BerandaProduktivitasManajemen Aplikasi Di Windows: Tips Super!

Manajemen Aplikasi Di Windows: Tips Super!

Semua orang tahu bahwa Windows adalah sistem operasi yang bisa anda pasang berbagai aplikasi lainnya. Misalnya saja anda install Microsoft Office di Windows. Intinya, Windows hanyalah sebuah tempat untuk menampung aplikasi yang anda pasang. Yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana manajemen aplikasi di Windows agar anda jadi lebih produktif dan menghemat waktu anda.

Nah di artikel ini, anda akan segera tahu panduan super dalam memanajemen aplikasi di Windows. Tips-tips ini harus anda terapkan dan kebiasaan lama anda sebaiknya dihentikan dengan tips yang ada di sini. Saya yakin, tips-tips ini dapat meningkatkan produktivitas anda dan menghemat waktu berharga anda.

1. Atur desktop seminimalis mungkin

Desktop adalah hal pertama yang anda lihat ketika masuk di Windows. Biasanya kita menaruh banyak sekali shortcut agar kita dapat meluncurkan aplikasi dengan cepat. Namun jika terlalu banyak, akan terlihat sangat berantakan.

Windows 10 Desktop Dengan Wallpapaer Quote

Bisa dilihat pada gambar diatas, banyaknya shortcut dapat membuat penampilan desktop anda terlihat kacau. Lagipula, tidak semua shortcut yang ada di desktop akan kita jalankan. Coba bandingkan dengan desktop saya saat ini.

Windows 10 Desktop Dengan Wallpapaer Quote Tanpa Shortcut

Gambar diatas merupakan desktop saya saat ini. Sangat simple sekali bukan? Saya sangat menyukai desktop ini, karena biasanya saya memasang wallpaper pemandangan atau wallpaper yang berisikan quote untuk penyemangat hari. Dengan begitu, anda jadi lebih inspiratif dan lebih produktif dalam bekerja.

Klik Kanan Desktop Show Desktop Icon Windows

Anda dapat dengan mudah menyembunyikan semua shortcut yang ada di desktop dengan cara klik kanan di desktop > View > Klik “Show desktop icon”, sehingga tanda centang disebelah kirinya hilang. Maka semua shortcut akan disembunyikan. Anda dapat melakukan cara diatas lagi untuk memunculkan shortcut-nya.

Lalu pertanyaannya, bagaimana anda dapat menjalankan aplikasi jika shortcut-nya disembunyikan? Nah, ada berbagai cara untuk melakukannya dan dijamin jauh lebih cepat dari cara lama. Simak saja langkah selanjutnya.

2. Menjalankan aplikasi menggunakan Search di Start

Kolom pencarian di Search sangatlah penting. Anda bisa mencari data apa saja melalui Search, termasuk aplikasi yang terpasang di Windows. Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan anda harus mencari icon aplikasinya di desktop.

Membuka Aplikasi Dari Start Menu Windows

Untuk mencari aplikasi, buka Start dan ketik nama aplikasinya. Misalnya anda ingin membuka Notepad, ketik saja “notepad” dan tekan saja enter. Anda bisa menemukan tips membuka aplikasi lainnya di artikel 5 Cara Cepat Membuka Aplikasi Di Windows.

3. Menjalankan aplikasi dengan Keyboard Shortcut

Keyboard Shortcut jauh lebih cepat dibandingkan anda mengambil mouse, kemudian membuka aplikasi dengan klik kiri. Dengan beberapa kombinasi keyboard saja, anda bisa melakukan banyak hal, termasuk dalam menjalankan aplikasi. Ya, anda bisa menjalankan seluruh aplikasi favorit anda dengan keyboard shortcut. Bagaimana caranya?

Klik Kanan Properties Aplikasi

Silahkan anda temukan dulu icon shortcut aplikasi favorit anda. Entah itu di desktop, di Start Menu, ataupun di tempat lainnya. Jika sudah, klik kanan saja icon-nya dan klik “Properties”.

Memberikan Shortcut Ke Aplikasi

Pada kolom “Shortcut key:” berikan kombinasi shortcut untuk aplikasinya (dalam contoh ini: Spotify). Shortcut harus diawali dengan kombinasi “CTRL + ALT”. Kemudian tombol selanjutnya, silahkan anda buat sendiri. Kali ini, saya akan memberikan tombol shortcut “CTRL + ALT + W” untuk membuka Windows Media Player. Jika sudah, klik OK.

Dimanapun dan kapanpun anda menggunakan komputer, anda bisa menekan kombinasi shortcut tersebut untuk membuka Windows Media Player. Sangat cepat bukan? Silahkan anda lakukan cara tersebut di semua aplikasi favorit anda.

4. Menggunakan Snap untuk membagi layar menjadi beberapa bagian

Bayangkan kasus ini. Anda ingin meng-copy banyak file dan file tersebut berada di banyak tempat. Biasanya yang kita lakukan adalah mencari 1 tempat terlebih dulu, kemudian paste di tempat tujuan. Kemudian, anda cari lagi file yang ingin di-copy dan menuju kembali ke tempat tujuan untuk di-paste. Itu sangat membuang waktu!

Snap Di Windows 10

Dengan Snap, anda bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Yang perlu anda lakukan adalah buka 2 jendela File Explorer. Kemudian klik dan bawa jendela File Explorer pertama ke kiri atau kanan layar anda. Dalam contoh ini, saya membawa jendela File Explorer pertama ke kanan. Maka di bagian kiri layar, anda dapat memilih satu jendela lagi untuk mengisi setengah layar di bagian kiri. Pilih saja jendela kedua dari File Explorer.

2 Jendela File Explorer

Jika sudah, anda bisa klik dan bawa file dari jendela File Explorer kiri ke kanan tanpa perlu mencari direktori tujuan. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Snap. Anda bisa melakukan komparasi 2 file yang mirip, atau mengerjakan 2 proyek sekaligus jika anda memiliki layar yang besar.

5. Gunakan klik tengah (tombol scroll) di mouse untuk membuka jendela baru atau menutup jendela

Jika aplikasi yang anda buka mendukung multi-window seperti File Explorer yang dibahas sebelumnya, maka anda bisa menggunakan klik tengah dengan tombol scroll di mouse anda.

Klik Tengah Di Icon Pada Taskbar

Silahkan anda buka satu saja File Explorer. Kemudian, arahkan kursor mouse anda ke Taskbar dan tujukan ke icon File Explorer. Coba anda klik tengah, maka akan ada jendela baru yang muncul. Cara ini bisa anda lakukan di semua aplikai yang mendukung jendela baru lainnya, seperti Microsoft Office dan browser kesayangan anda.

Klik Tengah Di Thumbnails

Hal lain akan terjadi Jika anda menekan klik tengah pada thumbnail dari jendela seperti pada gambar diatas. Maka anda akan menutup jendela tersebut.

6. Menggunakan Task View/Virtual Desktop (Windows 10)

Task View Windows 10

Dengan Task View atau Virtual Desktop, anda bisa membuka tempat kerja baru di Windows. Sehingga, semua aplikasi yang anda buka saat ini tidak akan terlihat jika anda membuat Virtual Desktop baru. Dengan begitu, anda dapat lebih fokus mengerjakan tugas anda. Misalnya di Desktop 1, anda mengerjakan tugas kuliah anda. Kemudian di Desktop 2, anda dapat mengerjakan tugas kantor anda.

Hal ini sudah di bahas di artikel sebelumnya yaitu Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10. Silahkan anda cek di artikel tersebut.

Manajemen Aplikasi di Windows sangatlah penting!

Dari semua cara yang dibahas, adakah yang belum pernah anda lakukan? Atau, apakah anda memiliki cara lain untuk mengatur atau memanajemen aplikasi di Windows? Silahkan anda bagikan di kotak komentar agar semua orang dapat mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.