Cara Menginstall Banyak Font Sekaligus

Cara Install Banyak Font Sekaligus Di Ubuntu (Tips Cepat)

Di Ubuntu, tentu saja anda sudah disiapkan berbagai font yang bisa anda pakai. Namun, bisa dibilang jumlahnya sedikit dan tidak terlalu banyak memberikan opsi. Mengunduh font di internet merupakan solusi yang tepat untuk menambah font anda di Ubuntu. Namun, Ubuntu tidak memberikan opsi yang cepat untuk menginstall banyak font sekaligus.

Jika anda ingin menginstall banyak font, anda harus membuka satu per satu font dan mengklik tombol “Install”. Hal itu sangatlah tidak efisien.

Cara Install Banyak Font Sekaligus Di Ubuntu

Di artikel ini, mari kita sama-sama bahas bagaimana cara install banyak font sekaligus di Ubuntu. Sehingga, anda tidak perlu susah-susah menginstall font satu per satu. Berikut caranya.

Membuat Folder Fonts Di Home

Buatlah folder “.fonts” (tanpa tanda kutip) di dalam folder “Home”. Perlu anda ketahui bahwa semua folder dengan tanda titik di awal nama folder seperti diatas akan membuat folder tersebut tersembunyi.

Mengakses Folder Fonts Ubuntu

Jika folder “.fonts” tersebut hilang, anda dapat mengaksesnya dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + L dan akses foldernya seperti pada cara diatas. Atau, anda dapat memunculkan folder yang disembunyikan dengan menekan kombinasi tombol CTRL + H.

Copy Dan Paste Font Ke Folder Fonts

Jika sudah, silahkan anda Copy font yang anda miliki ke folde “.fonts” yang baru saja dibuat. Seperti yang anda lihat, saya saat ini sedang Copy 2.120 font ke Ubuntu saya!

Membuat Font Dapat Digunakan Sekarang Juga

Agar font yang baru saja anda Copy dapat digunakan di seluruh aplikasi di Ubuntu, anda perlu mengetikkan perintah ini dibawah ini di Terminal. Cara membuka Terminal adalah dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + T.

fc-cache -f -v

Ketik perintah diatas dan tekan enter.

Mencoba Font Baru Di Libreoffice Writer

Jika sudah, maka semua font sudah dapat digunakan di semua aplikasi. Contohnya saja bisa anda gunakan di LibreOffice Writer.

Kesimpulan

Selesai sudah artikel ini. Bagaimana, sangat mudah bukan menambahkan banyak font di Ubuntu? Jika anda memiliki cara lain, atau cara yang lebih cepat memasang banyak font di Ubuntu, silahkan anda tulis di kotak komentar. Sekian artikel Cara Install Banyak Font Sekaligus Di Ubuntu, semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda ingin menginstall Android Studio di Ubuntu, anda dapat membaca artikel Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu.

Jangan lupa untuk Like di Facebook Windowsku untuk mendapatkan update terbaru seputar teknologi komputer, web, dan perangkat bergerak.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.