6 Tips dan Trik Google Play Store Yang Wajib Kamu Ketahui

6 Tips dan Trik Google Play Store Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips dan trik Google Play Store berikut wajib anda ketahui karena Play Store bisa jadi aplikasi yang sering sekali anda buka. Dengan begitu, alangkah baiknya jika kita menguasai Play Store dengan menerapkan tips dan trik ini yang masih jarang orang terapkan bahkan ketahui.

6 Tips dan Trik Google Play Store Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips dan Trik Google Play Store ini bisa anda terapkan di Android manapun, asal Android mu tidak kurang dari versi Ice Cream Sandwich. Langsung saja, ini dia tipsnya.

1. Menggunakan aplikasi “Early Access” dan aplikasi Beta

Perkembangan aplikasi di Play Store sangat cepat. Setiap minggu atau bahkan hari, bisa saja ada aplikasi baru yang hadir di Play Store. Dulu pada saat Pokemen Go dirilis, game tersebut tidak langsung dapat di mainkan oleh semua orang. Banyak orang yang rela mencoba game tersebut, walaupun sebenarnya mungkin masih ada masalah di game tersebut.

Orang-orang yang mencoba game lebih dulu biasanya disebut “Early adopter”. Karena sebenarnya aplikasi yang mereka pasang masih belum selesai dan developer ingin mendapatkan pendapat orang lebih banyak dengan merilis aplikasi atau game yang belum selesai.

Play Store Early AccessPlay Store Daftar Early Access

Jika anda juga ingin seperti itu, anda bisa mengaksesnya melalui tombol Early Access di Play Store seperti gambar diatas.

Selain early access, ada juga istilah aplikasi Beta. Aplikasi beta ditunjukkan bagi developer yang ingin merilis versi terbaru dari aplikasi sebelumnya yang sudah final. Misalnya saja aplikasi Google Maps. Google tentu selalu menambah fitur di Maps secara berkala. Untuk mengetesnya, Google mengundang anda jika bersedia untuk mencoba fitur baru tersebut. Anda juga bisa memberikan tanggapan anda mengenai fitur tersebut dan melaporkan masalah jika ditemukan

Google Maps Di Play Store Gabung Beta Tester Google Maps

Tidak semua developer memberikan akses ke aplikasi beta. Namun jika ada, maka anda bisa mengaksesnya seperti pada gambar diatas.

2. Mencari review aplikasi yang relevan

Tidak semua aplikasi berjalan sama di semua perangkat. Ada aplikasi yang berjalan baik di Samsung Galaxy Note 8, tapi ada error jika digunakan di LG V30. Lalu, bagaimana anda menemukan ulasan aplikasi tersebut khusus untuk perangkat anda?

Review Google Chrome Play Store

Memilih Opsi Untuk Perangkat Ini Saja

Caranya adalah buka Play Store dan cari saja aplikasi yang ingin anda gunakan. Misalnya saja Google Chrome, silahkan anda sentuh Rating-nya. Setelah itu, akan ada kolom “Options”. Sentuh kolom tersebut dan akan ada 2 pilihan. Jika anda memilih “Latest Version Only/Versi Terakhir Saja”, maka ulasan yang ditampilkan adalah ulasan dari versi Google Chrome terbaru. Opsi selanjutnya yaitu “From this device model only/Dari model perangkat ini saja”, maka yang muncul adalah ulasan dari merk smartphone anda saja.

3. Install kembali aplikasi-aplikasi lama

Setiap kali anda memasang aplikasi baru, Play Store tetap menyimpan seluruh daftar aplikasi tersebut. Jika anda baru saja membeli smartphone baru, menemukan semua aplikasi tersebut akan sangat merepotkan jika anda mencarinya satu persatu.

Menu My Apps And Games Play Store Daftar Aplikasi Terpasang

Untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang sebelumnya, silahkan anda buka Play Store dan buka menu bilah sampingnya. Sentuh “My apps & games”. Kemudian, sentuh tab “Library”. Maka disana akan ada daftar seluruh aplikasi yang sebelumnya pernah anda pasang di perangkat anda.

4. Menonaktifkan pembaruan otomatis untuk beberapa aplikasi saja

Menonaktifkan seluruh pembaruan di Play Store bukanlah hal yang bagus. Anda akan ketinggalan dengan fitur-fitur terbaru dan bahkan bisa saja anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut jika tidak melakukan update.

DI Play Store, anda bisa menonaktifkan pembaruan untuk satu atau lebih aplikasi. Anda dapat melakukan ini jika anda merasa kalau di pembaruan terbaru, aplikasi tersebut tidak berjalan di smartphone anda, padahal anda masih butuh aplikasi tersebut atau belum menemukan alternatif lainnya. Anda bisa menonaktifkan pembaruannya dan anda masih bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Menonaktifkan Pembaruan Pada Aplikasi

Caranya adalah cari aplikasi tersebut di Play Store, kemudian pada pojok kanan atas, anda bisa menghilangkan tanda centang pada “Auto-update”. Dan aplikasi tersebut tidak akan melakukan pembaruan secara otomatis kembali.

5. Membatasi anak dalam memasang aplikasi di Play Store

Apakah anda sudah memberikan smartphone ke anak anda? Jika iya, sangat penting jika anda membatasi aplikasi yang bisa anak anda pasang. Dengan begitu, aplikasi yang berbahaya dapat dihindari.

Parental Control Di Play Store Mengatur Parental Control Di Play Store

Caranya sangat mudah di Play Store. Silahkan ambil smartphone anak anda. Buka menu bilah samping dan sentuh “Settings/Pengaturan”. Kemudian, menu “Parental controls/Pengawasan orang tua”. Untuk pertama kalinya, anda akan diminta untuk membuat pin. SIlahkan anda masukkan pin baru 2 kali. Setelah itu, akan ada tampilan seperti diatas. Silahkan atur sesuai umur anak anda.

6. Membuat Wishlist aplikasi

Jika anda sering belanja online, anda pastinya pernah menggunakan fitur Wishlist atau barang-barang yang kedepan mungkin akan beli. Di Play Store pun seperti itu, anda bisa membuat daftar aplikasi yang mungkin kedepannya ingin anda pasang. Saya pribadi melakukannya ketika saya tidak terkoneksi dengan Wifi dan ingin memasang aplikasi tersebut nanti ketika saya sudah terkoneksi.

Membuat Wishlish Di Play Store

Caranya adalah silahkan anda cari aplikasi atau game yang ingin anda tambahkan ke wishlist. Di sebelah kanan setelah judul aplikasi, ada icon “+” yang bisa anda sentuh. Jika di sentuh, maka aplikasi tersebut akan masuk ke wishlish.

Menu Wishlist Di Play Store

Untuk mengakses wishlist, silahkan buka menu bilah samping dan sentuh “Wishlist”. Maka semua aplikasi atau game yang anda masukkan akan ada disana.

Kesimpulan

Dengan ekosistem Android sebagai sistem operasi open source dan merupakan sistem operasi paling populer dalam kategori smartphone, maka tidak heran jumlah aplikasinya semakin lama semakin banyak. Mudah-mudahan dengan tips ini, anda bisa lebih produktif dalam menggunakan Play Store. Sekian artikel “6 Tips dan Trik Google Play Store Yang Wajib Kamu Ketahui”, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku via Facebook maupun email.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.