Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu

Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu

Android Studio merupakan IDE yang saat ini didukung oleh Google. Dulu, untuk membuat aplikasi Android, Google merekomendasikan untuk menggunakan Eclipse dengan ADT. Jika anda adalah programmer Java atau Android, menggunakan Android Studio sebagai IDE utama anda adalah keharusan, karena dukungan Eclipse sudah dihentikan.

Karena saya juga pemula dalam pemrograman Android dan biasanya menggunakan Windows, menginstall Android Studio di Ubuntu bisa saja membuat anda bingung. Namun tak perlu khawatir, saya akan berikan tutorial cara menginstall Android Studio di Ubuntu secara rinci, sehingga anda dapat langsung membuat program.

Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu

Mendownload Android Studio Untuk Ubuntu

Silahkan kunjungi halaman unduh Android Studio. Jika sudah, langsung saja klik tombol hijau “Download Android Studio For Linux” seperti pada gambar diatas.

Menyetujui Eula Android Studio

Kemudian, anda diharuskan untuk mencentang “I have read and agree with the above terms and conditions”. Kemudian, klik saja “Download Android Studio For Linux”.

Pada saat artikel ini diturunkan, versi Android Studio yang diunduh adalah versi 1.5. Ukurannya 363 MB. Selagi anda menunggu unduhan selesai, anda diharuskan untuk memasang JDK (Java Development Kit) di Ubuntu anda.

Cara menginstall JDK (Java Development Kit) di Ubuntu

Seperti yang saya beritahu sebelumnya, untuk membuat aplikasi Android, anda membutuhkan JDK. Caranya sangat mudah. Buka Terminal dengan CTRL + ALT + T dan ketikkan perintah dibawah ini satu per satu.

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt
-get update
sudo apt
-get install oracle-java8-installer

Cara menginstall Oracle JDK di Ubuntu

Jika anda sudah selesai mengetikkan tiga perintah tersebut, tunggu hingga proses instalasi JDK selesai.

Membuka Android Studio

Setelah anda selesai memasang JDK, ini saatnya anda meluncurkan Android Studio. Untuk meluncurkannya untuk pertama kali, anda diharuskan untuk mengetik perintah dibawah ini.

./lokasi/Android/Studio/Anda/studio.sh

Cara membuka Android Studio di Ubuntu

Silahkan anda ketikkan perintah diatas sesuai dengan lokasi tempat anda mengekstrak Android Studio. Kalau saya sendiri, Android Studio saya ekstrak di /ProgramFiles/android-studio/bin/studio.sh. Carilah studio.sh dalam instalasi Android Studio anda.

Pengaturan Android Studio

Setelah anda eksekusi perintah tersebut, anda akan ditanyakan, apakah anda ingin mengimpor pengaturan Android Studio sebelumnya. Karena komputer saya baru pertama kali terinstall Android Studio, saya memilih opsi ke-2 seperti pada gambar diatas. Klik Ok jika sudah.

Instalasi Android Studio Welcome

Jendela selamat datang ini akan muncul. Langsung saja, klik Next untuk melanjutkan.

Instalasi Android Studio Jdk

Berikutnya, jika JDK anda tidak terdeteksi, anda dapat mengklik “Detect” seperti pada gambar diatas untuk mengetahui lokasi JDK secara otomatis. Jika sudah, klik “Next”.

Instalasi Android Studio Opsi Install

Selanjutnya, anda diminta untuk memilih opsi Install. Pilih saja yang “Standard” dan klik “Next”.

Instalasi Android Studio Kesimpulan

Berikutnya, Android Studio akan menjelaskan apa saja komponen yang akan diunduh. Langsung saja klik “Next”.

Instalasi Android Studio Emulator

Jika komputer anda mendukung Android Emulator, maka akan ada tampilan seperti diatas. Klik saja “Finish” untuk melanjutkan.

Instalasi Android Studio Download

Tunggu hingga Android Studio selesai mengunduh komponen yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Saat ini, anda sudah dapat menggunakan Android Studio di Ubuntu dan anda siap untuk membuat aplikasi Android pertama anda. Semoga artikel Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu dapat membantu anda.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.