Prosesor Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake – Semua Yang Perlu Anda Ketahui (Updated!) 3


Kaby Lake merupakan keluarga prosesor teranyar yang dirilis intel tahun 2016 ini dan sebagai suksesor dari prosesor Intel sebelumnya, yaitu Intel Core Generasi ke-6: Skylake. Kaby Lake memiliki beberapa perubahan dan peningkatan yang tentunya patut kita simak bersama. Lalu, Apa saja yang baru di Prosesor Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake ini?

Prosesor Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake – Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Di artikel ini, anda akan mengetahui banyak informasi mengenai prosesor terbaru Intel yaitu Kaby Lake. Mulai dari apa saja yang berubah dan apa saja yang baru bila dibandingkan dengan prosesor Intel sebelumnya. Langsung saja, ini dia artikelnya.

Perubahan strategi Intel dari Tick – Tock menjadi Process, Architecture, Optimization

http://windowsku.com/prosesor-intel-core-generasi-ke-6-semua-yang-perlu-anda-ketahui/

Jika anda belum mengerti mengenai strategi Tick – Tock dari Intel, penulis sarankan untuk anda membaca artikel diatas terlebih dahulu. Secara singkat, strategi Tick – Tock merupakan strategi bagaimana Intel merilis prosesor baru setiap 18 bulan sekali.

http://windowsku.com/apa-itu-cpu-central-processing-unit/

Tick merepresentasikan teknologi proses dari prosesor diperkecil. Contohnya adalah ketika Intel Core Generasi ke-2: Sandy Bridge dengan teknologi proses sebesar 32 nm diperkecil lagi di Intel Core Generasi ke-3: Ivy Bridge menjadi 22 nm. Dengan memperkecil teknologi prosesnya atau jarak antar transistor, performa prosesor akan bertambah dan daya yang dibutuhkan juga lebih kecil. Untuk informasi lebih lanjut, bisa anda lihat artikel diatas paragraf ini.

Tock merepresentasikan pengoptimalan prosesor yang teknologi prosesnya sudah dikurangi/reduksi. Ini terjadi pada Ivy Bridge (Generasi ke-3) ke Haswell (Generasi ke-4) dimana kedua prosesor tersebut memiliki teknologi proses yang sama (yaitu 22 nm) namun berbeda dari desain prosesornya.

Untuk Kaby Lake, Intel merubah strateginya. Skylake menggunakan strategi Tock, dimana prosesor ini adalah pengoptimalan dari generasi sebelumnya. Seharusnya untuk Kaby Lake, Intel menggunakan strategi Tick, sehingga harus mengurangi teknologi prosesnya.

Strategi Intel Dalam Merilis Prosesor

Namun kenyataannya, Intel mengabaikan strategi Tick dan akhirnya membuat strategi baru yaitu Process, Architecture, Optimization. Alasan Intel mengabaikan strategi Tick – Tock adalah karena Intel kesulitan dalam mengecilkan teknologi proses lagi. Karena teknologi proses selanjutnya adalah 10 nm yang artinya jarak antara transistor hanya 10 nm saja.

Roadmap prosesor Intel hingga Kaby Lake

Karena perubahan dari strategi Tick – Tock ke Process, Architecture, Optimization, mungkin anda perlu sebuah roadmap untuk menjelaskan bagaimana strategi yang digunakan hingga Kaby Lake ini. Berikut tabel strategi yang digunakan Intel hingga Kaby Lake serta generasi berikutnya.

Codename dan TahunProsesBranding yang diperkenalkan ke konsumenStrategi
Westmare (2010)32nmCore i3/i5/17Tick
Sandy Bridge (2011)32nmGenerasi Kedua Core i3/i5/i7Tock
Ivy Bridge (2012)22nmGenerasi Ketiga Core i3/i5/i7Tick
Haswell (2013)22nmGenerasi Keempat Core i3/i5/i7Tock
Broadwell (2014-15)14nmGenerasi kelima Core i3/i5/i7, Core MTick/”Process”
Skylake (2015-16)14nmGenerasi Keenam Core i3/i5/i7, Core m3/m5/m7Tock/”Architecture”
Kaby Lake (2016-17)14nm+Generasi Ketujuh Core i3/i5/i7, Core m3“Optimization”
Cannonlake (mungkin 2017)10nmBelum ada“Process”

Intel Core M sekarang hanya diperkenalkan Core m3 saja

Intel Core M Generasi Ke 7

Jika anda melihat tabel roadmap diatas, maka ada sedikit perubahan yang terjadi. Coba anda lihat prosesor Skylake dan Kaby Lake. Di Skylake, Intel Core M diperkenalkan dari Core m3, m5, dan m7. Untuk Kaby Lake, Intel hanya merilis Intel Core m3 saja.

BACA JUGA:  Apa Itu USB Type-C dan Penerapannya Dalam Komputer

Lalu, Intel Core m5 dan m7 akan diperkenalkan sebagai Intel Core i5 dan i7. Walaupun dirubah, tetap anda bisa membedakan mana yang Core i5 dan i7 biasa maupun Core i5 dan i7 yang sebenarnya “Core M”. Caranya adalah dengan melihat nomor kodenya. Jika di nama prosesornya terdapat huruf “Y”, maka prosesor tersebut adalah Core M.

Contohnya adalah Intel Core i7-7Y75 yang menandakan prosesor ini adalah prosesor rendah konsumsi daya, khas dari keluarga prosesor Intel Core M. Untuk mengetahul lebih lanjut mengenai penamaan nomor kode, anda bisa membaca artikel Cara Memilih Prosesor Intel: Tips Expert (Semua Yang Perlu Anda Ketahui).

Windows 7 tidak dapat di jalankan di Kaby Lake

Prosesor teranyar dari Intel tidak dapat menggunakan Windows 7. Bahkan para developer akan berhenti membuat update Windows 7 untuk prosesor Intel generasi ke-6 yaitu Skylake. Lalu, apa alasannya hingga Windows 7 tidak dapat dijalankan di Kaby Lake?

Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang dirilis pada tahun 2009 (yaitu 8 tahun yang lalu). Namun pembuatannya sudah dimulai 10 tahun lalu dan memang didesain untuk komputer pada masa itu. Agar Windows 7 dapat dijalankan perangkat keras baru, tentu saja perlu driver agar dapat bekerja. Namun sayangnya, untuk menghemat waktu dan uang, para developer sudah fokus ke perangkat keras yang lebih baru. Hal ini merupakan hal yang biasa dalam teknologi.

Windows sendiri memiliki rentan waktu sampai kapan sistem operasi tersebut akan didukung oleh Microsoft. Windows 7 saat ini terus mendapatkan update hingga tahun 2020. Walaupun setelah tahun 2020, anda masih bisa menggunakan Windows 7, namun Microsoft tidak akan memberikan update untuk menutup lubang keamanan. Hal tersebut sangatlah bahaya jika digunakan untuk keperluan sehari-hari, maupun untuk urusan perusahaan.

Namun untungnya, persentase bagi anda untuk terkena skenario ini sangat tipis. Jika anda membeli laptop baru, kecil sekali presentasenya anda mendapatkan laptop dengan Windows 7 serta dengan prosesor Skylake (mengingat Kaby Lake saat ini belum ada di pasaran saat artikel ini turun). Namun jika anda menemukannya, sebaiknya anda hindari dan carilah yang menggunakan Windows 8.1 atau Windows 10. Tentu saja penulis sarankan untuk anda mendapatkan Windows 10 karena sistem operasi ini sangat cocok untuk Kaby Lake maupun Skylake.

Fitur baru di Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake

Prosesor Intel Core Generasi Ke 7 Kaby Lake

Penasaran dengan fitur baru yang ada di Kaby Lake? Mari kita ulas secara singkat. Kaby Lake akan mendukung secara default USB 3.1 yang kecepatannya dapat mencapai 10 Gbps. Jika anda menggunakan prosesor non Kaby Lake, anda perlu menginstal chip tambahan di komputer anda.

Kemudian Kaby Lake juga mendukung HDCP 2.2 (High-Bandwidth Digital Copy Protection). HDCP ini berperan dalam memberikan proteksi terhadap data digital seperti musik dan video yang anda dapatkan dari iTunes maupun dari tempat lannya.

Dan yang paling menarik adalah Kaby Lake akan mendukung sebuah media penyimpanan baru yaitu Optane Storage, hasil kolaborasi dari Intel dan Micron. Optane Storage menawarkan kecepatan hingga 7x lebih cepat dari SSD saat ini. Hal yang membuat peyimpanan ini lebih cepat yaitu karena adanya teknologi 3D Xpoint.

Untuk urusan grafis, tentu saja Intel tidak melupakannya. Dengan konten 4K yang semakin sering kita gunakan, Intel akan mendukung konten HVEC, dimana Kaby Lake mampu mengunakan 2 layar monitor yang masing-masing memiliki resolusi 4K.

BACA JUGA:  Windows 10 Ternyata Bisa Untuk Smart TV!

Peningkatan performa Skylake (Generasi ke-6) VS Kaby Lake (Generasi ke-7)

Dengan prosesor generasi baru, pastinya ada peningkatan performa bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yang jadi pertanyaan adalah berapa besar peningkatan performanya?

Kaby Lake Responsiveness

Intel mengklaim bahwa Kaby Lake meningkatkan responsifitas sebesar 12% hingga 18%. Dari grafik diatas, Intel membandingkan prosesor Intel Core m7-6Y75 dengan Intel Core i7-7Y75.

Kaby Lake Web Performance

Kemudian untuk urusan produktivitas, ada peningkatan sebanyak 12%. Dan untuk performa dalam browsing internet, ada peningkatan sebanyak 19%. Perbandingan yang Intel lakukan berdasarkan dari prosesor Intel Core i7-6500U dengan Intel Core i7-7500U.

Perlu diingat bahwa semua hasil ini diklaim oleh Intel. Mengingat Kaby Lake belum ada di pasaran, silahkan ambil informasi ini sebagai referensi singkat saja dan tidak percaya 100% sebelum ada hasil benchmark yang dilakukan oleh pihak lain.

Apakah meng-upgrade ke Kaby Lake pilihan bijak?

Tergantung dari prosesor apa yang sedang anda gunakan saat ini. Jika komputer anda menggunakan Skylake (Generasi ke-6), penulis sarankan untuk tidak meng-upgrade. Perlu anda ketahui bahwa Broadwell (Generasi ke-5), Skylake, dan Kaby Lake menggunakan teknologi proses yang sama, yaitu 14 nm. Karena menggunakan teknologi proses yang sama, anda tidak akan mendapatkan peningkatan performa yang signifikan. Sehingga, silahkan anda gunakan uang anda untuk upgrade komponen yang lain.

Jika anda menggunakan prosesor generasi yang lebih lama, menggunakan Kaby Lake sepertinya menjadi upgrade yang paling anda sukai. Selain menawarkan peningkatan performa yang signifikan, daya yang dikonsumsi juga semakin sedikit.

Tanggal rilis komputer dengan prosesor Intel Kaby Lake

Prosesor teranyar dari Intel ini diperkirakan akan hadir di pasaran pada bulan Oktober hingga akhir 2016 atau awal 2017. Ketika artikel ini turun, tidak ada prosesor Kaby Lake terjual maupun Laptop dengan Kaby Lake. Jika anda berniat untuk upgrade, silahkan bersabar dulu. Namun untuk generasi ini, bisa dipastikan bahwa prosesor untuk perangkat mobile seperti laptop dan 2-in-1 hadir lebih dulu dibandingkan prosesor desktop.

Apalagi waktu rilis tersebut diperkirakan untuk pasar luar negeri seperti Amerika. Untuk hadir di Indonesia, memerlukan waktu tambahan agar toko-toko komputer di Indonesia dapat menyediakan prosesor ini.

Dell XPS 13 (2016): Laptop yang menggunakan Kaby Lake

Dell Xps 13 Infinityedge

Jika anda mencari salah satu komputer yang sudah mengadopsi Kaby Lake, maka ini jawabannya. Layar super tipis ini akan bersaing dengan Macbook terbaru, namun spesifikasi yang lebih mantap

XPS 13 dilengkapi dengan layar 13″ Ultrasharp QuadHD+ dengan resolusi 3.200 x 1.800. Dengan kecerahan layar hingga 400 nit, angka tersebut sudah setara dengan TV LCD dan LED. Agar dapat memaksimalkan Windows 10, tentu saja layarnya sudah dilengkapi Touchscreen.

Tak lupa juga bahwa XPS 13 ini menggunakan layar yang Dell perkenalkan sebagai InfinityEdge, dimana bezel dari layar ini sangat tipis, sehingga memaksimalkan ruang yang dapat digunakan.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat Dell XPS 13 (2016) ini.

Prosesor

Ada 3 prosesor yang digunakan di laptop ini. Pertama adalah Intel Core i3-7100u yang memiliki cache sebesar 3M dengan kecepatan 2,4 GHz.

Prosesor kedua adalah Intel Core i5-7200u dengan cache sebesar 3M dan kecepatan hingga 3,1 GHz.

BACA JUGA:  Cara Kerja CD (Compact Disc)

Terakhir yaitu Intel Core i7-7500u dengan cache sebesar 4M dan kecepatan hingga 3,5 GHz. Jadi bisa dipastikan harganya akan bervariasi tergantung spesifikasi.

RAM

RAM yang digunakan pun bervariasi. Mulai dari 4 GB, 8GB, dan 16 GB Dual Channel LPDDR3 SDRAM dengan kecepatan 1866 MHz.

Penyimpanan

Opsi yang diberikan Dell disini hanyalah SSD dengan kapasitas 128GB, 256GB, 512GB, atau 1TB PCIe SSD.

Grafis

Sayangnya, Dell tidak membenamkan grafis dedicated untuk laptop menawan ini. Namun kemampuan Intel HD Graphics 620 sudah lebih dari cukup bermain game dengan level medium.

Dell Xps 13 2016

Harga

Di Amerika, laptop ini akan mulai dijual mulai dari Oktober nanti dengan harga paling rendah sebesar $799 atau sekitar Rp. 10.387.000 (dikalikan Rp. 13.000). Dan belum ada kabar apakah laptop ini akan dijual di Indonesia atau tidak.

(Updated!) Laptop Dengan Prosesor Kaby Lake Hadir di Indonesia!

Lenovo IdeaPad 310

Lenovo Idepad 310

Jika anda ingin membeli laptop dengan prosesor Kaby Lake saat ini juga, akhirnya Lenovo sudah menghadirkannya ke Indonesia. Dengan spesifikasi yang kuat dan harga yang pas di kantong, pastinya membuat anda ingin membeli laptop ini.

Dengan Lenovo IdeaPad 310, anda dapat merasakan teknologi terkini dengan harga terjangkau. Spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Prosesor

Lenovo IdeaPad 310 menggunakan prosesor Intel Core i5-7200u dengan kecepatan 2,5 GHz dan Turbo Boost hingga 3,1 GHz. Seri prosesor U memastikan bahwa prosesor ini mengkonsumsi daya yang rendah.

RAM

RAM yang disematkan di Lenovo IdeaPad 310 ini sangat besar, yaitu 8 GB. Dan yang membuat semakin menarik lagi adalah laptop ini sudah mengusung RAM DDR4, dimana DDR4 jauh lebih cepat dibandingkan DDR3.

Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang disediakan sangat besar juga, yaitu 1 TB.

Grafis

Tak ketinggalan untuk sektor grafis, Lenovo sudah membenamkan nVidia GT920MX dengan memori sebesar 2GB. Grafis ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gaming anda di layar 14″ inch ini.

Harga

Semua ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 6.699.000 saja! Harga tersebut tentu saja sangat terjangkau jika dilihat dari apa yang anda dapatkan.

Beli sekarang juga!

Dengan mengklik tautan diatas, anda akan diarahkan ke halaman Lazada dan anda dapat langsung membelinya.

ASUS A456UR

Asus A456ur

Asus tak ketinggalan juga menawarkan laptop dengan prosesor Kaby Lake-nya. Berikut spesifikasi singkatnya.

Prosesor

Prosesor yang digunakan sama dengan Lenovo, yaitu menggunakan Intel Core i5-7200u.

RAM

RAM yang disematkan di laptop ini sangat besar, yaitu DDR4 12 GB!

Penyimpanan

HDD yang dimiliki laptop ini adalah 1 TB

Grafis

Dengan seri grafis yang lebih tinggi, Asus menyematkan nVdia GT930MX dengan memori sebesar 2 GB.

Harga

Dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Lenovo, sudah pasti harganya akan jauh lebih tinggi. Anda dapat membeli laptop ini dengan harga Rp. 7.900.000.

Beli sekarang juga

Dengan mengklik tautan diatas, anda akan dialihkan ke halaman Lazada dan anda dapat membelinya disana.

Kesimpulan

Apakah Kaby Lake ini menggugah hati anda untuk melakukan upgrade? Berikan alasan anda di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel Prosesor Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake – Semua Yang Perlu Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku maupun berlangganan lewat Email.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 pemikiran di “Prosesor Intel Core Generasi Ke-7: Kaby Lake – Semua Yang Perlu Anda Ketahui (Updated!)