Google Meluncurkan Google Web Light Untuk Koneksi Lambat di Indonesia

Google mencoba untuk membuat semua orang menggunakan smartphone, walaupun dengan kantong yang pas-pasan. Untuk itu, Android One hadir, agar semua orang dapat menggunakan smartphone walaupun memiliki uang yang pas-pasan. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang Google inginkan agar semua warga Indonesia menggunakan Android One.

Namun, akan percuma saja jika smartphone digunakan pada saat koneksi internet lambat. Untuk itu, Google meluncurkan Google Web Light yang menjadi solusi untuk koneksi internet yang lambat. Google Web Light akan diluncurkan di negara-negara berkembang. Dan saat ini, Indonesia menjadi negara pertama yang dapat mencicipi Google Web Light.

Cara kerja Google Web Light adalah dengan mengkonversikan halaman web pada saat diakses dengan koneksi lambat. Web tersebut nantinya diakses dengan versinya sendiri untuk koneksi lambat. Selain itu, anda juga dapat menghemat pemakaian data, karena secara otomatis gambar yang ada di halaman web akan di kompres. Menurut Google, informasi web yang diterima akan 80% lebih kecil dari biasanya, sehingga akses ke website tersebut menjadi sangat cepat. Karena halaman tersebut diakses lebih cepat, Google mengatakan bahwa ada peningkatan pengunjung web sebanyak 50%.

Supaya anda tidak penasaran, berikut perbandingan website normal dengan website versi Google Web Light.

Google Web Light akan otomatis mendeteksi apakah koneksi yang anda pakai lambat atau tidak. Namun, kita masih belum tahu ukuran kecepatan untuk koneksi lambat.

Google sendiri mengatakan bahwa Google Web Light baru tersedia di Indonesia dan belum ada kabar jika Google akan menawarkan Google Web Light ke negara berkembang lainnya. Saya sendiri belum juga merasakan Google Web Light, karena operator smartphone saya selalu kedapatan sinyal 3G. Jika anda mendapatkan sinyal 2G dan mencoba mengakses website, silahkan anda bagikan pengalaman anda disini.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

Satu pemikiran di “Google Meluncurkan Google Web Light Untuk Koneksi Lambat di Indonesia”