Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan WordPress 2

Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan Wordpress

Cara buat blog yang satu ini saya jamin sangat mudah. Blog memang sebuah tempat yang sangat cocok untuk menuangkan ide dan pikiran anda kedalam sebuah tulisan, yang nantinya dibaca oleh semua orang. Dan saya pun sangat menyukai kegiatan ini dan saya salurkan di Windowsku untuk anda baca.

Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan WordPress

Di artikel kali ini, Windowsku akan membahas cara buat blog dengan menggunakan WordPress.com. Kenapa saya memilih WordPress? Karena WordPress menurut saya CMS yang lengkap jika dibandingkan dengan CMS lainnya. Saya dulu juga pengguna Blogger, namun saya sudah beralih ke WordPress. Dan kini, Windowsku yang sedang anda baca ini menggunakan WordPress!

WordPress.com VS WordPress.org

WordPress terdiri dari 2 bagian. Ada yang berekstensi “.com” dan ada yang berekstensi “.org“. Lalu, apa bedanya? WordPress.com diperuntukkan bagi anda yang ingin langsung membuat blog, tanpa perlu memikirkan hosting, domain, dan hal-hal rumit lainnya. Yang perlu anda miliki untuk membuat blog di WordPress.com hanyalah koneksi internet dan komputer!

Sedangkan WordPress.org diperuntukkan bagi anda yang ingin menggunakan kekuatan WordPress sepenuhnya. Anda dapat mengatur semua aspek mengenai WordPress dan hal tersebut tidak terbatas! Anda juga mengontrol penuh atas blog anda sendiri dan perusahaan pihak ketiga tidak dapat campur tangan terhadap blog anda. Gunakan WordPress.org jika anda lebih suka mengontrol penuh blog anda.

Di tutorial ini, tentu saja kita menggunakan WordPress.com. WordPress versi ini sangat mudah dan hanya membutuhkan satu akun saja. Langsung saja, ini dia caranya:

Konfigurasi awal WordPress

Membuat Blog Dengan WordPress.com

Selamat datang di WordPress! Disini, anda dapat membuat blog maupun situs usaha dengan mudah. Setelah anda mengunjungi WordPress.com, langsung saja klik “Buat Situs Web” untuk memulai.

Memilih Tema WordPress

Kemudian, pilihlah tema untuk blog anda. Ada 9 tema yang diberikan, namun anda dapat mengganti tema lainnya dengan mudah nanti. Untuk saat ini, saya menggunakan “Edin”. 

Memilih Domain di WordPress

Kemudian, ketik domain yang anda inginkan. Jika domain tersebut ada, maka anda bisa memilihnya dengan mengklik “Pilih” seperti pada gambar diatas.

Memilih Paket WordPress

 

 

Kemudian, anda diminta untuk memilih paket WordPress. Langsung saja pilih yang gratis saja.

Membuat Akun WordPress

Kemudian, masukkan Email dan Password anda untuk membuat akun di WordPress. Jika sudah, klik saja “Buat Akun Saya”.

Blog WordPress Sudah Siap

Selamat, blog anda sudah selesai! Anda sudah dapat menulis blog sekarang juga. Blog anda pun sudah dapat diakses oleh semua orang.

Mengatur Tampilan Tema

Anda dapat langsung mengatur tampilan tema dengan mengklik Penyesuaian di bagian Personalisasi > Tema.

Memilih Tema Untuk WordPress

 

Disana, anda dapat mengatur beberapa aspek, seperti judul, font, dan masih banyak lainnya.

Mulai menulis!

Menulis Blog

Anda dapat mulai menulis blog dengan klik tombol Tambahkan di samping Pos Blog.

Menulis Artikel Di WordPress

Dan masih banyak lagi…!

Masih banyak hal lain lagi yang bisa anda lakukan di WordPress! Silahkan anda jelajahi semua fitur-fitur yang diberikan. Semua sudah sangat mudah untuk digunakan.

Kesimpulan

Membuat blog menjadi sangat mudah, berkat adanya WordPress.com. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda di jejaring sosial. Sekian artikel Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan WordPress, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan update terbaru seputar teknologi komputer, web, dan juga perangkat bergerak seperti artikel ini.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.


Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.

2 pemikiran di “Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan WordPress