara Memunculkan Library Di Windows 10

Untuk memunculkan Library di Windows 10, buka Start dan ketik “file explorer options” dan tekan enter. Kemudian, buka tab “View”, kemudian beri tanda centang pada “Show libraries”. Jika sudah, klik OK.

Untuk sistem operasi Windows 7, fitur Library langsung dimunculkan. Oleh karena itu anda siap menggunakannya langsung dan tidak perlu melakukan cara ini.

Mengakses Library

Anda bisa mengakses Library di File Explorer. Tekan tombol Windows + E untuk membukanya (anda bisa menemukan shortcut lainnya di artikel: 15 Keyboard Shortcut Untuk Meningkatkan Produktivitas di Windows). Di panel sebelah kiri, klik saja “Libraries”. Maka tampilannya keluar seperti dibawah ini:

Library Di Windows 10

Di Windows 7 dan Windows 8, jumlah Library bawaan adalah 4. Kalau di Windows 10, ada 6 Library. Tentu anda bisa menambah dan mengubahnya nanti.

Menambah Library

Sebenarnya daftar Library bawaan dari Windows sudah cukup untuk mengkatagorikan file anda. Namun jika dirasa kurang, anda bisa menambahnya dengan mudah.

Menu Buat Library Baru

Anda bisa klik kanan pada Library pada panel kiri > New > Library. Kemudian, berikan nama Library. Dalam contoh kali ini, penulis ingin mengatur software di komputer. Sehingga saya berikan nama “Software”. Silahkan berikan nama sesuai kebutuhan anda.

Ketika anda klik Library baru anda, maka anda akan diminta untuk memasukkan folder. Langsung saja, klik saja “Include a folder”. Kemudian, pilih folder yang ingin anda masukkan. Karena dalam studi kasus artikel ini, kita ingin membuat Library software, maka masukkan folder software yang ada.

Menambah Folder Ke Library

Jika anda memiliki tempat folder lain dimana anda menyimpan software (biasanya ada di partisi lain), silahkan klik kanan pada Library yang anda buat dan klik Properties. Kemudian klik tombol Add dan pilih lagi folder yang ingin anda masukkan ke Library.

Isi Library Windows

Dengan begitu, ada 2 direktori software yang sudah penulis masukkan. Tentu anda bisa menambahkan folder sebanyak mungkin, sehingga anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Mengubah isi Library

Menghapus Direktori Folder Di Library Windows

Anda dapat dengan mudah menghapus direktori folder yang sudah anda masukkan sebelumnya. Caranya adalah klik kanan pada LIbrary yang ingin anda ubah, kemudian klik “Properties”. Kemudian, pilih direktori yang ingin anda hapus, lalu klik “Remove…” seperti gambar diatas.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Library, dimanapun anda menaruh folder, anda bisa menemukan di satu tempat yaitu Library yang bisa anda kategorikan sesuai isi dari folder tersebut. Lalu, bagaimana menurut anda? Apakah menurut anda fitur Library sangat berguna? Jika ada pertanyaan, silahkan ketik di kotak komentar.

Sekian artikel Apa Itu Library Di Windows Dan Cara Menggunakan Library Untuk Mengatur File, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlangganan dengan cara like Facebook atau berlangganan via email.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.