BerandaPenjelasan TeknologiApa itu Password Manager: Penjelasan Lengkap!

Apa itu Password Manager: Penjelasan Lengkap!

Akhir-akhir ini, berita tentang peretasan akun memang sangat menakutkan. Apalagi banyak hal yang kita lakukan sudah online, sehingga keamanan akun tentunya harus menjadi prioritas utama. Agar akun kita aman, anda perlu membuat password yang sulit. Namun, password sulit biasanya menyulitkan kita untuk mengingatnya. Password Manager akan membantu anda untuk semua masalah tersebut. Lalu, apa itu Password Manager?

Apa itu Password Manager?

Password Manager adalah sebuah aplikasi yang dapat menyimpan seluruh akun online maupun offline di dalam satu tempat. Jika anda sudah banyak membuat akun, tentu sangat sulit mengingat semua itu, apalagi bisa saja anda sudah punya ratusan akun di banyak situs.

Password Manager lokal dan online

Password Manager bisa anda dapatkan baik lokal maupun online. Jika online, keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah anda bisa mengakses password dimana saja dan kapan saja, selagi ada koneksi internet. Jika Password Manager berbentuk lokal, maka password hanya bisa diakses di komputer anda saja. Itu artinya, jika perangkat anda saat ini rusak, maka password anda akan hilang selamanya.

Salah satu contoh Password Manager lokal adalah KeePass. Aplikasi berbasis desktop ini dapat menyimpan seluruh akun anda dan menyimpan basis datanya langsung di komputer pribadi anda. Namun perlu diingat, ketika komputer anda rusak, maka anda tidak bisa lagi mengaksesnya.

Password Manager yang populer

Untuk saat ini, Password Manager yang online lebih populer karena bisa diakses dimana saja dan perangkat apapun. Banyak sekali layanan Password Manager online yang bisa anda pilih, ada yang gratis dan juga berbayar. Beberapa Password Manager yang terkenal adalah Lastpass, Bitwarden dan 1Password. Dan ketika perangkat anda rusak, tentu anda tidak perlu khawatir karena sudah tersimpan di server dari layanan yang anda gunakan.

Bisa jadi anda berpikir, browser juga bisa menyimpan Password sehingga anda tidak perlu Password Manager. Namun, Password Manager memiliki kelebihan dibandingkan Browser. Berikut kelebihan Password Manager dan kenapa ia lebih aman dibandingkan menyimpan password di Browser.

1. Hanya perlu mengingat 1 password

Karena seluruh akun anda disimpan di satu tempat, anda hanya perlu ingat satu password saja untuk membuka seluruh data akun yang tersimpan. Selain mempermudah, keamanan juga menjadi lebih terjamin. Tentu password untuk Password Manager merupakan password yang belum pernah digunakan dan terdiri dari kombinasi huruf kecil, besar, angka dan jika memungkinkan memasukkan simbol.

2. Tersedia untuk semua browser

Kelemahan jika anda menyimpan di browser adalah password tersebut hanya tersedia di 1 browser. Jika anda beralih browser, misalnya dari Chrome ke Firefox, maka anda harus membuka Chrome lagi untuk mengambil password-nya. Password Manager banyak sekali yang berbentuk Extention atau Add-On, sehingga tidak peduli apapun browser yang digunakan, anda bisa mengakses password-nya dengan mudah.

3. Dapat membuat password secara otomatis dengan tingkat kesulitan yang bisa diatur

Karena semua password anda disimpan di satu tempat, anda tidak perlu mengingat seluruh password tersebut. Karena tidak perlu diingat, anda dapat membuat password yang sangat sulit, sehingga hampir tidak mungkin orang bisa menebaknya.

Bahkan, anda bisa mengatur tingkat kesulitan dari password yang nantinya akan otomatis dibuat. Seperti contoh diatas, saya menggunakan aplikasi Bitwarden. Dengan Password Generator, saya dapat dengan mudah membuat password super sulit dengan kombinasi huru besar kecil, angka, dan juga simbol. Pastinya hampir mustahil akun anda bisa diterka oleh orang jahat jika password anda seperti itu.

Terjawab sudah apa itu Password Manager

Menurut saya, Password Manager adalah aplikasi wajib yang harus anda pakai sekarang juga. Menggunakan tanggal lahir pastinya bukan password yang baik dan kemungkinan akun anda di retas semakin tinggi. Jadi tunggu apa lagi, segera pasang Password Manager sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *