BerandaKeamananLengkap! Cara Menggunakan Password Manager Bitwarden!

Lengkap! Cara Menggunakan Password Manager Bitwarden!

Setelah membahas apa itu Password Manager, anda semakin sadar betapa pentingnya aplikasi ini. Jika anda ingin memulai menggunakannya, artikel ini sangat tepat untuk anda. Disini, saya memilih membahas Password Manager Bitwarden dikarenakan memiliki fitur yang lengkap walaupun gratis. Langsung saja, ini dia cara menggunakan Password Manager Bitwarden.

1. Download Bitwarden di Browser

Bitwarden merupakan Password Manager berbasis online yang bisa di pasang di browser anda sebagai Extension atau Add-on. Disini, saya akan melakukan demonstrasi menggunakan browser Google Chrome. Dengan menggunakan Google Chrome, buka link download Bitwarden ini dan lakukan instalasi sama seperti Extension yang lain. Klik “Add to Chrome” dan klik “Add extension” untuk menambahkan. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai.

Untuk memudahkan akses, silahkan klik icon “Extension” dan klik icon “Pin” seperti gambar diatas.

2. Membuat akun Bitwarden

Langkah selanjutnya, anda harus membuat akun di Bitwarden. Fungsi akun ini adalah agar anda bisa menyimpannya secara online seluruh password yang anda buat. Dengan begitu, anda bisa mengaksesnya kapan saja dan otomatis akan sinkron di berbagai perangkat anda.

Klik saja extension Bitwarden pada Chrome anda. Kemudian klik “Create Account”.

Kemudian, silahkan isi Email dan Master Password. Master Password ini adalah satu-satunya password yang harus anda ingat. Tips membuat Master Password yang aman adalah sebagai berikut:

  1. Minimal 8 karakter
  2. Terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil
  3. Memiliki angka
  4. Mudah diingat
  5. Menambahkan karakter simbol akan lebih bagus

Perlu diingat, Master Password harus selalu anda ingat karena ketika anda lupa, anda tidak akan bisa mengakses seluruh informasi password yang tersimpan. Bagi anda yang mau cari aman, silahkan tulis saja di kertas Master Passwordnya dan simpan di tempat yang aman.

//passCdn&|SilveR93

Diatas adalah contoh Password yang bisa anda buat. Password diatas memang terlihat sulit, tapi bisa mudah teringat karena terdiri dari frasa yang saya sangat kenal.

Selanjutnya, silahkan beri tanda centang pada “By checking this box you agree to the following”. Jika sudah, klik tombol “Submit”.

3. Login ke Bitwarden

Akun anda saat ini telah dibuat. Langkah selanjutnya adalah silahkan Login dengan menggunakan Email dan Master Password yang telah anda buat seperti gambar diatas.

Setelah selesai, maka tampilannya adalah seperti gambar diatas.

4. Membuat password otomatis ketika membuat akun

Sekarang kita akan melakukan tes membuat password secara otomatis dan menyimpannya di Bitwarden. Sebagai contoh, disini saya akan membuat akun Liputan6. Buka situs daftar Liputan6 dan masukkan informasi seperti Nama Lengkap, Username, dan Email. Jika anda menggunakan Chrome, sebenarnya Chrome dapat membuat password secara otomatis. Namun, Bitwarden lebih bagus karena ada pengaturan lebih yang bisa anda coba.

Seperti gambar diatas, Bitwarden sudah membuat Password secara otomatis untuk anda. Namun, anda juga bisa mengaturnya lebih. Misalnya saja gunakan kombinasi huruf besar kecil, angka, masukkan simbol, minimal angka dan karakter spesial. Hal ini yang membuat akun anda lebih aman dikarenakan sangat sulit untuk password anda ditebak oleh orang jahat. Jika sudah puas, klik “Copy Password” dan paste ke kolom password untuk membuat akun.

Setelah anda sudah memasukkan seluruh informasi yang dibutuhkan, klik “Daftar”.

Selanjutnya, Bitwarden akan menawarkan anda untuk menyimpan password. Klik saja “Yes, Save Now” untuk menyimpannya.

5. Masuk ke akun dengan Bitwarden

Setelah anda menyimpan akun, anda dapat dengan mudah masuk ke akun tersebut. Buka situsnya ketika anda klik Extension Bitwarden, maka anda tinggal klik akunnya dan Bitwarden akan mengisi formulir masuk akun secara otomatis seperti gambar diatas.

6. Sinkron dengan browser/perangkat lain

Yang membuat Password Manager menarik adalah seluruh akun anda bisa sinkron antar browser dan antar perangkat. Jika anda membuat akun di Chrome dengan Bitwarden, informasi akun tersebut juga tersedia di browser lain seperti Firefox selama anda memasang Add-on Bitwarden untuk Firefox.

Gambar: Bitwarden.com

Selain itu, Bitwarden juga tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Jika perangkat anda memiliki fingerprint scanner, maka anda bisa mengakses Bitwarden dengan jari anda tanpa perlu mengetik Master Password.

Selesai sudah cara menggunakan Password Manager Bitwarden

Password Manager sangat mempermudah sekaligus melindungi akun anda dari orang jahat yang ingin mengambil informasi pribadi anda di situs. Menurut saya, Password Manager wajib anda pakai saat ini juga dan harus terpasang di semua perangkat anda. Lalu, bagaimana menurut anda? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *