BerandaPenjelasan TeknologiBagaimana Cara Kerja Internet Sebenarnya?

Bagaimana Cara Kerja Internet Sebenarnya?

Cara Kerja Internet Header

Mungkin kita semua menganggap mengakses internet adalah hal yang sepele. Namun, ada proses yang rumit agar anda bisa mengakses internet dan akhirnya bisa melihat situs ini. Internet adalah hal yang luar biasa karena anda bisa mengakses informasi dengan cepat dan bahkan dengan perangkat yang kecil seperti smartphone. Lalu, bagaimana cara kerja internet sebenarnya? Yuk kita simak semuanya di artikel ini.

Apa itu Internet?

Internet Email

Internet adalah sistem global komputer yang saling terhubung atau terkoneksi melalui protokol internet (Internet Protocol/IP) yang telah disepakati bersama. Dengan internet, anda bisa mengakses informasi apapun dengan perangkat apapun, selama anda memiliki jaringan yang sudah terkoneksi dengan internet.

Jika anda menggunakan Wi-Fi di rumah maupun di kantor, seluruh komputer atau perangkat lain yang terhubung biasa dinamakan Local Area Network atau LAN. LAN terdiri dari seluruh perangkat komputer yang terkoneksi di satu router. Dan Router tersebut terhubung dengan jaringan internet, sehingga bisa dikatakan bahwa internet juga merupakan jaringan komputer namun dengan cakupan global.

Kesimpulannya, internet merupakan jaringan komputer yang terkoneksi secara global. Semua terkoneksi berkat adanya kabel fisik yang berada di bawah jalan, di bawah laut yang mengelilingi bumi sehingga seluruh komunikasi dapat dilakukan. Selain perangkat keras, perangkat lunak juga mengambil peran yang mengatur seluruh trafik jaringan di latar belakang. Sehingga, ketika anda ketik “windowsku.com”, maka komputer anda akan menuju server yang tepat.

Penjelasan cara kerja internet

Di bagian ini, saya akan menjelaskan secara singkat apa yang terjadi ketika anda mengunjungi situs ini. Berikut cara kerjanya:

Langkah 1: Terkoneksi dengan Modem/Router

Komputer atau smartphone anda bisa terkoneksi dengan web melalui modem atau router. Bersama-sama, perangkat ini mengkoneksikan ke jaringan di belahan bumi lainnya. Router anda dapat menyatukan seluruh komputer dalam satu jaringan dan modemlah yang bertugas menghubungkannya ke ISP atau Internet Service Provider yang biasanya didapatkan melalui kabel. ISP inilah yang memberikan akses internet dan contoh perusahaannya yaitu seperti Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, dan masih banyak lagi.

Langkah 2: Mengetik alamat website

Ketika anda mengetik alamat website di browser dan menekan tombol enter, alamat tersebut akan terhubung dengan ISP dan ISP tersebut juga terkoneksi dengan DNS atau Domain Name Server.

Selanjutnya, browser anda akan mencari alamat IP dari alamat yang sudah anda ketik melalui DNS. Bisa dikatakan bahwa DNS seperti buku yang isinya alamat situs seperti “windowsku.com” dan alamat IP yang berbasiskan angka.

Misalnya saja, windowsku.com memiliki alamat IP seperti 133.22.112.44. Dan setiap situs pun memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Informasi tambahan, lokasi server mempengaruhi kecepatan akses sebuah situs. Dan untungnya, situs Windowsku ini memiliki server di Indonesia, sehingga aksesnya lebih cepat bila dibandingkan server berada di luar negeri.

Langkah 3: Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Browser anda akan mengirim HTTP request pada server yang dituju menggunakan TCP/IP. Kemudian jika semua berjalan lancar, server yang dituju akan mengirimkan sinyal “200 OK”. Barulah seluruh elemen seperti teks dan gambar dalam bentuk data akan dikirimkan.

Langkah 4: Browser menampilkan data

Dari data tersebut, browser anda akan menampilkan seluruh data tersebut sehingga anda bisa membacanya seperti situs ini.

Protokol dalam Internet

Internet Protokol

Protokol bisa dikatakan sebagai aturan. Di dalam internet, juga ada aturan agar kita bisa menikmati informasi. Salah satunya yang dibahas sebelumnya yaitu HTTP atau HyperText Transfer Protocol. Protokol ini digunakan untuk melihat web di browser. Oleh karena itu setiap kita mengunjungi sebuah situs ada tulisan “http” di depannya.

Selain itu, protokol lain yang mungkin pernah anda dengar yaitu TCP atau Transmission Control Protocol dan IP atau Internet Protocol. Biasanya istilah 2 protokol ini digabung menjadi satu yaitu TCP/IP.

Protokol TCP/IP ini berfungsi untuk memastikan bahwa setiap paket data yang di transfer bisa tersampaikan tanpa ada data yang hilang. Jika ditemukan data yang belum di kirim atau hilang, maka TCP akan mengirimkan ulang.

Cara kerja internet akhirnya bisa dipahami

Internet merupakan suatu hal yang sangat penting di zaman saat ini. Kita sangat jarang memikirkan cara kerja internet dan saya harap dengan adanya artikel ini, kita bisa apresiasi teknologi internet ini dan bisa digunakan untuk hal-hal positif. Apakah ada yang masih kurang jelas dengan penjelasan di artikel ini? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *