Mengatur Context Menu di Windows Explorer

Apakah anda tahu context menu? Context menu adalah menu-menu yang muncul saat anda mengklik kanan pada file di Windows Explorer. Dengan mengklik kanan, akan muncul semua menu-menu untuk mengatur file. Ketika anda menginstall beberapa aplikasi, terkadang menambahkan menu di context menu. Tapi, bagaimana jika anda tidak memerlukannya lagi? Tentu saja, anda bisa menghapusnya.
Ketika anda banyak sekali menginstall software, context menu pun semakin panjang dan tentu kita tidak nyaman dalam menggunakannya. Terkadang, setelah kita melakukan uninstall terhadap software tersebut, menunya masih ada di context menu. Namun tak perlu khawatir, dengan bantuan CCleaner, anda bisa menghapus menu-menu yang tak berguna di context menu.
Mengunduh CCleaner
 
CCleaner merupakan software pembersih komputer dan dapat membersihkan berbagai file yang tidak diperlakukan lagi di komputer. Salah satunya adalah menghapus menu di context menu. Unduh CCleaner disini:
Jika anda klik link diatas, pastikan anda memilih CCleaner Free.
Jika sudah selesai melakukan unduh, install di komputer anda.
Menghilangkan Menu di Context Menu
 
Setelah anda install CCleaner dan membukanya, menu utama CCleaner akan terbuka.
Lalu, klik Tools pada bagian kiri. Selanjutnya klik Startup. Pada Startup, akan ada beberapa tab yang muncul. Klik saja tanda panah ke kanan hingga anda menemukan tab ‘Context Menu’.
Setelah anda membuka tab ‘Context Menu’, akan ada daftar program apa saja yang ada di context menu. Ada 2 metode menu di context menu akan dihilangkan:
  1. Disable: Menu akan disembunyikan dari context menu. Dan anda dapat mengaktifkan menu itu kembali di kemudian hari.
  2. Delete: Menu akan dihapus dari context menu. Dan anda tidak dapat mengaktifkan menu itu kembali.
Jadi, tergantung dari anda ingin memilih opsi yang mana. Untuk memulai, klik saja salah satu menu.
Klik ‘Disable’ atau ‘Delete’ untuk menghilangkannya dari context menu. Maka, menu tersebut tidak akan tampak lagi di context menu.
Mengembalikan menu di Context Menu
 
Jika anda menggunakan opsi ‘Disable’, tentu saja anda dapat mengembalikan menu itu di context menu. Pilih menu yang di-disable dan klik ‘Enable’.
Kesimpulan
 
Dengan menggunakan CCleaner, anda dapat menghapus menu di context menu dengan mudah. Sehingga, context menu yang anda miliki nantinya akan lebih mudah untuk digunakan. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.