Menggunakan Fitur Baru Graph Search di Facebook


Graph Search adalah fitur baru yang ditawarkan oleh jejaring sosial Facebook. Dengan menggunakan Graph Search, kita dipermudah untuk mencari berbagai hal di facebook. Mulai dari tempat belanja, menemukan teman, menemukan restoran terdekat, dan lain sebagainya. Graph search sangatlah membantu anda dalam mencari berbagai hal yang anda inginkan.

Fitur Graph Search ini tidak semua akun facebook memilikinya. Tapi untungnya, facebook saya telah diupgrade, sehingga saya bisa menggunakan Graph Search. Jika anda belum mendapatkannya, anda harus bersabar. Untuk saat ini, perhatikan saja artikelnya dan cobalah gunakan jika facebook anda telah diupgrade.
Konten yang dapat dicari
 
Ada banyak hal yang bisa anda temukan dengan menggunakan Graph Search. Berikut adalah daftar beberapa hal yang bisa anda temukan menggunakan Graph Search.
Agar lebih jelas, silahkan lihatlah deskripsinya dibawah ini:
  • My Friends: Anda dapat mencari teman anda dengan menggunakan pilihan ini.
  • Photos of my friends: Anda dapat mencari foto yang dimiliki oleh teman anda.
  • Restaurants nearby: Anda dapat mencari lokasi restoran atau tempat makan terdekat dari anda.
  • Games my friends play: Anda dapat mencari daftar game yang dimainkan oleh teman anda yang lain.
  • Music my friends like: Anda dapat mencari musik yang teman anda sukai
  • Photos I have liked: Anda dapat mencari foto-foto apa saja yang sudah anda sukai.
  • Groups my friends are in: Anda dapat mencari grup-grup apa saja yang teman anda bergabung.
  • Friends of my friends: Anda dapat mencari teman dari sesama teman anda di facebook.
Sub Search: Mencari Konten dengan lebih spesifik
Diatas, sudah saya jelaskan hal apa saja yang bisa anda cari di Graph Search. Namun, hal tersebut belumlah terlalu spesifik untuk dicari. Agar lebih spesifik, anda bisa memanfaatkan tombol “Tab” di keyboard anda untuk mencari yang lebih spesifik. Caranya adalah klik saja kolom pencarian, lalu arahkan kursor mouse anda pada daftar konten yang ingin dicari. Kemudian, tekan tombol Tab.
Disini, saya telah memilih opsi “Photos I have liked”. Jika anda menekan tombol Tab, maka pencariannya akan lebih spesifik lagi, seperti dibawah ini:

Jadinya, anda bisa membatasi, hal apa saja yang akan ditayangkan oleh Facebook. Begitu juga dengan menu lainnya. Anda bisa menekan tombol “Tab” untuk mencari lebih spesifik lagi. Silahkan dicoba.

Sekarang, saya akan jelaskan beberapa fitur di Graph Search yang bisa anda coba.

Mencari Teman anda dengan menggunakan Graph Search

Jika anda ingin mencari teman anda, namun anda belum mengetahui E-mailnya, anda bisa menemukannya dengan memanfaatkan Graph Search. Caranya adalah buka Graph Search dan carilah berdasarkan “Friends of my friends”. Klik saja langsung, maka Facebook akan memberikan rekomendasi teman yang dikenal oleh teman anda di Facebook.

Secara instan, hasilnya akan muncul. Carilah teman yang anda kenal disana. Anda juga bisa melakukan filter berdasarkan gender, tempat tinggal, sekolah, dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan “Refine this search”. Kolom ini berada di kanan layar anda, seperti pada gambar dibawah ini:

Isilah sesuai kriteria yang ingin anda cari. Seperti pada gambar dibawah ini:

Setiap kali anda ganti kriterianya, Facebook akan loading ulang. Setelah anda memasukkan filternya, anda akan menemukan teman yang sesuai kriteria yang anda masukkan.

Menemukan tempat makan / restoran terdekat

Selain menemukan teman, anda juga bisa menemukan tempat makan terdekat. Ya, anda bisa melakukan hal tersebut di Facebook. Yang perlu anda lakukan adalah memilih opsi “Restaurants nearby” pada Graph Search. Maka, daftar restoran terdekat dari anda akan ditampilkan.

Seperti biasa, anda dapat menggunakan “Refine This Search” untuk melakukan filter dari pencarian anda. Selain itu, juga sudah disediakan peta Bing untuk melakukan navigasi. Mudah bukan?

Mencari Game yang dimainkan oleh teman anda

Anda juga bisa mencari game yang sedang tren dan dimainkan oleh teman anda. Anda cukup mengklik “Games my friends play” pada Graph Search dan anda akan disajikan daftar game yang sedang dimainkan oleh teman anda.

Dan juga, anda bisa memanfaatkan “Refine This Search” untuk melakukan filter kembali.

Dan Masih Banyak Lagi…

Masih banyak yang dapat anda lakukan di Graph Search ini. Silahkan anda melakukan eksplorai sendiri. Jangan lupa, untuk menggunakan Sub Search dan Refine This Search untuk mencari kearah yang lebih spesifik. Itulah kunci dari Graph Search ini.

Kesimpulan

Walaupun fitur ini belum tersebar semua di akun Facebook, dengan membaca ini, setidaknya pembaca bisa mengetahui cara menggunakan Graph Search dengan mudah. Anda bisa membuka website ini dari facebook untuk mengetahui lebih lanjut tentang Graph Search. Perlu juga diketahui, bahwa Graph Search saat ini hanya dapat digunakan oleh akun Facebook yang memilih Bahasa Inggris.

Sekian artikel hari ini, semoga dapat berguna untuk pembaca sekalian. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.