Cara Mengakses File Di Partisi Linux Pada Windows

Cara Mengakses File Di Partisi Linux Pada Windows

Apakah anda menggunakan Windows dan Linux dalam satu sistem? Saat ini, saya juga menggunakan dua sistem operasi. Yang pertama adalah Windows 10 dan yang kedua adalah Ubuntu 15.04 Vivid Vervet. Keduanya pun saya gunakan secara rutin. Sehingga, saya sering mengalami kejadian, dimana saya ingin mengakses file yang di Ubuntu pada Windows 10.

Jika saya ingin mengakses file di Windows pada Ubuntu, saya melakukannya dengan mudah. Karena Ubuntu secara default mendukung NTFS (New Technology File System) milik Windows. Sedangkan Windows 10, sistem operasi terbaru dari Microsoft belum mendukung ext4 yang merupakan File System milik Ubuntu.

Cara Mengakses File Di Partisi Linux Pada Windows

Agar dapat mengakses file yang ada di partisi Linux, anda membutuhkan software tambahan. Disini, saya menyarankan anda untuk menggunakan Ext2ReadAplikasi ini dapat membaca partisi yang dibuat oleh sistem operasi berbasis Linux. Walaupun namanya terdapat “ext2”, sebenarnya aplikasi ini dapat membaca ext2, ext3, dan ext4 dengan sangat baik. Namun perlu diperhatikan, aplikasi ini hanya dapat membaca file saja dan tidak bisa menulis.

Software ini bersifat Portable, sehingga anda dapat menggunakannya tanpa instalasi. Jika anda sudah selesai mengunduhnya, langsung saja buka ZIP-nya dan ekstrak. Jalankan programnya dengan mode Administrator. Caranya adalah klik kanan dan klik “Run as administrator”.

Cara menggunakan Ext2Read

Jika sudah, maka akan keluar tampilan seperti pada gambar diatas. Anda bisa mengakses seluruh file yang ada di Linux anda.

Cara menyimpan file dari Linux ke Windows

Untuk menyimpan file dari partisi Linux ke Windows, anda bisa klik kanan pada file/folder dan klik Save. Lalu, pilihlah lokasi tempat anda ingin menyimpannya. Karena aplikasi ini hanya dapat membaca saja, anda harus melakukan hal ini jika anda ingin membuka file tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah anda berhasil mengakses file-file anda di Windows? Sejauh ini, saya selalu berhasil mengakses dan membuka file tersebut. Sekian artikel Cara Mengakses File Di Partisi Linux Pada Windows, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Tulis di kotak komentar jika anda memiliki pertanyaan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.