2 Tools Untuk Menampilkan RSS Feed Update Langsung ke Desktop Anda

Apakah anda tahu RSS Feed? RSS Feed adalah sebuah fitur yang dimiliki setiap website (biasanya blog) yang berfungsi sebagai index dari setiap artikel yang dimiliki oleh website tersebut. Index ini nantinya bisa ditampilkan oleh aplikasi RSS Viewer yang nantinya akan saya bagikan disini. Dengan begitu, anda tidak perlu langsung membuka website tersebut, cukup dengan mengklik berita yang diinginkan pada RSS Viewer.

Nah, Windowsku berkesempatan membagikan 2 tool untuk menampilkan RSS Feed langsung ke desktop anda, sehingga anda selalu tahu dengan berita terbaru yang ada di dunia internet. Anda juga bisa dengan mudah mengatur topik berita yang akan anda baca nantinya. Sebelum saya membagikan 2 tools tersebut, anda terlebih dahulu harus tahu cara mengambil link dari RSS Feed. Jadi, simak ulasannya dibawah ini:

Mengambil Link RSS Feed

Semua aplikasi RSS Viewer membutuhkan link RSS Feed agar dapat menampilkan berita terbaru yang diinginkan. Nah, untuk mendapatkannya, kita akan membutuhkan bantuan sedikit bantuan browser anda. Disini, saya akan menggunakan Firefox. Buka Firefox anda dan masukkan alamat website yang ingin artikelnya ditampilkan di desktop anda dan tekan enter.

Setelah anda mengunjungi website tersebut, klik Firefox Menu > Bookmarks > Subscribe to This Page > Subscribe to “(Nama Website)” Atom…

Link RSS Feed-nya akan ada di address bar. Copy saja Link-nya untuk digunakan di RSS Viewer nanti.

 
Tool pertama yang akan saya bagikan adalah aplikasi Feed Notifier. Dengan aplikasi ini, berita terbaru dari website kesayangan anda akan langsung ada di desktop, tanpa harus membuka website tersebut. News RSS Ticker ini akan berada di atas desktop anda, jadinya tidaklah terlalu menganggu penampilan desktop anda.
Silahkan unduh Feed Notifier dengan mengklik judul diatas dan install di komputer anda. Jika sudah selesai, maka berita terbaru akan hadir di desktop anda. Untuk menambahkan berita dari website yang anda sukai, buka tray icon di taskbar, klik kanan pada icon Feed Notifier dan klik “Add Feed”.

Paste Link RSS Feed kedalam kotak yang disediakan seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah, klik Next.

Kemudian, anda bisa mengatur bagaimana judul ditampilkan dan interval dari feed-nya. Saran saya, biarkan saja seperti ini. Klik Finish jika sudah.

Sekarang, semua artikel terbaru Windowsku dapat anda nikmati di desktop anda. Untuk melihat artikelnya lebih banyak, klik saja dan browser anda akan terbuka.

Snackr

RSS Viewer selanjutnya adalah Snackr. Perbedaan mencolok dari Feed Notifier dengan Snackr ini adalah Snackr akan menampilkan RSS Feed diatas taskbar pada bawah layar anda dan artikelnya akan berjalan dari kanan ke kiri. Tentu saja, anda bisa menutup Snackr jika anda ingin fokus ke pekerjaan anda.

Silahkan unduh Snackr dengan klik link diatas dan lakukan instalasi. Pertama, anda akan diminta untuk menambahkan sebuah RSS Feed. Untuk saat ini, pilih opsi “Add feeds manually using the + button on the ticker tab” lalu klik OK.

Selanjutnya, klik icon “+” dan kemudian lakukan paste link RSS Feed. Lalu klik OK.

Maka, artikel terbaru Windowsku akan langsung hadir di desktop anda.

Kesimpulan

Dengan bantuan RSS Viewer ini, anda tidak akan ketinggalan berita terbaru dari website kesukaan anda. Jadi, bisa dibilang ini adalah aplikasi wajib bagi anda yang ingin selalu up to date dengan informasi. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.