Menghalangi Program Mengakses Internet Dengan Windows Firewall

Pernahkah anda mengalami koneksi internet yang lambat padahal anda memiliki kecepatan internet yang cepat? Hal pertama yang anda lakukan pastinya adalah mengecek apakah anda sedang mendownload sesuatu atau tidak. Cara paling ampuh agar tidak terjadi seperti itu adalah menghalangi program mengakses internet.

Nah, dengan menghalanginya, aplikasi tersebut tidak akan bisa menggunakan internet. Sebelum anda melakukan tips ini, cari dan pastikan dulu program apa saja yang ingin anda halangi, agar program tersebut tidak bisa mengakses internet.

Jika anda sudah menentukannya, barulah anda mengikuti tips ini. Berikut cara menghalangi program mengakses internet dengan Windows Firewall.

Menghalangi Program Mengakses Internet Menggunakan Firewall 01

  • Klik Start dan ketik “Allow a program” dan tekan enter.
  • Kemudian, klik “Change Settings”.
  • Sekarang, anda bisa menghilangkan tanda centang pada program. Dengan menghilangkannya, berarti anda tidak memperbolehkan aplikasi tersebut untuk mengakses internet. Ada dua jenis koneksi internet yang bisa anda hilangkan, yaitu Home/Work (Private) dan Public. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Menghalangi Program Mengakses Internet Menggunakan Firewall 02

  • Koneksi Home/Work (Private) koneksi yang digunakan jika anda memiliki akses internet melalui jaringan yang anda miliki sendiri. Misalnya adalah jika anda menggunakan modem ataupun menggunakan layanan internet kabel seperti Speedy dalam rumah anda. Koneksi dari jaringan ini tentu saja terpercaya, sehingga Windows secara otomatis mengatur konfigurasi koneksi. Biasanya, ketika anda menggunakan koneksi internet pertama kali, anda akan diminta untuk memilih jenis koneksi internet yang anda miliki.
  • Koneksi Public adalah koneksi yang digunakan pada saat anda mengakses internet melalui tempat-tempat publik, seperti hotspot di cafe, di alun-alun kota, dan masih banyak lagi. Koneksi ini tidak bisa dipercaya sepenuhnya, sehingga anda harus memilih Public jika anda baru pertama kali menggunakan koneksi publik.

Menghalangi Program Mengakses Internet Menggunakan Firewall 03

  • Setelah anda mengerti kedua koneksi tersebut, anda bisa menghilangkan tanda centangnya. Jika sudah, maka klik OK.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara mudah diatas, anda bisa menghalangi program mengakses internet dengan mudah. Jika anda kesulitan, silahkan tulis di kotak komentar. Terus kunjungi Windowsku untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.