Cara Mempercepat Pencarian Di Windows

Cara Mempercepat Pencarian Di Windows

Jika anda sangat sering lupa dimana menaruh file/folder, pastinya anda sangat mengandalkan fitur pencarian yang ada di Windows. Yang menjadi permasalahan adalah terkadang pencarian membutuhkan waktu yang lama. Jika anda dalam keadaan genting, pastinya pengalaman ini sangatlah tidak nyaman.Sebelumnya, Windowsku sudah membahas bagaimana memudahkan pencarian di Windows Explorer dengan menggunakan beberapa keyword. Sekarang, Windowsku akan berikan cara mempercepat pencarian di Windows, agar hasil pencarian lebih cepat ditampilkan.

Cara kerja Windows Search

Untuk melakukan pencarian, Windows mengandalkan Windows Search, sebuah fitur untuk mencari file dan folder. Cara kerjanya adalah dengan mengindeks seluruh file dan folder yang ada pada lokasi yang ditunjuk. Secara default, Windows Search akan mengindeks folder Start Menu. Karena itulah, meluncurkan program melalui pencarian di Start Menu terasa sangat cepat.

Mencari Melalui Start Menu

Hal yang berbeda terjadi jika anda mencari file atau folder yang lain. Misalnya, anda ingat bahwa file yang anda inginkan berada di partisi D:\. Jika anda mencarinya melalui Start Menu, terkadang hasil pencarian akan keluar lebih lama seperti pada gambar diatas.

Kejadian ini terjadi karena secara default, Windows tidak mengindeks partisi D:\. Jika anda mencarinya langsung melalui File Explorer, hasil pencarian pun akan keluar lebih lama juga.

Dengan mengindeks (seperti halnya pada buku), Windows dapat melakukan pencarian lebih cepat.

Cara Mempercepat Pencarian Di Windows 10

Membuka Indexing Options

Setelah anda mengerti bagaimana cara kerja Windows Search, sekarang anda akan mengatur Windows Search untuk mengindeks folder. Klik Start dan ketik “indexing” dan tekan enter untuk membuka “Indexing Options”.

Indexing Options Di Windows 10

Window seperti diatas akan muncul. Disana, terdapat daftar folder yang diindeks oleh WIndows Search. Jika partisi atau folder yang sering anda cari tidak berada disana, anda bisa klik “Modify” untuk menambah partisi dan folder.

Cara menambah tempat indeks dari Indexing Options

Silahkan pilih saja folder atau partisi yang ingin anda tambahkan dengan memberi tanda centang. Jika sudah, klik OK.

Windows Search Mengindeks Folder

Jika data-datanya banyak, butuh waktu yang cukup lama untuk dapat mengindeks seluruh data tersebut. Namun, anda tetap dapat menggunakan komputer seperti biasa dan anda dapat menutup jendela Indexing Options.

Kesimpulan

Setelah indeks selesai, pencarian anda menjadi lebih cepat. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak mengindeks data. Silahkan anda indeks di folder atau drive/partisi yang menurut anda penting saja, karena akan menurunkan performa dari Windows Search. Sekian artikel Cara Mempercepat Pencarian Di Windows, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Kredit Gambar: Guillermo Alvarez

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.