Apa itu Registry dan Bagaimana Menggunakannya di Windows?

Apa Itu Registry Windows Header

Istilah Registry biasa dikenal oleh pengguna yang sudah menggunakan Windows cukup lama. Jika anda sering mencari tutorial Windows di internet lewat Google misalnya, anda mungkin diminta untuk mengakses registry untuk menyelesaikannya. Hal ini biasa disebut registry tweaks atau registry hack.

Lalu, apa itu Registry sebenarnya?

Apa itu Registry di Windows?

Registry adalah sebuah basis data yang menyimpan berbagai pengaturan konfigurasi yang ada di Windows. Hampir seluruh pengaturan agar Windows berjalan disimpan di sini. Aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop dan lainnya juga menyimpan pengaturannya di Registry. Namun, menyimpan pengaturan aplikasi di Registry bukanlah kewajiban, developer pihak ketiga bebas menaruhnya juga di luar Registry.

Dengan mengakses Registry, berarti anda bisa mengubah hampir semua pengaturan yang ada dengan asumsi, anda mengerti dengan apa yang anda lakukan. Bahkan, Windows menyediakan aplikasi tersendiri yang bisa anda gunakan untuk mengubah Registry, yaitu Registry Editor.

Perhatian! Cara mengakses Registry Editor dan Bagaimana cara mem-backup dan restore Registry

Mengutak-atik Registry sangatlah berbahaya! Jika anda salah, bisa saja aplikasi tertentu atau bahkan Windows anda error. Apapun yang anda lakukan di Registry Windows anda, lakukan dengan resiko anda sendiri. Untuk itu, penulis akan memberitahu anda terlebih dahulu bagaimana cara backup Registry.

Cara Backup Export Registry Windows

Untuk mengakses Registry Editor, buka Start dan ketik “regedit” dan tekan enter untuk membuka Registry Editor. Untuk backup registry, pastikan anda klik “Computer” di sebelah kiri jendela Registry Editor anda > klik File lewat Menu Bar > Export. Lalu, pilih dimana anda akan menyimpan salinan Registry Windows anda.

Untuk mengembalikan keadaan Registry seperti semula, klik File di Menu Bar > Import. Kemudian, pilih file backup Registry yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Menggunakan Registry Editor

Setelah anda selesai membuka Registry Editor dan mem-backup Registry anda, anda bisa tenang karena jika terjadi kesalahan, anda bisa kembali ke keadaan Registry semula. Sekarang, mari kita coba menjelajah Registry Windows anda dengan Registry Editor.

Struktur Registry

Struktur Registry Windows

Ketika anda membuka Registry Editor, anda biasanya akan melihat 5 item seperti yang memiliki icon folder yang kita sebut sebagai sub key/anak kunci (1). Setiap anak kunci, bisa saja memiliki anak kunci lagi. Bisa jadi anak kunci yang anda klik, tidak memiliki anak kunci lagi yang disini kita sebut sebagai key/kunci (2). DI sebelah kanan layar anda, itu adalah daftar value/nilai (3) yang dimiliki oleh anak kunci/kunci tersebut.

Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu Registry di Windows, dibawah ini anda akan mengetahui apa saja 5 anak kunci utama beserta penjelasannya.

HKEY_CLASSES_ROOT

Hkey Classes Root Isi Pdf

Biasa disebut HKCR adalah tempat penyimpanan konfigurasi untuk jenis file dan aplikasi apa yang bisa membuka jenis file tersebut. Gambar diatas menunjukkan bahwa aplikasi Foxit Reader membuka File PDF.

Kepanjangan HKEY adalah Handle to KEY

HKEY_CURRENT_USER

Hkey Current User Pengaturan Pengguna

Biasa disebut HKCU adalah tempat menyimpan konfigurasi pengguna yang logon atau masuk saat ini. Pengaturan seperti wallpaper yang sedang anda pakai, warna taskbar, dan pengaturan lainnya tersimpan semua di folder ini. Seperti gambar diatas pada kunci Desktop, ada sebuah nilai dengan nama Wallpaper. Di nilai tersebut, tersimpan direktori dimana lokasi wallpaper yang komputer penulis gunakan.

HKEY_LOCAL_MACHINE

Hkey Local Machine Pengaturan Chrome

Biasa disebut HKLM adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem perangkat keras dan perangkat lunak. Pengaturan yang tersimpan ini berlaku untuk semua pengguna komputer anda. Seperti gambar diatas, browser Chrome yang penulis pakai menyimpan konfigurasi salah satu extension yang ada di browser penulis.

HKEY_USERS

Biasa disebut HKU adalah tempat penyimpanan konfigurasi seluruh pengguna yang ada di komputer. Setiap anak kunci yang ada di sini diidentifikasi dengan menggunakan nomor unik yang kita semua tidak mengerti. Jika nama pengguna komputer anda adalah Abdul, maka Windows secara otomatis membuat nomor unik untuk pengguna tersebut dan akan terus digunakan untuk mengidentifikasi pengguna tersebut.

Hkey Users Daftar Pengguna

Seperti gambar diatas, ada banyak anak kunci yang ada di HKU yang merepresentasikan daftar pengguna yang ada di komputer penulis.

HKEY_CURRENT_CONFIG

Biasa disebut HKCC adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak saat ini. Informasi yang tersimpan di anak kunci ini bersifat volatile atau tidak disimpan secara permanen, karena anak kunci ini datanya terus berubah dan mendapatkan datanya pada saat proses booting Windows anda.

Hkey Current Config Pengaturan Printer

Seperti gambar diatas, komputer penulis memiliki pengaturan printer yang tersimpan menggunakan Registry.

Mengubah nilai Registry

Tombol Modify Registry Editor

Jika anda tahu kunci mana yang ingin anda ubah, anda bisa klik kanan pada kunci tersebut dan klik “Modify” seperti gambar diatas. Pada contoh diatas, penulis mengubah registry yang berfungsi untuk menentukan wallpaper yang digunakan di Windows penulis.

Mengubah Kunci Registry

Silahkan anda ganti sesuai keinginan anda pada kolom “Value data:”. Jika sudah, klik OK.

Menambah kunci dan nilai Registry

Menambah Value Nilai Registry Editor

Biasanya kita mengakses registry hanya mengubah nilai yang sudah ada. Jika anda benar-benar tahu dengan apa yang anda lakukan, anda bisa menambah nilai baru. Cukup klik saja kunci mana yang ingin anda tambahkan nilainya > klik Edit > New > Jenis nilai yang diinginkan. Ada banyak jenis nilai yang bisa anda pilih, bedanya hanyalah jenis data yang bisa anda masukkan. Misalnya saja “Binary Value”, maka hanya angka biner saja yang bisa anda masukkan. Jika “String Value”, maka nilai berjenis string seperti alpa-numerik yang bisa anda masukkan. Kemudian, isi sesuai kebutuhan anda. Disana anda juga bisa menambah kunci dengan mengklik “key”.

Menghapus nilai Registry

Konfirmasi Hapus Nilai Registry Editor

Yang perlu anda lakukan adalah dengan menekan tombol Delete di keyboard komputer anda. Maka akan muncul konfirmasi seperti diatas. Klik “Yes” jika anda benar-benar yakin ingin menghapus nilai atau kunci Registry tersebut.

Beberapa contoh menarik Registry Hack

Penulis pernah mengulas beberapa artikel yang menggunakan registry hack untuk mengubah pengaturan tanpa perlu menggunakan Registry Editor. Berikut beberapa artikelnya:

Bagaimana menurut anda artikel Apa itu Registry dan Bagaimana Menggunakannya di Windows?

Setelah anda membaca artikel ini, anda jadi lebih paham mengenai bagaimana Windows bekerja dan secara spesifik apa itu Registry di Windows. Lalu, apakah anda masih bingung mengenai Registry? Pernahkan anda mengutak-atik Registry? Silahkan ketik di kotak komentar pengalaman anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “Apa itu Registry dan Bagaimana Menggunakannya di Windows?”