Cara Mengatur File Dengan Terminal Di Ubuntu


Tidak semua orang menyukai Terminal di Linux. Karena berbasis teks dan tidak ada tampilan grafiknya, membuat Terminal disukai segelintir orang saja. Namun, jika kita menguasainya, Terminal menjadi alat tercepat, apalagi dengan mengetahui cara mengatur file dengan Terminal di Ubuntu, anda satu langkah lebih maju dalam menguasai Terminal.

Cara Mengatur File Dengan Terminal Di Ubuntu

Nautilus Di Ubuntu

Di artikel ini, anda akan mempelajari semua perintah di Terminal untuk mengatur File dan Folder yang biasanya anda lihat di aplikasi Nautilus. Jika anda belum tahu, Nautilus adalah aplikasi untuk mengatur file dan folder yang secara default digunakan di Ubuntu. Namun tidak ada salahnya jika anda menggunakan Terminal untuk mengatur data. Jika anda menguasainya, berbagai hal bisa anda lakukan lebih cepat tanpa menggunakan Nautilus. Langsung saja, ini dia tipsnya.

Gunakan “cd” (Change Directory) untuk mengganti direktori

Untuk mengganti direktori di Nautilus, anda cukup mengklik salah satu folder atau partisi di panel sebelah kiri. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan mengetikkan perintah dibawah ini:

cd Music

Perintah tersebut akan membuka folder Musik anda secara instan dan anda bisa mengetikkan perintah lain setelah masuk direktori tersebut.

Untuk balik ke direktori sebelumnya, anda bisa menggunakan perintah ini:

cd ..

Anda juga bisa mengakses folder lain dengan mengetikkan alamat lengkap ke direktori tersebut. Contoh perintah yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut:

cd /opt/lampp/lampp/htdocs

Setelah anda mengetikkan perintah tersebut dan menekan tombol enterh, maka anda akan lansung dibawa ke folder “htdocs”.

Melihat daftar file dengan “ls” (LiSt)

Dengan Nautilus, anda tinggal klik dobel folder yang ada untuk melihat isi file-nya atau melihat folder lain.

BACA JUGA:  Mulai Internet Explorer 9 Dengan InPrivate Filtering Diaktifkan

Di Terminal, anda bisa melakukan hal yang sama dengan mengetik perintah dibawah ini.

ls

Perintah diatas akan menampilkan isi dari direktori yang sudah dipilih. Jika anda ingin melihat konten di sub-direktori, ketik perintah dibawah ini:

ls -R

Melihat Isi Folder Di Terminal

Gambar diatas merupakan hasil dari perintah “ls”. Hati-hati dengan perintah “ls -R”, karena jika direktori yang anda pilih berisi banyak sub-direktori dan di direktori tersebut juga ada folder lain, maka akan membuat Terminal terus menayangkan isi semua folder tersebut.

cd Videos/Ajin

TIPS EKSTRA!!!

Terminal tidak dapat mengenali folder atau direktori yang namanya ada karakter spasi. Agar dapat mengakses folder dengan nama yang ada spasinya, silahkan gunakan tombol backslash (\). Misal anda ingin mengakses folder yang mempunyai nama “Gundam 00”. Silahkan ketik perintah dibawah ini untuk mengaksesnya:

cd Gundam\ 00

Mengakses Folder Dengan Spasi

Untuk mempercepat anda dalam mengetik nama folder, anda bisa gunakan tombol TAB di keyboard anda.

Menghapus File dan Folder dengan “rm” (ReMove)

Dengan Nautilus, anda dapat menghapus file dan folder dengan mudah. Hanya menekan tombol “Delete”, maka data anda akan langsung dihapus. Tapi tenang saja, karena Nautilus secara default akan mengirimnya ke folder Trash, dan anda bisa mengembalikan datanya kapan saja. Namun, anda bisa menekan tombol Shift + Del untuk menghapusnya secara permanen.

Untuk menghapus file dan folder di Terminal sangatlah mudah. Namun perlu diperhatikan bahwa Terminal tidak akan memberikan konfirmasi ketika anda sudah mengeksekusi perintah hapus. Jadi, anda harus berhati-hati dalam menggunakan perintah ini.

Untuk menghapus file, gunakan perintah dibawah ini:

rm dataku

Sama seperti perintah “cd”, anda bisa menghapus file dengan mengetik alamat lengkap file yang ingin anda hapus. Contohnya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Merubah Kebiasaan Berkomputer: Advance Tips Dalam Menggunakan Microsoft Outlook

rm /jalan/ke/dataku

Menghapus File Dan Folder Dengan Terminal

Dan jika anda ingin mengapus folder beserta isi-isinya, ketik perintah dibawah ini:

rm -r /jalan/ke/folderanda/

Menggandakan data dengan “cp” (CoPy)

Menggandakan data adalah hal umum yang sering kita lakukan. Di Terminal di Ubuntu, anda bisa menggandakan data dengan perintah “cp”. Berikut contohnya:

cp dataku /jalur/ke/tempat/paste-nya

Menggandakan Data Di Terminal Ubuntu

Jika anda ingin menggandakan folder, anda cukup menambah fungsi “-r” setelah anda mengetikkan perintah “cp”. Contohnya adalah sebagai berikut

cp -r Documents/folderanda Videos/tempat/paste-nya

Memindahkan data dengan “mv” (MoVe)

Sama seperti perintah Copy, anda hanya tinggal mengganti perintah “cp” menjadi “mv” untuk memindahkan data. Contohnya adalah sebagai berikut:

mv Documents/dataanda Videos/tempat/paste-nya

Gunakan fungsi “-r” untuk memindahkan folder.

Membuat folder/direktori baru dengan “mkdir” (MaKe DIRectory)

Tips terakhir dari Cara Mengatur File Dengan Terminal Di Ubuntu adalah membuat folder atau direktori baru di Terminal sangatlah mudah. Anda cukup mengetikkan perintah dibawah ini:

mkdir namadirektoribaru

Membuat Folder Baru Di Terminal Ubuntu

Kesimpulan

Dengan membaca dan mempraktekkan semua tips diatas, anda pastinya sudah mahir dalam menggunakan Terminal untuk mengatur File dan Folder. Jangan lupa untuk menerapkannya tiap hari, agar anda tidak lupa dengan perintah-perintahnya. Namun semua perintah yang ada di artikel ini terbilang cukup mudah untuk diingat dan dipraktekkan.

Sekian artikel Cara Mengatur File Dengan Terminal Di Ubuntu, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku atau berlangganan lewat E-mail. Semuanya bisa anda lakukan di samping kanan layar anda.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan komentar

Kami sangat senang sekali anda meninggalkan komentar. Silahkan tuliskan komentar atau bertanya apa saja mengenai topik yang sedang dibicarakan. Mari kita buat komentar ini lebih bermakna dengan tidak menaruh link/tautan. Terima kasih.