Cara Menambah Ruang Data Dengan Instan Di Ubuntu

Jika anda sudah lama menggunakan Ubuntu, pastinya sudah banyak aplikasi yang anda install. Ruang data anda mungkin hampir habis karena aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, jangan terburu-buru untuk menghapus aplikasi untuk menambah ruang data.

Cara Menambah Ruang Data Dengan Instan Di Ubuntu

Di artikel ini akan dibahas bagaimana cara menambah ruang data dengan instan di Ubuntu. Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Menghapus Dependencies secara otomatis

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menghapus dependencies. Dependencies adalah sebuah aplikasi tambahan untuk aplikasi utama, agar aplikasi utama dapat berjalan. Sering kali ketika anda menghapus aplikasi utama, dependencies tidak terhapus, sehingga menambah ruang data.

Bukan berarti anda harus menghapus semua dependencies satu persatu. Karena Ubuntu memiliki perintah Terminal yang secara otomatis menghapus dependencies tersebut. Buka Terminal dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + T dan ketikkan perintah dibawah ini.

sudo apt-get autoremove

Autoremove Di Ubuntu

Perintah autoremove ini akan menghapus seluruh dependencies yang tidak diperlukan lagi oleh Ubuntu.

2. Menghapus file instalasi aplikasi

Ketika anda memasang aplikasi melalui Terminal maupun dari Ubuntu Software Center, berkas instalasi untuk aplikasi tersebut masih terdapat di komputer anda. Tentu saja hal tersebut mengambil ruang data anda.

Tenang saja. Ketikkan perintah dibawah ini di terminal untuk membersihkannya.

sudo apt-get clean

Clean Di Ubuntu

Ketika anda sudah selesai mengetikkan perintah tersebut, maka Ubuntu akan menghapus semua data instalasinya.

Kesimpulan

Dari 2 tips tersebut, yang mana yang paling anda sukai? Apakah anda memiliki tips lain untuk membersihkan ruang data di Ubuntu anda? Bagikan pengalaman anda di dalam kotak komentar.

Sekian artikel Cara Menambah Ruang Data Dengan Instan Di Ubuntu, semoga artikel ini bermanfaat. Kunjungi dan Like Facebook Windowsku untuk menambahkan update terbaru seputar teknologi komputer seperti ini. Jika anda ingin memasang Android Studio di Ubuntu, berikut artikel yang dapat anda baca: Cara Menginstall Android Studio Di Ubuntu.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.