BerandaMobileAndroidApa itu APK File dan Bagaimana Menggunakannya?

Apa itu APK File dan Bagaimana Menggunakannya?

Apa Itu Apk Header

Bagi anda pengguna Android, kemungkinan besar pasti anda pernah mendengar istilah APK. Lalu, apa itu APK sebenarnya dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya bisa anda simak di artikel ini.

Apa itu APK?

Kepanjangan dari APK adalah Android Package Kit. APK adalah sebuah paket software yang digunakan di sistem operasi Android untuk mendistribusikan aplikasi. Anda bisa berpikir APK itu sama seperti file EXE yang ada di Windows.

Jadinya, jika anda mengunduh file APK, maka anda akan mendapatkan aplikasi yang siap anda install. Namun kebanyakan dari kita yang menggunakan Android, hanya mengenal Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi.

Apa alasan sehingga kita menggunakan APK?

Jika anda adalah pengguna sistem operasi Windows yang cukup lama, salah satu alasan anda menyimpan aplikasi berbentuk exe adalah agar anda bisa meng-install-nya di kemudian hari di komputer anda sendiri atau komputer teman anda. Mungkin hal itu bisa jadi alasan untuk anda menggunakan file APK di Android.

Namun, saya rasa alasan itu semakin lama semakin memudar. Dikarenakan akses internet saat ini semakin mudah di dapat dan semakin murah. Saya pribadi pun sudah jarang menyimpan software instalasi dan lebih memilih mengunduhnya kembali, sekaligus mendapatkan update terbarunya.

Instagram Versi Alpha Apk

Untuk APK sendiri, saat ini alasan orang menggunakannya lebih kepada file APK ini biasanya dirilis lebih cepat. Sehingga bagi anda yang sangat penasaran, bisa menginstal versi beta atau alpha melalui APK lebih cepat. Dan anda bisa mengetes fitur baru lebih cepat berkat adanya APK ini.

Selain itu, APK juga digunakan jika kita ingin memasang aplikasi diluar dari Play Store. Ya, tidak semua aplikasi bisa anda temukan disana. Salah satu alasannya karena alasan negara. Jumlah aplikasi yang dapat dipasang di Amerika berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Apakah file APK aman?

Sama seperti anda mengunduh file exe untuk Windows anda, mengunduh file APK juga bisa jadi berbahaya. Kunci utama jika anda ingin mendapatkan APK yang aman yaitu mengunduhnya dari tempat yang aman.

Mengunduh file APK dari situs sembarangan sangat berisiko, Anda bisa merusak Android anda dan bahkan terkena virus ataupun malware. Untuk itu, berikut kami berikan 3 tempat dimana anda bisa mengunduh file APK dengan aman.

1. APKMirror

Situs Apk Mirror

APKMirror sangat terkenal bagi orang-orang yang sering menggunakan file APK. Koleksi aplikasinya pun sangat lengkap sehingga hampir semua aplikasi yang anda inginkan kemungkinan besar ada.

Jika anda lihat di halaman FAQ dari APKMirror, mereka menjelaskan ada 4 hal yang mereka pastikan sebelum APK bisa di munculkan di situsnya.

  1. Seluruh file APK yang di upload telah terverifikasi.
  2. APKMirror selalu mengecek Cryptographic Signatures ketika suatu aplikasi memiliki pembaruan atau update. Sehingga aplikasi lama yang akan tergantikan dengan versi terbaru dijamin berasal dari tempat yang sama.
  3. Jika aplikasi tersebut tidak pernah di upload ke APKMirror, maka mereka akan mengecek signature lain dari pengembang aplikasi yang sama. Jika signature-nya sama, maka aplikasi tersebut bisa muncul di situs.
  4. Jika tidak ada, maka APKMirror mencoba menganalisanya dengan aplikasi yang mirip. Jika tidak ada, maka APKMirror akan mengkontak pihak developer. Jika APKMirror tidak bisa memverifikasi apakah APK tersebut aman atau tidak, maka APKMirror tidak akan menampilkannya di situs.

Bisa dikatakan bahwa APK Mirror sangat teliti dalam menangani aplikasi yang dimunculkan, sehingga bukan sembarang aplikasi yang bisa masuk. Selain itu, anda juga bisa mengunduh versi lama dari sebuah aplikasi.

2. APKPure

Situs Apkpure

APKPure merupakan kompetitor utama dari APKMirror. Kedua-duanya memiliki jumlah aplikasi yang cukup banyak. Seperti APKMirror, APKPure juga menerapkan keamanan ketat sebelum aplikasi bisa ditayangkan di situsnya.

Kelebihan dari APKPure dari APKMirror yaitu situsnya tersedia dalam bahasa Indonesia. Selain itu, anda juga bisa menyaring komentar berdasarkan negara. Sehingga anda bisa melihat komentar khusus dari Indonesia saja dan menyingkirkan komentar dari negara lain.

3. APK Downloader

Situs Apk Downloader

2 situs yang sebelumnya saya berikan sebenarnya sudah lebih dari cukup. Namun jika anda belum menemukan aplikasi yang tepat atau ingin alternatif lain, maka APK Downloader ini bisa anda coba. Sama seperti situs lainnya, APK Downloader juga memiliki peraturan yang ketat agar aplikasi atau game bisa tampil di situsnya.


Bagaimana cara install APK?

Setelah anda unduh file APK, anda harus meng-install-nya di Android. Sebagai contoh, saya ingin memasang aplikasi bernama Ampere. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Cari lokasi dimana anda mengunduh file APK menggunakan aplikasi File Manager di Android anda. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan aplikasi Files dari Google untuk mencarinya. Jika sudah ketemu, maka anda akan diminta untuk membolehkan aplikasi File Manager anda untuk meng-install file APK.
  2. Anda harus memberikan permission dengan cara sentuh “Allow from this source” agar anda bisa memasang file APK. Jika sudah, sentuh tombol kembali.
  3. Sentuh tombol “Install” untuk memulai.

Langkah pertama dan kedua hanya anda lakukan sekali saja. Jika di kemudian hari anda ingin memasang file APK lagi, maka cukup lakukan langkah yang ke-3.

Terjawab sudah apa itu APK dan bagaimana cara menggunakannya

Sangatlah bagus jika Android memberikan kita opsi lain dalam memasang aplikasi baru. Namun, kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakan APK ini, apalagi jika anda mengunduhnya dari situs-situs yang tidak bisa diverifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.