Membuka dan Mengedit File PDF Dengan Microsoft Word 2013

Jika anda ingin membuka File PDF, pasti yang terpikirkan oleh anda adalah Adobe Reader ataupun Foxit Reader. Keduanya merupakan software pembuka PDF yang sangat mumpuni untuk membuka PDF. Namun, bagaimana jika anda ingin mengedit file PDF tersebut? Tenang saja, karena di Microsoft Word 2013, Microsoft menambahkan fitur untuk mengedit dokumen PDF.
Membuka File PDF
 
Carilah file PDF yang ingin anda edit. Jika sudah ditemukan, klik kanan pada PDF tersebut, pilih “Open With”. Lalu, klik “Word (desktop)”.
Jika pilihan Word tidak ada, anda bisa klik “Choose default program…” untuk memilih program lainnya.
Jika anda sudah mencari Word, klik saja OK. Maka PDF akan terbuka dalam Microsoft Word. Word akan menampilkan dialog box konfirmasi. Saat anda klik OK, Word akan melakukan convert PDF agar bisa diedit. klik saja OK untuk melanjutkan.
Dan inilah PDF yang anda buka:
Apa saja yang bisa anda lakukan?
 
File PDF yang anda buka di Microsoft Word dapat anda edit layaknya file *.docx. Jadinya, anda bisa bebas melakukan apa saja di file PDF ini.
Melakukan Proteksi Password
 
Anda dapat menambahkan password untuk dokumen anda, agar tidak sembarang orang yang bisa mengakses dokumen yang anda buat. Caranya adalah klik File > Info > Protect Document > Encrypt with Password
Kemudian, masukkan password anda ke dialog box. Jika sudah, klik OK.
Anda akan diminta untuk memasukkan ulang password. Masukkan password yang sebelumnya anda masukkan dan klik OK.
Perlu diingat bahwa proteksi password dapat digunakan jika anda melakukan save ke file *.docx dan tidak berlaku jika anda melakukan save ke PDF.
Menambahkan Informasi Tambahan Pada PDF
 
Untuk melengkapi PDF yang anda buat, anda dapat menambahkan informasi tambahan mengenai PDF yang anda buat. Ini berfungsi agar para pembaca PDF anda mengerti isi dan kegunaan dari dokumen yang anda buat.
Cara menambahkan informasi adalah dengan klik File > Info. Pada kanan layar anda, akan ada menu “Properties”. Isilah data-data tersebut sesuai dengna PDF yang anda buat.
Informasi yang akan anda tambahkan hasilnya akan jadi seperti ini:
Melakukan Save
 
File dokumen ini dapat anda simpan ke ekstensi *.docx ataupun *.pdf. Jika anda ingin mengeditnya kembali, simpanlah dalam bentuk *.docx. Jika dokumen anda sudah selesai, anda dapat menyimpannya dalam format *.pdf. Cara melakukan save adalah klik File > Save as > Computer > Browse
Lalu, carilah tempat untuk menyimpan dokumen anda. Jangan lupa untuk memilih file ekstensinya sesuai dengan yang anda inginkan.
Jika sudah, klik saja Save.
Kesimpulan
 
Melakukan editing dokumen PDF di Microsoft Word 2013 adalah pilihan yang tepat. Anda dapat melakukan semua editing yang anda perlukan dengan kekuatan Microsot Word. Dan, anda bisa melakukan save ke berbagai format file dan memberikan proteksi. Sekian artikel hari ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.